Home Mobil Tips Perawatan Mobil Usai Liburan, Cek Komponen Ini

Tips Perawatan Mobil Usai Liburan, Cek Komponen Ini

0 299

Tips Perawatan Mobil, Musim libur panjang sudah tiba. Hal ini biasanya dimanfaatkan banyak orang untuk pergi berlibur. Ada yang menggunakan transportasi umum dan ada juga yang menggunakan mobil pribadi. Jika Anda merupakan salah satu yang memanfaatkan mobil pribadi, jangan lupa untuk melakukan perawatan setelah mobil selesai digunakan liburan.

Perawatan ini merupakan hal penting, terlebih jika mobil baru saja dipakai untuk perjalanan jauh. Bukan tidak mungkin komponen mobil bermasalah. Oleh karena itu pemilik perlu melakukan pengecekan kondisi kendaraannya.

Ada beberapa bagian yang perlu pemeriksaan usai mobil dipakai pergi berlibur. Contohnya adalah kaki-kaki, rem, kopling dan lain sebagainya. Supaya jelas, Anda bisa menyimak tips perawatan mobil usai liburan di bawah ini, yang dikutip dari Sindonews:

Komponen pengereman

Sistem pengereman menjadi salah satu komponen yang bekerja keras ketika mobil dipakai bepergian. Biasanya ketika pengguna menggunakan kendaraan sering menginjak pedal rem dalam-dalam atau biasa disebut heavy braking. Oleh karenanya komponen penghenti laju perlu mendapat perhatian.

Lakukan uji terhadap semua peranti rem, baik rem depan, belakang maupun rem parkir. Apabila Anda merasa kurang pakem, tidak ada salahnya untuk melakukan servis atau mengganti kanvas beserta minyak rem.

Baca Juga : Tips Mengemudi Mobil Saat Liburan

Plat kopling

Komponen ini pada dasarnya berfungsi untuk mengendalikan laju mobil, baik maju, mundur, menambah ataupun mengurangi tingkat percepatan. Seiring pemakaian dalam jangka waktu yang lama, plat kopling akan mengalami keausan. Usia pemakaian bisa semakin pendek jika pengemudi menggunakan mobil secara terus menerus atau mengemudi dengan cara yang tidak dibenarkan.

Ada cara untuk mengetahui apakah kondisi kopling masih baik atau tidak. Caranya adalah dengan menghidupkan mesin, lalu masukkan transmisi ke posisi gigi dua atau tiga. Setelah itu lepas pedal kopling secara perlahan dan pada saat bersamaan injak pedal gas dan rem. Jika mesin langsung mati, maka kopling bisa dipastikan masih dalam keadaan bagus. Begitu juga sebaliknya, jika mesin masih hidup maka ada slip di kanvas koplinig.

Jika menemui gejala tersebut, segera lakukan perbaikan atau menggantinya. Hal ini berkaitan dengan keamanan dan keselamatan saat berkendara. Khusus untuk mobil bertransmisi otomatis, pastikan bahwa oli transmisi dalam keadaan baik pula.

Oli dan filter

Jangan lupa untuk memeriksa oli mobil. Pastikan jumlahnya tidak kurang dari batas bawah yang tertera pada tongkat. Selain itu teteskan sedikit oli di jari tangan dan gesek-gesekkan di kedua jari. Apabila cairan oli terasa pekat atau bahkan ada butiran, jangan menunda untuk melakukan penggantian. Perlu dicatat bahwa oli memiliki tugas yang penting, yakni melancarkan gerakan komponen mesin.

Jika oli berkurang atau kotor, hal tersebut dapat membuat komponen dalam mesin macet. Bahkan yang terburuk bisa patah karena pelumasan tidak sempurna. Komponen filter juga jangan lupa diperiksa. Filter berfungsi menyaring partikel-partikel lain yang dapat mengganggu fungsi oli dalam melumasi komponen mesin.

Busi dan saringan udara

Komponen lain yang juga perlu diperiksa adalah busi dan saringan udara. Seperti yang diketahui, busi bertugas memantikkan api listrik dalam proses pembakaran di ruang bakar mesin. Seiring usia penggunaan, busi akan mengalami penurunan performa. Usia pakai komponen ini juga bisa semakin pendek jika pengguna sering memakai mobil untuk perjalanan jauh ataupun dipakai secara terus-menerus.

Hal yang sama juga berlaku untuk saringan udara. Lambat laun komponen ini bisa kotor. Anda bisa saja membersihkan saringan udara. Akan tetapi jika tidak yakin lebih baik menggantinya dengan yang baru.

Cairan radiator

Liburan identik dengan perjalanan jauh. Selain itu tidak jarang pula ditemui kemacetan yang cukup menyita waktu. Dalam kondisi seperti itu, mobil membutuhkan proses pendinginan yang ekstra. Alhasil cairan coolant yang berada di radiator bisa berkurang. Untuk itu periksa kondisi radiator. Jika kurang, segera tambahkan dengan cairan radiator.

Apabila tidak ada, Anda juga bisa memanfaatkan air minum dalam kemasan. Akan tetapi hal ini sangat tidak disarankan. Pemakaian air biasa akan mempermudah terjadinya karat di saluran air. Manfaatkan cara tersebut hanya dalam kondisi darurat saja.

Kaki-kaki

Komponen ini juga bekerja ekstra ketika pengguna mobil melakukan perjalanan jauh. Sebab kaki-kaki menyangga beban yang berat sehingga kondisinya rawan bermasalah. Terlebih jika mobil sering melalui jalanan yang kurang bagus, berlubang, basah ataupun melewati jalan menanjak.

Periksa beberapa komponen seperti tierod, ball joint, bushing arm, bearing dan laker. Salah satu gejala bantalan roda sudah aus adalah munculnya suara mendengung yang semakin mengeras ketika mobil melaju. Jika Anda menjumpai permasalahan tersebut, segera lakukan penggantian.

Ban

Untuk bagian ini, pastikan baut roda masih kencang dan tidak membahayakan perjalanan Anda. Selain itu jangan lupa untuk memeriksa tekanan angin ban. Perawatan yang perlu Anda lakukan adalah spooring dan balancing roda. Tujuannya agar kondisi ban tetap baik sekaligus menjaga kestabilan mobil saat dikendarai.

Bodi dan kabin

Setelah berlibur, jangan lupa untuk membersihkan bagian eksterior, bodi serta kolong mobil. Begitu juga dengan interior mobil Anda. Anda bisa membawanya ke tukang cuci mobil sehingga bagian-bagian tersebut dapat dibersihkan dengan maksimal. Jika membersihkan sisi interior jangan lupa membersihkan kisi-kisi peranti pendingin ruangan (AC), panel pintu dan lainnya.

Demikian adalah tips perawatan mobil usai liburan yang dapat Anda simak. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Baca juga : Tips Merawat Mobil Harian

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply