Home Honda Panduan Beli Daihatsu Terios Bekas 2015

Panduan Beli Daihatsu Terios Bekas 2015

0 472

Daihatsu Terios Bekas. Daihatsu Terios merupakan saudara kembar dari Toyota Rush yang dipasarkan sejak awal tahun 2007. Diposisikan sebagai low SUV, mobil ini cukup menarik bagi para pecinta mobil bongsor. Di samping itu Terios bekas juga cukup banyak dicari oleh konsumen.

Apabila Anda sedang mencari low SUV bekas sebagai kendaraan pribadi, ada beberapa pilihan yang dapat dipertimbangkan. Di samping itu tidak ada salahnya untuk memasukkan mobil ini ke dalam daftar pertimbangan Anda. Salah satu pilihan yang cukup menarik adalah Daihatsu Terios keluaran tahun 2015.

Varian Daihatsu Terios

Model ini dipasarkan dalam empat tipe, antara lain Terios X, Terios X-Extra, Terios R dan Terios R-Adventure. Jika kebingungan mana yang kira-kira sesuai dengan kebutuhan Anda, berikut akan diuraikan singkat mengenai perbedaan keempat tipe tersebut.

Terios X

Model ini mengusung projector headlamp, pelek kaleng 16 inci dan side body moulding. Tampilan eksteriornya terlihat lebih menarik dari model sebelumnya. Terdapat bumper depan dan belakang baru, termasuk desain headlamp, rear lamp LED dan kap mesin yang dibuat baru.

Sementara untuk interior pengguna akan dimanjakan dengan tiga baris kursi, AC double blower, electric power steering, sabuk pengaman dengan height adjuster dan one touch tumble. Di samping itu Daihatsu menyematkan fitur keamanan SRS airbag, pretension seatbelt depan, child safety lock, head rest kursi baris ketiga, side impact beam dan window jam protection.

Terios X-Extra

Model ini memiliki semua fitur tipe X. Bedanya, terdapat tambahan tutup pelek, cover ban cadangan, spion dengan lampu sein dan foot step. Di bagian interior tipe ini memiliki audio 2 DIN, empat buah speaker dan sensor mundur atau back sonar. Lalu untuk fitur keselamatan ditambah dengan sistem alarm.

Terios R

Hadir lebih mewah, varian ini mengusung perlengkapan yang lebih banyak dibanding dua varian sebelumnya. Sebagai contoh, di eksterior terdapat ornamen krom yang menghiasi grill. Hadir pula fender yang senada dengan body, pelek alloy 16 inci, foglamp, handel pintu krom, ban lebar dan lain sebagainya.

Sementara di dalam kabin terdapat pengingat kunci dan light warning, serta double horn. Masih ada lagi konsol tengah dengan cup holder, spion elektric dan retractable, audio steering switch dan audio touch screen. Lalu untuk penunjang keselamatan terdapat ABS untuk transmisi otomatis dan alarm.

Terios R-Adventure

Tipe ini menjadi yang paling mahal dan memiliki fitur paling lengkap. Seluruh fitur yang ada pada tipe R hadir di Terios R-Adventure. Perbedaan hanya terletak pada sisi eksterior dan fitur keselamatan. Sedang interiornya tidak berbeda jauh dengan tipe R.

Untuk bagian eksterior terdapat Daytime Running Light, bumper depan-belakang, side stone guard, garnish pada cover ban cadangan, front under guard dan grill berlapis krom. Lalu untuk fitur safety ditambah kamera mundur.

Kelebihan dan kekurangan

Salah satu mobil andalan Daihatsu ini memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya adalah ground clearance yang cukup tinggi. Dengan kelebihan ini, SUV kompak yang mengandalkan jantung pacu 1.500 cc itu dapat menerjang jalanan yang tidak rata. Tidak hanya itu, Terios juga mampu melewati genangan air.

Selain ground clearance yang tinggi, ada kelebihan lain dari mobil ini. Daihatsu Terios memiliki mesin 4 silinder yang bandel dan dapat diandalkan. Kabinnya terdiri dari tiga baris sehingga dapat memuat hingga tujuh penumpang.

Meski begitu bukan berarti mobil ini tidak memiliki kekurangan. Ada beberapa hal yang menjadi kekurangan dari Terios. Mobil ini memiliki road noise yang tinggi. Selain itu kabin tengah dan belakang dinilai kurang nyaman. Sementara sistem audio mengandalkan head unit monitor yang berkualitas. Dengan begitu pengguna hanya perlu membenahi tatanan suaranya saja.

Pemeriksaan

Apabila Anda tertarik membeli mobil ini dalam kondisi bekas, cermati sejumlah bagian dari mobil incaran Anda. “Ketika membeli Terios seken, cek kondisi motor fan, rem, dan kaki-kakinya,” saran Service Advisor Daihatsu Bintaro, Indra, sebagaimana dikutip Otomotifnet. Di samping itu ia juga menganjurkan kepada para pemilik untuk memperhatikan perawatan berkala supaya kondisi mobil selalu terjaga.

Baca juga: 5 Tips Sebelum Membeli Mobil Bekas

Interior Daihatsu Terios 2015

Harga Daihatsu Terios 2015

Di pasar mobil bekas, kisaran harga Daihatsu Terios keluaran tahun 2015 mencapai RP 180 juta sampai Rp 190 jutaan. Untuk lebih jelas, berikut daftar harga yang dapat Anda jadikan gambaran:

  • Daihatsu Terios X 2015: 180 juta
  • Daihatsu Terios X-Extra 2015: Rp 185 juta
  • Daihatsu Terios R 2015: 188 juta
  • Daihatsu Terios R-Adventure 2015: Rp 190 juta.

Perlu dicatat, harga di atas bisa berbeda-beda di tempat lain. Bisa saja di tempat Anda tinggal harga mobil ini lebih mahal atau justru lebih rendah dari kisaran harga di atas. Hal ini adalah wajar, sebab ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga mobil bekas. Contohnya adalah bagaimana kondisi mobil tersebut, apakah pemilik terdahulu rutin melakukan servis, bagaimana kelengkapan surat dan lain sebagainya.

Biaya servis

Daihatsu Terios perlu mendapat servis rutin setiap 5.000 km. Untuk jarak tempuh 5.000, 15.000, 25.000 km pemilik perlu mengganti oli mesin, air aki, paking dan injector cleaner. Sedangkan untuk setiap kelipatan 10.000 km lakukan penggantian filter oli, oli mesin, air aki, paking dan servis rem.

Setiap mobil menempuh jarak 20.000 km dan 60.000 km pengguna dianjurkan untuk mengganti filter oli, filter udara, busi, oli mesin, air aki, paking, injector cleaner, penetrant dan servis rem. Untuk setiap 30.000, 50.000 dan 70.000 km yang dilakukan adalah mengganti filter oli, servis rem, ganti air aki, oli mesin dan paking.

Dan untuk yang terakhir, setiap kelipatan 40.000 km dilakukan servis besar. Servis ini meliputi penggantian filter oli, filter udara, busi, oli mesin, transmisi gardan, radiator coolant, air aki, paking, minyak rem dan servis rem.

Harga spare parts Daihatsu Terios:

  • Filter oli Rp 35.000
  • Filter udara Rp 130.000
  • Filter bensin Rp 1.950.000
  • Kampas rem depan Rp 495.000
  • Kampas rem belakang Rp 365.000
  • Tierod Rp 320.000 x2
  • Busi Rp 27.000/pc

Demikian panduan beli Daihatsu Terios Bekas 2015 yang dapat kami sampaikan. Seperti yang sudah dijelaskan, mobil ini terdiri dari empat tipe. Keempat tipe ini memiliki perbedaan pada tampilan dan fitur yang diusung. Jangan terlalu tergiur dengan tampilan mobil dan fitur yang lengkap, karena hal tersebut belum tentu sesuai dengan kebutuhan Anda. Lebih baik sesuaikan dengan tujuan Anda sehingga mobil dapat dipakai secara maksimal.

Source: harga mobil terios bekas, terios ganti baru atau beli bekaa, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply