Home Auto News Pilih Yamaha R15 2017 Atau Model Lama?

Pilih Yamaha R15 2017 Atau Model Lama?

Yamaha R15 2017, Para pecinta motor di seluruh Tanah Air digoda Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dengan melahirkan All New YF-R15. Motor sport ini resmi memperkenalkan diri dengan banyak pembaruan, baik di segi tampilan, fitur maupun spesifikasi. Rencananya motor Yamaha terbaru ini akan mulai dijual pada semester I tahun 2017.

Jika kebetulan Anda sedang mencari motor sport baru, model ini bisa menjadi salah satu referensi yang dapat Anda pertimbangkan. Hanya saja YIMM belum mengumumkan berapa harga Yamaha R15 terbaru ini. Apabila Anda lebih mempertimbangkan harga, R15 stok lama bisa Anda lirik.

Dyonisius Beti, Executive Vice President Director & COO YIMM mengatakan bahwa diler Yamaha masih memiliki stok YZF-R15 lama. Kemungkinan stok ini akan ada hingga 2 bulan ke depan.

“Di diler tentu ada. kita lakukan campaign sales. Nanti begitu stok (lama) menipis, baru new model muncul. Jadi akan ada masa kosong. Stok tidak tahu persis angkanya, mungkin sisa 1,5 bulan atau 2 bulan stok,” jelas Dion, dikutip dari DetikOto.

Menariknya Yamaha menawarkan potongan harga untuk model lama. Yamaha R15 2016 ini didiskon hingga Rp 2 jutaan. “Diskon Rp 1,5 juta sampai 2,5 juta,” ujar Dion. Sebagai informasi, Yamaha R15 yang dipasarkan di Indonesia saat ini dipatok seharga Rp 31,3 juta.

Lantas dari dua model ini mana sebaiknya dipilih? Berikut kami jabarkan secara ringkas spesifikasi keduanya.

Yamaha R15 model lama mengusung mesin 4 valve SOHC silinder tunggal dengan pendingin cairan. Mesin ini dikombinasikan dengan transmisi 6-percepatan dan sistem injeksi YMJET-FI. Tenaga yang dapat dihembuskan mesin ini mencapai 16,36 dk pada 8.000 rpm dengan torsi 14,5 Nm pada 7.500 rpm.

Motor sport ini mengusung fitur AHO (Automatic Headlamp On) di sisi kiri dan kanan lampu jauh di bagian kanan. Sedangkan untuk lampu belakang didesain meruncing dan memakai model LED.

Jok R15 keluaran lama membawa jok model terpisah atau split seater. Jok ini dibuat dengan bahan anti selip dan terdapat tempat penyimpanan perkakas di bawah jok belakang. Yamaha mendesain fairing motor ini dengan konsep dual-layer dan terdapat lubang sirkulasi udara yang bertujuan menjaga suhu mesin.

Di bagian speedometer Yamaha menyematkan panel instrumen kombinasi digital dan analog. Panel ini memiliki indikator yang lengkap dan dapat dengan mudah terlihat oleh pengendara. Di samping itu terdapat key shutter dan anak kunci model laser cut yang akan meningkatkan keamanan saat diparkir.

Kini saatnya membahas sekilas seputar Yamaha YZF-R15 terbaru. Motor ini merupakan pengembangan dari model sebelumnya. Dyonisius Beti, Executive Vice President PT YIMM mengatakan bahwa motor sport ini memiliki perbedaan tenaga hingga 20 persen. Peningkatan tersebut tidak lepas dari beberapa perubahan meliputi fitur dan teknologi.

Untuk desain, All New YZF-R15 mengusung tampilan seperti Yamaha R6 yang kental dengan kesan Super Sport. Fairing motor dibuat lebih aerodinamis dengan kesan meruncing dan ramping. Lalu bagian depan tampak sporty dengan lampu LED yang ditemani lampu hazard untuk keperluan darurat.

Motor ini tetap menggunakan rangka deltabox dan lengan ayun berbahan aluminium. Hanya saja desainnya dibuat baru sehingga tak sama dengan pendahulunya. Perpaduan tersebut membuat distribusi berat menjadi 50:50 sehingga pengendalian semakin memuaskan.

Di sektor performa, Yamaha R15 2017 dilengkapi teknologi Variable Valve Actuation (VVA). Alhasil torsi di putaran bawah dan atas menjadi lebih rata. Tenaga motor ini naik menjadi 19,05 dk pada 10.000 rpm dengan torsi maksimum 14,7 Nm pada 8.500 rpm. Meski tenaga lebih besar, mesin ini tetap hemat bahan bakar.

Yamaha juga menambahkan teknologi Assist & Slipper Clutch. Fitur ini akan membuat pengendara lebih nyaman ketika mengoperasikan kopling sebab lebih ringan. Perpindahan gigi juga menjadi lebih halus dan akselerasi lebih cepat.

Keunggulan lainnya adalah hadirnya suspensi upside down pada motor ini. Sektor kaki-kaki juga dilengkapi ban tapak lebar berukuran 100/80-17 di depan dan 140/70-17 di belakang. Hasilnya motor menjadi lebih stabil dan tampak sporty. Di bagian depan terdapat cakram dengan diameter 282 mm untuk menunjang sistem pengereman.

Baca juga: Spesifikasi Yamaha YZF-R15

Yamaha juga melengkapi motor ini dengan speedometer digital. Speedometer ini memiliki shift timing light untuk memindahkan transmisi. Di samping itu Multi information display terlihat lebih informatif dengan jarak, gear position dan terdapat nama pengendara.

Itulah sekilas spesifikasi Yamaha R15 2017 dan model lama. Model keluaran terbaru sudah pasti memiliki tawaran yang lebih baik dibanding model sebelumnya. Akan tetapi hal tersebut akan berdampak pada harga yang lebih mahal.

Source: spesifikasi yamaha r15 lama, r15 lama, spesifikasi r15 lama, harga r15 lama, yamaha R15 lama, R15 model lama, r 15 lama, r 15 terlama berapa speed, r 15 lama dan r 15 baru, r15 l, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply