Home Auto News Spesifikasi Toyota Agya dan Ayla, Bermesin 1.2L 4-Silinder?

Spesifikasi Toyota Agya dan Ayla, Bermesin 1.2L 4-Silinder?

Spesifikasi Toyota Agya, Satu demi satu bocoran mobil baru terungkap. Salah satu yang digosipkan akan hadir adalah Daihatsu Ayla dan Toyota Agya terbaru. Menurut salah seorang informan Otomotifnet, duo mobil murah ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC) ini akan dibekali mesin baru berkapasitas 1.200 cc.

Lebih lanjut dikatakan bahwa mesin Ayla dan Agya akan memiliki konfigurasi 4 silinder. Bila hal tersebut benar, maka mesin 3 silinder yang dibenamkan pada model saat ini akan digusur. Sementara itu Toyota dan Daihatsu juga sudah memiliki mesin 1.200 cc 4 silinder. Mesin tersebut adalah 3NR-VE, DOHC Dual VVT-i yang dibenamkan pada Sigra dan Calya, LCGC 7-penumpang yang baru hadir tahun lalu.

Hal ini tentu menjadi keuntungan bagi pabrikan mobil asal Jepang itu. Sebab tidak perlu mengembangkan mesin baru dari awal. Yang perlu dilakukan hanya menyesuaikan mesin tersebut supaya sesuai dengan Agya dan Ayla.

Menariknya waktu peluncuran mobil murah Toyota dan Daihatsu ini diperkirakan akan dilakukan dalam tahun ini. “Informasi yang didapat, sedang dipersiapkan. Kemungkinan pada semester kedua tahun ini,” ungkap salah seorang sumber. Sementara menurut sumber lain membocorkan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla terbaru akan dirilis pada April mendatang.

Ada alasan tersendiri mengapa duo pabrikan ternama itu ingin mengganti mesin lama duo LCGC andalannya dengan mesin 1.200 cc. Menurut sang sumber, Ayla-Agya bermesin 1.200 cc 4 silinder merupakan suksesi terhadap kebutuhan pasar mobil di Indonesia. Mobil ini dihadirkan untuk menghadang LCGC lain yang sudah mengusung mesin 1.200 cc, yakni Honda Brio Satya dan Datsun Go Series.

Seorang sumber yang merupakan orang Astra itu mengatakan bahwa selama ini posisi Daihatsu Ayla dan Toyota Agya dinilai tanggung. Itulah mengapa pabrikan merasa perlu membekali model tersebut dengan mesin 1.200 cc seperti pada Calya dan Sigra.

“Iya, banyak konsumen yang cocok dengan ukuran bodi Ayla-Agya yang compact (5 seater). Tapi mereka juga mendambakan mesin 1.200 cc seperti Calya-Sigra. Bodi yang compact dipadu kapasitas mesin 1.200 cc inilah banyak dicari konsumen,” jelasnya.

Bila melihat data penjualan wholesales LCGC Januari-November 2016, Honda Brio Satya berhasil terjual sebanyak 33.027 unit. Sedangkan Datsun Go dan Go+ mengantongi penjualan 24.968 unit.

Sementara Ayla membukukan penjualan sebanyak 36.989 unit dan Toyota Agya mencapai 42.298 unit. Apabila Toyota dan Daihatsu tidak segera melakukan penyegaran, tidak menutup kemungkinan penjualan dua mobil andalannya di pasar LCGC itu akan kalah dengan rivalnya.

Lantas bagaimana dengan fitur mobil ini? Sayangnya belum diketahui bocoran mengenal hal tersebut. Jika ingin produknya lebih laris, Toyota dan Daihatsu bisa mempertimbangkan untuk menambah fitur baru sesuai dengan masukan dan kebutuhan konsumen.

Untuk informasi, saat ini harga Daihatsu di Indonesia mencapai Rp 91,25 juta untuk tipe D M/T. Sedangkan varian termahal, Ayla Airbag X AT dilepas dengan harga Rp 127,75 juta. Harga Toyota Agya per Januari 2017 berkisar mulai Rp 116,38 juta untuk tipe E bertransmisi manual sampai Rp 139,01 juta untuk tipe TRD S transmisi otomatis.

Toyota Agya sempat mendapat tambahan fitur baru pada dua tahun lalu. Fitur tersebut adalah ISOFIX dan New Air Freshener Lever. Hadirnya fitur ISOFIX akan memungkinkan penggunanya untuk mengikat baby car seat. Lalu untuk air freshener lever akan membuat udara di kabin terjaga dengan baik.

Sementara Daihatsu Ayla juga sempat mendapat penyegaran dengan tambahan fitur airbag. Fitur ini dihadirkan untuk menjawab keinginan konsumen. Fitur penunjang keselamatan ini dikembangkan dari Ayla tipe X baik transmisi manual maupun otomatis.

Kita tunggu saja kabar selanjutnya mengenai spesifikasi Toyota Agya dan Daihatsu Ayla terbaru ini.

Source: agya baru 1017 berapa cilinder, new agya 1 2, new agya 1 2 vs ayla 1 2, new agya 4 silinder, new ayla 1 2 mesin 3 atau 4 silinder, silinder mobil agya, spek mesin agya 1 2, spesifikasi agya 1 com, spesifikasi Ayla 4 silinder, spesifikasi new toyota agya 1200 cc, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply