Home Mobil Pecah Kaca Mobil dengan Busi, Penjelasan dan Pencegahan

Pecah Kaca Mobil dengan Busi, Penjelasan dan Pencegahan

0 814

Pecah Kaca Mobil dengan Busi, Zaman sekarang tindak kriminal bisa bermacam-macam. Bahkan ada yang melakukan cara kekerasan ataupun merusak untuk merampas harta korbannya. Hal ini tentu menjadi momok menakutkan bagi masyarakat, tak terkecuali mereka yang memiliki mobil pribadi. Modus pencurian yang menargetkan mobil semakin beragam. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan busi.

Sebagian dari Anda mungkin akan bertanya-tanya, kenapa pecahan busi bisa memecahkan kaca mobil? Rupanya ada penjelasan ilmiah mengenai hal tersebut. Supaya rasa penasaran Anda terjawab dan bisa mencegah tindak kejahatan dengan modus ini, kami akan menjelaskannya lebih lanjut.

Penjelasan busi bisa pecahkan kaca mobil

Dilansir dari laman Merdeka, kunci dari modus kejahatan ini terletak pada keramik busi atau insulator. Perlu Anda ketahui, di negara bagian Amerika keramik termasuk ke dalam kategori senjata perampokan dengan sebutan Ninja Rocks. Alasannya alat ini tidak menimbulkan suara berisik ketika dibenturkan, namun bisa memecahkan kaca.

Diketahui bahwa keramik atau aluminium oxide ceramic itu memiliki tingkat kekerasan yang disebut Skala Mohs yang ditemukan oleh Friedrich Mohs, seorang Ilmuwan asal Jerman. Skala Mohs aluminium oxide ceramic mencapai 9 atau setingkat di bawah intan yang mencapai 10 Mohs scale.

Sementara itu kaca mobil berasal dari batu kuarsa dengan tingkat kekerasan 6,5 skala Mohs. Masih lebih tinggi dari besi atau platinum yang hanya mencapai 4,5 skala Mohs. Itulah kenapa kaca tidak akan mudah pecah jika dilempar dengan kedua benda tersebut.

Lantas bagaimana pencuri memanfaatkan pecahan keramik busi untuk memecahkan kaca mobil?

Teknik yang digunakan rupanya tergolong sederhana. Pelaku hanya melempar pecahan busi tersebut ke kaca mobil, maka kaca tersebut akan pecah dalam hitungan detik.

Tips agar kaca tidak mudah pecah

Terkait teknik memecahkan kaca dengan serpihan kaca, ada pesan berantai yang menjabarkan mengenai trik untuk menghindari hal tersebut. Intinya pemilik mobil hanya perlu memberi sedikit celah ketika menutup jendela. Artinya kaca mobil tidak ditutup rapat. Hal ini diyakini dapat menangkal kaca pecah saat dilempari serpihan busi. Benarkah demikian?

Mengutip dari laman DetikOto, Iwan Abdurahman, Kepala Bengkel Toyota Astra Motor Sunter memiliki penjelasan tersendiri. Ia mengaku belum pernah mencoba metode pecah kaca seperti yang tertulis dalam pesan berantai tersebut. Ia menjelaskan, kaca mobil memiliki jenis ketebalan yang bermacam-macam. Mulai dari kaca biasa, kaca film sampai kaca anti peluru.

Kaca biasa memang mudah pecah, lain halnya dengan kaca film lantaran ada penahannya sehingga tidak langsung pecah. Hanya retak-retak sehingga tidak jatuh. Sedangkan kaca anti peluru kebal dari tembakan peluru karena memiliki ketebalan 5 cm.

Meski begitu pada umumnya kaca dapat pecah jika terkena benda tajam. “Jangankan dilempar busi, kalau mobil jalan kencang di jalan tol dan ada batu kecil yang lompat menghantam kaca, itu ya bisa pecah,” ucap Iwan.

Baca juga: Tips Merawat Kaca Film Mobil

Lebih lanjut, secara teori kaca yang tidak ditutup rapat dan disisakan sedikit rongga di atasnya akan lebih sulit pecah. Iwan mengibaratkan selembar kertas yang dipegang semua bagian sisinya. Tegangan di permukaan kertas akan semakin tinggi sehingga akan mudah robek jika ditusuk tengahnya. Berbeda dengan jika selembar kertas tersebut hanya dipegang 2 dari 4 sisinya. Maka kertas tidak akan mudah sobek.

Akan tetapi perlu dicatat, susah pecah bukan berarti tidak bisa pecah. Meskipun kaca mobil tidak ditutup rapat tetap bisa pecah jika dilempari benda tajam, baik busi ataupun palu berujung tajam.

“Busi yang dicari kan ujungnya, kalau lancip bisa (memecahkan kaca). Cuma memang ketika (kaca ditutup) rapat lebih mudah (pecahnya). Kaca kena sesuatu yang tajam dengan kekuatan cukup besar juga bisa pecah. Bayangkan mobil antipeluru, kacanya ditembak saja nggak bisa pecah. Kenapa? Karena tebalnya 5 cm. Bisa pecah namun butuh kekuatan jauh lebih besar lagi agar bisa pecah,” paparnya.

Sekian penjelasan dan cara mencegah kaca mobil pecah dengan serpihan busi. Semoga informasi di atas menjawab rasa penasaran Anda sehingga lebih berhati-hati ketika menggunakan mobil. Jangan sampai lengah, pastikan Anda waspada dengan keadaan di sekitar Anda. Selain itu jangan pernah meninggalkan barang berharga di dalam mobil yang dapat mengundang pencuri untuk beraksi.

Source: cara memecahkan kaca mobil dengan busi, cara memecahkan kaca mobil, kenapa pecahan busi bisa memecahkan kaca, cara pecah kaca pake busi, cara pecah kaca, cara mecah kn kaca, kenapa alumunium oxide dapat mudah pecahkan kaca, keramik busi pecah kaca, keramik busi, mengapa kaca mobil tidak mudah pecah, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply