Home Motor Tips Menjadi Boncenger yang Baik dan Benar

Tips Menjadi Boncenger yang Baik dan Benar

0 309

Tips Menjadi Boncenger, Sepeda motor masih menjadi andalan kebanyakan masyarakat. Alasannya motor lebih mudah dipakai dan dapat diandalkan saat menghadapi kemacetan. Akan tetapi bukan berarti Anda melupakan aspek keselamatan. Hal ini harus tetap Anda perhatikan supaya perjalanan menjadi aman dan nyaman.

Khusus untuk penumpang sepeda motor atau juga disebut boncenger, ada beberapa hal yang harus selalu diingat ketika akan melakukan perjalanan. Meskipun penumpang hanya duduk saja dan tidak memegang kendali motor, tetap ada aturan supaya pengendara maupun boncenger selamat sampai tujuan. Untuk itu, berikut adalah beberapa tips menjadi boncenger yang dilansir dari Okezone:

Pakai perlengkapan safety riding

Sudah menjadi kewajiban pengguna kendaraan bermotor untuk selalu menggunakan perlengkapan safety riding yang sesuai. Hal ini juga berlaku untuk penumpang motor. Oleh karena itu jangan lupa untuk menggunakan perlengkapan tersebut ketika hendak bepergian. Selain helm, gunakan jaket yang dilengkapi padding, boots riding hingga sarung tangan.

Posisi tubuh saat menikung

Perlu diketahui, banyak atau tidaknya gerakan boncenger akan mempengaruhi pengendalian motor. Termasuk ketika motor sedang memasuki tikungan. Oleh karenanya dianjurkan kepada para boncenger untuk tidak “melawan” saat di tikungan. Sebab hal tersebut dapat mengganggu pengendara. Sebaiknya netralkan tubuh dan mengikuti gerakan motor.

Berpegangan ketika akselerasi dan pengereman

Motor dapat berakselerasi secara tiba-tiba sehingga dapat menimbulkan hentakan bagi penumpang. Untuk motor yang tidak dilengkapi dengan sandaran jok, usahakan untuk berpegangan pada behel. Jika ingin berpegangan pada tubuh pengendara pastikan hal tersebut tidak mengganggunya. Berpegangan pada behel juga dapat dilakukan ketika pengereman. Hal ini akan membuat tubuh boncenger tidak terdorong ke depan yang bisa membebani pengendara.

Fokus dan konsentrasi

Untuk tambahan, hal lain yang tak kalah penting adalah fokus dan konsentrasi. Meskipun boncenger tidak mengemudikan kendaraan, hal ini jangan sampai diabaikan. Pasalnya tidak sedikit boncenger yang kurang fokus sehingga terjatuh dari motor yang sedang melaju. Usahakan untuk konsentrasi pada jalan yang ada di depan. Dengan fokus dan konsentrasi penumpang dapat mengingatkan pengendara ketika ada halangan di depan.

Source: tips boncenger, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply