Home Auto News 2 Fitur Andalan Yamaha Soul GT 125 Terbaru

2 Fitur Andalan Yamaha Soul GT 125 Terbaru

0 480

Yamaha Soul GT 125 Terbaru, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mencoba memperkuat posisinya di pasar skuter matik dengan meluncurkan All New Sol GT. Motor yang hadir dengan beberapa penyegaran ini dirilis di ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016 November kemarin. Soul GT terbaru muncul bersama dengan Mio M3 terbaru.

Sekilas tidak ada perubahan signifikan pada All New Soul GT. Motor Yamaha ini tetap mengusung mesin yang sama. Begitu juga dengan posisi berkendara yang tidak berbeda dari model sebelumnya. Meski begitu Yamaha melakukan ubahan pada baterai dan ubahan. Berkat revisi tersebut skutik ini lebih ringan 2 kg dari model lama.

Selain itu dari segi fitur Soul GT mempunyai dua fitur baru, yakni Advance Key System (AKS) dan Stop & Start System (SSS). Fitur ini juga tersedia pada Mio M3 terbaru. Sebenarnya seperti apa fitur AKS dan SSS pada Yamaha Soul GT terbaru ini?

Pada kesempatan kali ini akan dibahas lebih jauh mengenai dua fitur baru Soul GT itu. Berikut adalah ulasannya, sebagaimana dikutip DetikOto:

Advance Key System

Fitur ini terdiri dari dua sistem, yakni answer back dan auto open key shutter. Jika melihat anak kunci, Anda akan menjumpai sebuah tombol kecil. Tombol ini berfungsi sebagai fitur answer back. Saat tombol ditekan sebanyak satu kali, motor akan menghasilkan suara dan disertai lampu sein yang berkedip.

Fungsinya sudah jelas, untuk memudahkan pengguna ketika mencari motor di tempat parkir atau tempat yang banyak motor. Fitur ini dapat berfungsi jika jarak antara kunci dengan motor tidak lebih dari 20 meter. Dengan bantuan fitur ini, pengendara tidak perlu takut lupa tempat parkir motor.

Selanjutnya adalah fitur auto open key shutter yang juga tersemat pada Advance Key System. Fungsinya untuk memudahkan pengguna membuka shutter key atau penutup kunci kontak untuk sistem keamanan. Cara menggunakan fitur ini adalah dengan menekan dan menahan tombol pada anak kunci. Secara otomatis key shutter akan terbuka.

Menariknya main switch juga memiliki lampu kebiruan pada lubang kunci. Lampu ini akan membantu pengendara saat akan memasukkan kunci kontak di tempat yang gelap. Maka kunci kontak All New Soul GT kini mempunyai empat fungsi, yakni untuk menghidupkan mesin, membuka lubang kunci, membuka jok dan mengaktifkan answer back.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Yamaha All New Soul GT

Stop & Start System

Fitur kedua adalah Stop & Start System (SSS). Fitur ini diklaim dapat membuat efisiensi bahan bakar motor menjadi lebih baik. Menurut keterangan yang disampaikan Ridwan Arifin, Service Department – Aftersales Division YIMM, fitur SSS ini akan membuat konsumsi BBM motor lebih hemat 6 persen dibandingkan model sebelumnya. Tidak hanya itu, sistem ini juga dapat mengurangi emisi gas buang karena mesin dalam keadaan mati ketika berhenti.

Pada dasarnya cara kerja fitur ini sama persis dengan Idling Stop System (ISS) milik Honda. Saat motor dalam keadaan berhenti selama lebih dari 5 detik, mesin akan mati secara otomatis. Untuk menghidupkannya kembali cukup mudah, hanya dengan membuka tuas gas. Maka mesin akan kembali menyala dan siap untuk dipacu.

Akan tetapi ada beberapa syarat untuk mengaktifkan fitur SSS. Pertama saklar SSS harus dalam kondisi aktif. Selain itu baterai harus dalam keadaan baik, temperatur mesin di atas 50 derajat celcius, kecepatan sebelum berhenti lebih dari 10 km/jam dan setelah idling sesuai spesifikasi. Masih ada lagi yaitu lama waktu berhenti 5 detik, kecepatan di bawah 3 km/jam, RPM di bawah 2.200 dan throttle dalam kondisi tertutup penuh.

Aktif atau tidaknya fitur ini dapat Anda lihat pada indikator yang ditunjukkan dengan huruf A yang dilingkari. Indikator ini bisa ditemui pada instrument cluster. Jika indikator menyala, maka sistem SSS dalam keadaan aktif. Apabila mesin motor mati karena sistem SSS, maka indikator tersebut akan berkedip.

Untuk menghidupkannya lagi hanya perlu dengan membuka tuas gas, maka mesin akan kembali hidup dengan suara yang halus. Menariknya respons mesin menyala dari kondisi berhenti terbilang cukup cepat.

Itulah ulasan fitur baru Yamaha Soul GT 125 terbaru. Hadirnya dua fitur baru pada Soul GT bisa menjadi modal Yamaha untuk menyaingi popularitas motor matic Honda. Seperti yang diketahui, sejauh ini Honda menjadi pemimpin pasar roda dua yang sebagian besar penjualannya berasal dari motor matic.

Img source: http://oto.detik.com

Source: berita motor matic honda, yamaha soul gt 125, all new soul gt aks sss, mio soul gt aks sss, all new soul gt 125 aks sss, motor soul gt aks sss, miosoul gt aks, mio soul gt aks, mio soul gt 2017, posisi Kiya Yamaha Soul, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply