Home Mobil Hatchback Perbandingan Toyota Yaris Heykers vs Suzuki SX4 S-Cross

Perbandingan Toyota Yaris Heykers vs Suzuki SX4 S-Cross

Toyota Yaris Heykers vs Suzuki SX4, Saat ini masyarakat cenderung menyukai Sport Utility Vehicle (SUV). Bahkan penjualan mobil bertubuh bongsor ini mengalami peningkatan signifikan. Alhasil banyak produsen yang tertarik untuk ikut menjual SUV di Tanah Air. Tidak hanya itu, kendaraan jenis lain juga tertular virus SUV. Tidak sedikit mobil yang didandani sehingga memiliki tampilan layaknya mobil SUV.

Salah satunya adalah Toyota Yaris Heykers. Mobil yang terjun di segmen hatchback ini mendapat sentuhan ubahan sedemikian rupa sehingga kental dengan gaya petualang. Varian tertinggi Yaris ini siap menjadi pilihan konsumen hatchback yang juga menyukai gaya crossover. Namun Yaris Heykers tidak sendiri, sebab ada Suzuki SX4 S-Cross yang menjadi rivalnya.

Masing-masing mobil ini tentu memiliki gaya dan keunggulan tersendiri. Untuk Toyota Yaris Heykers diklaim memiliki tampilan yang terkesan macho. Sesuai dengan namanya yang diambil dari kata Hikers yang berarti petualang.

Sementara SX4 S-Cross sebenarnya bukan pemain baru di Indonesia. Mobil ini sempat dijual beberapa tahun silam. Bahkan mobil Suzuki ini cukup laris di pasaran. Alasan SX4 S-Cross diminati kala itu adalah performanya yang mumpuni dan dapat diandalkan di jalan aspal maupun tidak beraspal. Selain itu mobil ini juga memiliki dimensi yang kompak.

Sayangnya pada tahun 2010 mobil ini kalah saing dengan produk-produk terbaru yang ada di pasaran. Di sisi lain masyarakat beralih lebih menyukai MPV daripada hatchback.

Dengan meningkatnya tren SUV di Tanah Air, Suzuki tampak optimis dengan meluncurkan SX4 S-Cross yang mengisi pasar hatchback 1.500 cc.

Yang menjadi pertanyaan, bagaimana perbandingan dua hatchback bergaya crossover ini dan manakah yang lebih menarik? Berikut adalah detail komparasi Toyota Yaris Heykers dan Suzuki SX4 S-Cross yang dihimpun dari Otomotifnet.

Dimensi

Pertama-tama mari kita bandingkan dimensi kedua mobil ini. Untuk urusan ukuran, Suzuki SX4 S-Cross terlihat lebih besar dari Yaris Heykers. Menurut spesifikasinya, panjang, lebar, tinggi hingga wheelbase hatchback Suzuki ini lebih besar dari Heykers.

Sebagai contoh, panjang S-Cross mencapai 4.300 mm, sementara Heykers 4.115 mm. Artinya mobil Suzuki itu lebih panjang 185 mm. Selain itu lebarnya juga lebih panjang 65 mm dan lebih tinggi 80 mm. untuk jarak sumbu roda atau wheelbase terpaut selisih 50 mm.

Baca juga: Detail Spesifikasi Suzuki S-Cross

Baik Heykers maupun S-Cross sama-sama mengandalkan pelek berukuran 16 inci. Yang membedakan profil ban, yang mana S-Cross sedikit lebih tebal, yakni 205/60. Sedangkan Yaris Heykers mencapai 195/55.

Selain itu Suzuki S-Cross juga memiliki kelebihan lain yang terletak pada kemampuannya memuat barang di bagasi. Kapasitas bagasinya mencapai 430 liter. Sementara pada Yaris Heykers hanya mencapai 326 liter atau lebih kecil 104 liter dari S-Cross.

Menariknya lagi dimensi S-Cross yang lebih besar tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuannya untuk bermanuver. Mobil ini memiliki radius putar yang lebih kecil, yakni 5,2 m. Lebih kecil dari radius putar Toyota Yaris Heykers yang mencapai 5,6 m.

Walaupun kalah beberapa poin, Heykers memiliki kelebihan lain. Model flagship ini mempunyai ground clearance yang cukup tinggi. Jarak terendahnya mencapai 184 mm, lebih tinggi dari Yaris standar maupun SX4 S-Cross yang mencapai 180 mm. ground clearance yang tinggi ini didukung oleh ban yang lebih tebal dan diusungnya suspensi TRD.

Mesin

Berpindah ke dapur pacu, kedua hatchback ini mengandalkan mesin 1.500 cc. Yaris Heykers mengandalkan tipe 2NR-FE, DOHC, Dual VVT-i yang memiliki kapasitas sebesar 1.496 cc. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga sebesar hingga 105 dk pada putaran 6.000 rpm dan torsi sebesar 140 Nm pada 4.200 rpm.

Lalu SX4 S-Cross mengusung mesin M15A, DOHC, VVT dengan kapasitas 1.491 cc. Mesin ini sama dengan SX4 pendahulu. Berbekal mesin ini, mobil Suzuki itu dapat mengeluarkan daya hingga 107,5 dk pada putaran 6.000 rpm dengan torsi 138 Nm pada putaran mesin 4.400 rpm.

Jika diperhatikan, tenaga S-Cross sedikit lebih unggul dari Heykers. Akan tetapi untuk torsi Yaris Heykers justru sedikit lebih unggul dan ada di nilai maksimal pada putaran mesin lebih awal. Dengan demikian, keduanya memiliki tenaga yang cukup mirip.

Transmisi

Dua mobil ini ditawarkan dengan dua pilihan transmisi, yakni manual dan otomatis. Transmisi manual dapat dijadikan pilihan untuk konsumen yang ingin versi lebih terjangkau. Lalu untuk varian transmisi otomatis ditujukan untuk pembeli yang ingin memperoleh kemudahan saat berkendara di dalam kota. Perbedaan dari kedua model ini terletak pada transmisi otomatis yang dibenamkan.

Yaris Heykers mengusung transmisi CVT (Continuously Variable Transmission). Transmisi ini juga ditawarkan untuk Toyota Sienta. Sistem CVT tidak memiliki rasio dan perpindahan gigi konvensional. Kelebihannya kenaikan kecepatan akan terasa lebih lembut.

Lain halnya dengan Heykers, Suzuki masih mengandalkan transmisi otomatis jenis konvensional atau torque converter pada SX4 S-Cross. Meski begitu sistem transmisi ini cukup modern karena sudah mempunyai enam tingkat percepatan dan dapat dioperasikan secara manual melalui electronic shifter. Di samping itu mobil ini juga sudah memiliki paddle shift yang bersemayam di belakang setir kemudi.

Rangka

Beralih ke bagian suspensi, kedua mobil ini memiliki kemiripan. Yaris Heykers dan SX4 S-Cross mengandalkan suspensi depan McPherson Strut dan suspensi belakang torsion beam.

Hanya saja Toyota membekali Yaris Heykers dengan suspensi buatan Toyota Racing Development (TRD) yang menjadi produk dengan performa tinggi. Dengan demikian kemampuan suspensi hatchback ini diperkirakan akan lebih baik.

Selain itu untuk Heykers dan S-Cross juga sama-sama mengandalkan cakram berventilasi untuk rem depan dan cakram untuk bagian belakang. Yang membedakan adalah ukuran ban yang dipakai. Walaupun sama-sama berdiameter 16 inci, profil tapak dan sidewall-nya berbeda.

Harga

Salah satu faktor yang dipertimbangkan calon pembeli sebelum memilih mobil adalah harga jualnya. Hal inilah yang cukup menarik untuk disimak. Di Indonesia, harga Toyota Yaris Heykers mulai Rp 265,5 juta untuk transmisi manual (M/T). sementara harga versi transmisi otomatis mencapai Rp 277,3 juta.

Sementara harga Suzuki SX4 S-Cross lebih terjangkau. Untuk varian manual dilepas Rp 246,9 juta dan transmisi otomatis Rp 259,9 juta. Harga tersebut berstatus on the road DKI Jakarta.

Yaris Heykers hadir dalam 7 pilihan warna eksterior. Antara lain Super White 2, Attitude Black Mica, Blue Metallic, Sliver, Metallic, Grey Metallic, Red Mica Metallic dan Orange Metallic. Lalu Suzuki S-Cross dijual dengan 4 pilihan warna, diantaranya Urban Blue, Prime Arctic White, Granite Grey dan Premium Silver.

Perbandingan spesifikasi Heykers vs S-Cross

SpesifikasiYaris HeykersSX4 S-Cross
Dimensi
Panjang4.115 mm4.300 mm
Lebar1.700 mm1.765 mm
Tinggi1.510 mm1.590 mm
Wheelbase2.550 mm2.600 mm
Diameter Pelek16 inci16 inci
Ukuran Ban195/55 R16205/60 R16
Jarak Pijak Depan1.445 mm1.535 mm
Jarak Pijak Belakang1.445 mm1.505 mm
Jarak Terendah184 mm180 mm
Radius Putar5,6 m5,2 m
Kapasitas bagasi326 liter430 liter
Mesin
Tipe2NR-FE, DOHC, Dual VVT-iM15A, DOHC, VVT
Jumlah Silinder44
Kapasitas1.496 cc1.491 cc
Diameter x Langkah72,5 mm X 90,5 mm78,0 mm x 78,0 mm
Perbandingan Kompresi11,5 : 110,3 : 1
Daya Maksimum105 dk107,5 dk
Torsi Maksimum140 Nm @ 4.200 rpm138 Nm @ 4.400 rpm
Tangki Bahan Bakar42 liter48 liter
Rangka
Sistem kemudiRack & pinionRack & pinion
Power SteeringElectricElectric
Suspensi DepanMacPherson StrutMacPherson strut with coil spring
Suspensi BelakangTorsion BeamTorsion Beam with coil spring
Rem DepanCakram berventilasi diameter 15 inciCakram berventilasi
Rem BelakangCakram diameter 14 inciCakram
Ukuran Ban195/55R16205/60R16

Demikian adalah perbandingan Toyota Yaris Heykers vs Suzuki SX4 S-Cross. Keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika ada yang bertanya mana yang terbaik, hal tersebut tergantung dari kebutuhan dan karakter dari calon konsumen.

Source: perbandingan suzuki sx4 dengan toyota yaris, pilih all new jazz atau suzuki all new sx4 cross, radius putar sx4, scross vs yaris heykers, Komparasi sx4, kelebihan sx4 s cross, sx4 vs baleno 2017, suzuki sx4 scross 2017 vs yaris haykers, radius putar jazz, sx4 scross komparasi, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply