Home Auto News Yamaha R15 Facelift Punya Air Scoop, Apa Fungsinya?

Yamaha R15 Facelift Punya Air Scoop, Apa Fungsinya?

0 444
All New Yamaha YZF-R15 Indonesia

Yamaha R15 Facelift, Yamaha R15 terbaru resmi menyapa para pecinta motor sport full fairing di Indonesia. Tampilan motor berlambang tiga garputala ini secara keseluruhan lebih menggoda. Desainnya terlihat lebih sporty, dengan fascia depan yang lebih menarik dibanding model sebelumnya.

All New Yamaha R15 ini digadang-gadang merupakan adik moge R6. Hal ini terlihat dari desainnya yang memang tampak memiliki kemiripan. Di samping itu ada daya tarik lain dari motor sport berjantung pacu 150 cc ini. Yamaha menyematkan air scoop atau lubang jalur udara. Anda bisa menemukan lubang ini di wajah depan.

Seperti yang diketahui, air scoop lazim ditemui pada motor balap atau moge. Tujuannya adalah untuk menambah suplai udara ke ruang bakar. Hal ini yang membuat sebagian orang penasaran apa alasan Yamaha menyertakan air scoop pada rival Honda CBR150R dan Suzuki GSX-R150 ini. Terlebih lubangnya dibuat besar sehingga tampak seperti dirancang untuk memaksimalkan performa motor. Apakah benar begitu?

Setelah diteliti lebih jauh, rupanya air scoop milik Yamaha YZF-R15 ini tidak terhubung ke air box atau area mesin lainnya. Sebagaimana dilansir Otomotifnet, Ridwan Arifin, Staf Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengungkapkan bahwa tujuan lubang tersebut hanya untuk estetika.

“Iya, memang fungsinya hanya sekadar untuk estetika,” kata dia, di sela-sela peluncuran All New YZF-R15 di Sirkuit Sentul, Bogor belum lama ini.

All New Yamaha YZF-R15 Indonesia

Desain air scoop tersebut tampak mirip dengan konsep desain yang diaplikasikan pada YZR-M1 yang dipakai dalam ajang balap MotoGP. Dari motor balap tersebut, konsep desain itu diturunkan ke motor sport jalanan seperti Yamaha R6 dan Yamaha R15 generasi terbaru.

Yu Kitamura, salah satu tim R&D dari Yamaha Motor Company (YMC) yang menangani pengembangan motor ini mengatakan bahwa air scoop sangat berguna untuk motor besar saat dipacu dalam kecepatan tinggi. Akan tetapi tidak berpengaruh signifikan bila diaplikasikan pada motor kecil.

Walaupun air scoop pada motor Yamaha ini hanya berfungsi sebagai pemanis saja, tidak perlu ragu akan performa YZF-R15 2017 ini. Pasalnya Yamaha sudah melakukan sejumlah revisi di bagian mesin.

Sebagai contoh, kapasitas mesin Yamaha R15 naik menjadi 155 cc. Di samping itu Yamaha membenamkan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) pada salah satu motor sport andalannya ini. Di samping itu terdapat dua noken as untuk klep in yang masing-masing bekerja di bawah dan di atas 7.400 rpm. Dengan demikian tenaga putaran bawah dan atas akan menjadi lebih optimal.

Ubahan lain yang dilakukan adalah dengan mengganti throttle body. Air box dibuat lebih besar, sedang diameter payung klep dilebarkan sehingga tenaganya akan lebih maksimal dibanding model sebelumnya.

Baca juga: Detail Spesifikasi Yamaha YZF-R15 Indonesia 2017

Dengan ubahan tersebut, Yamaha YZF-R15 2017 dapat menghasilkan tenaga sebesar 19,05 dk pada putaran 10.000 rpm dengan torsi 14,7 Nm pada 8.500 rpm. Tenaganya melonjak signifikan dari modl lama yang memiliki 16,36 dk pada 8.000 rpm. Sementara torsinya naik tipis dari 14,5 Nm pada putaran 7.500 rpm.

Tidak cukup sampai di situ saja, Yamaha juga menambahkan fitur assist & slipper clutch. Fitur assist akan membuat pengoperasian kopling menjadi lebih ringan. Lalu hadirnya slipper clutch akan menawarkan pengalaman berkendara yang lebih nyaman karena perpindahan gigi menjadi lebih halus, termasuk saat deselerasi.

Walaupun sudah resmi diperkenalkan, harga Yamaha YZF-R15 2017 masih belum diketahui. Pihak YIMM baru akan mengumumkannya saat motor siap untuk dipasarkan. Rencananya motor sport 150 cc ini akan mulai diproduksi massal dan dipasarkan pada semester satu tahun ini.

Source: air scoop motor sport, air scoop r15 vva, apa itu airscoop ?, fungsi air scoop, menambah air scope, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply