Home Auto News Tips Modifikasi Motor Sport 250cc Ringan Untuk Harian

Tips Modifikasi Motor Sport 250cc Ringan Untuk Harian

Modifikasi Motor Sport, Awalnya motor diciptakan untuk memudahkan manusia dalam beraktivitas. Dengan kendaraan ini, pemilik bisa pergi ke suatu tempat dalam waktu yang lebih singkat. Di samping itu pemilik juga bisa mengajak keluarga atau membawa barang-barang tanpa perlu susah payah mengayuh pedal.

Seiring berkembangnya zaman sepeda motor mulai mengalami perubahan fungsi. Kini kendaraan roda dua tidak hanya berfungsi untuk memudahkan aktivitas pemiliknya, namun juga sebagai sarana hobi maupun untuk mempertegas status seseorang. Selain motor bebek maupun motor matic, kita juga mengenal motor sport. Motor ini dirancang untuk memenuhi keinginan pemilik untuk mempunyai tunggangan dengan performa mumpuni dan tampilan yang menarik.

Di Indonesia motor sport juga cukup digemari oleh masyarakat. Salah satunya yang ramai peminat adalah motor sport 250 cc. Penjualannya cukup tinggi meskipun harganya mencapai puluhan juta Rupiah. Hal tersebut membuat pabrikan berlomba untuk menawarkan produk sport 250 cc dengan sederet fitur dan spesifikasi yang menggiurkan. Saat ini ada tiga merek yang dominan di pasar ini, yakni Honda CBR250RR, Kawasaki Ninja 250 dan Yamaha R25.

Sebenarnya motor sport memiliki performa yang cukup bisa diandalkan. Hanya saja tidak sedikit yang tetap ingin melakukan modifikasi sehingga performanya lebih baik. Ubahan yang dilakukan bisa bermacam-macam, tergantung dari keinginan sang pemilik. Apabila Anda juga ingin melakukan modifikasi motor sport 250 cc namun tetap nyaman untuk dipakai harian, saran berikut bisa menjadi referensinya.

Dikutip dari Otomania, Johanson Pakpahan dari bengkel Setia Motorsport memiliki tips sederhana untuk memodifikasi motor sport kesayangan supaya tetap nyaman untuk digunakan beraktivitas. Ia mengatakan sentuhan modifikasi yang dilakukan tidak banyak. Hanya tiga bagian saja, yakni busi, knalpot dan pelat kopling.

Baca juga: 4 Tips Modifikasi Motor

Untuk busi motor dapat diganti dengan jenis iridium. Sementara saluran gas buang atau knalpot diubah menjadi full system dan pelat kopling menggunakan bahan besi untuk menggantikan pelat kopling standar pabrik. Modifikasi tersebut diklaim sudah cukup memaksimalkan kerja motor.

Lalu berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mengganti beberapa part tersebut?

Pria yang akrab disapa Lae itu mengatakan bahwa harga part motor sport tersebut tergantung merek. Untuk busi harganya berkisar Rp 150.000, lalu untuk harga knalpot biasanya dibanderol mulai Rp 4 juta sampai Rp 20 jutaan. Sedangkan pelat kopling umumnya dijual sekitar Rp 2 jutaan.

“Tergantung merek, bahkan kalau knalpot berdasarkan jumlah silinder berbeda-beda. Semakin banyak, pasti akan semakin mahal, kalau seperti ini tergantung selera dan kemampuan finansial konsumen,” terang Lae.

Demikian tips modifikasi motor sport 250cc ringan yang dapat Anda terapkan. Perlu dicatat, melakukan modifikasi jangan dilakukan sembarangan. Perlu pertimbangan dan konsep yang matang sehingga ubahan yang dilakukan tidak memberatkan kinerja motor saat dipakai. Di samping itu jangan mengabaikan faktor keselamatan pengguna, karena hal tersebut lebih utama daripada hanya mengejar performa motor yang gahar.

Source: motor 250cc teringan, motot 250 cc teringan, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply