Home Auto News Motor Sport Yamaha FZ25 Dirilis, Pengganti Scorpio?

Motor Sport Yamaha FZ25 Dirilis, Pengganti Scorpio?

0 220

Motor Sport Yamaha, Yamaha menggebrak pasar India dengan menghadirkan FZ25. Model naked sport ini mengandalkan dapur pacu 250 cc 1 silinder sebagai performanya. Harga Yamaha FZ25 ini cukup menarik perhatian, sebab Yamaha Motor India Sales (YMIS) membanderolnya dengan harga yang cukup terjangkau.

Motor Yamaha terbaru ini dijual mulai Rupee 119.500 atau mencapai Rp 23 jutaan. Harga tersebut bisa dikatakan terjangkau mengingat kapasitas mesinnya yang mencapai 250 cc. FZ25 dikatakan mempunyai peranan penting bagi YMIS, sebab segmen tersebut memang sedang berkembang di India. Oleh karenanya prinsipal di Jepang memberinya nama FX seperti salah satu model legendaris Yamaha.

Yamaha FZ25 ini dirakit dan dipasarkan oleh Yamaha India. Di Negeri Hindustan, motor sport naked ini akan berhadapan dengan beberapa rivalnya seperti Bajaj Pulsar 200, KTM Duke 200 dan TVS Apache RTR 200 4V. Supaya bisa bersaing secara kompetitif, Yamaha menawarkan sejumlah daya tarik pada motor ini.

Motor ini mewarisi desain FZ series yang membuatnya terlihat agresif. Secara keseluruhan tampilan motor ini terkesan lebih konvensional. Tidak seperti motor sport tanpa fairing lainnya yang biasanya mengusung desain lebih futuristik. Banyak pecinta motor Tanah Air yang berpendapat motor ini dihadirkan untuk menjadi pengganti Yamaha Scorpio.

Walaupun tampilannya terkesan standar, motor terbaru Yamaha ini mengusung beberapa fitur yang menarik. Di bagian depan terdapat headlamp yang sudah memakai model LED. Selain itu pabrikan motor berlambang tiga garputala itu menyematkan panel instrumen LCD. Ada pula fitur Auto Headlamp yang dapat menghidupkan dan mematikan lampu sesuai pencahayaan lingkungan.

Berpindah ke dapur pacu, Yamaha FZ25 mengandalkan mesin 1 silinder berkapasitas 250 cc 2 valve dengan pendingin udara. Mesin ini dikatakan juga dipakai pada Fazer 250 yang dipasarkan di Amerika Selatan. Berbekal mesin tersebut Yamaha FZ25 dapat mengeluarkan tenaga hingga 20,9 PS dan torsi puncak 20 Nm yang diraih pada putaran mesin 6.000 rpm.

Jika melihat spesifikasi tersebut, torsinya tidak lebih besar dari MT-25 yang bisa menembus angka 22,5 Nm. Akan tetapi hal tersebut adalah wajar sebab FZ25 hanya menggunakan satu silinder pada sektor mesin.

Supaya performa motor lebih memuaskan, Yamaha juga menyematkan teknologi Blue Core. Teknologi khas Yamaha ini membuat mesin lebih efisien. Konsumsi bahan bakar (BBM) motor sport bermesin seperempat liter ini diklaim mencapai 43 km/liter.

Beralih ke sektor kaki-kaki, Yamaha FZ25 mengusung fork 41 di bagian depan. Sementara bagian belakang memakai swing arm dengan monoshock. Suspensi tersebut dinilai cukup untuk menunjang pengendalian motor yang mempunyai berat 148 kg itu.

Untuk rodanya Yamaha menyematkan pelek alloy. Akan tetapi motor ini belum dilengkapi fitur ABS sebagai peranti standar. Tetapi kekurangan tersebut dapat dimaklumi mengingat harganya yang terjangkau.

Lantas apakah PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) juga tertarik untuk memasarkan motor ini?

Mengenai hal tersebut, sepertinya kecil kemungkinan motor sport Yamaha terbaru ini hadir di Tanah Air. Sebab YIMM sendiri sudah memiliki dua model sport bermesin 250 cc. Keduanya adalah Yamaha R25 yang merupakan model sport fairing dan MT-25 yang diterjunkan sebagai naked bike dengan torsi besar.

Source: apakah Yamaha Indonesia akan merilis Yamaha fz25 ke tanah air?, motor yamaha terbaru pengganti scorpio, pengganti scorpio 2015 harga baru nya, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply