Home Auto News All New Kia Rio 2017 Hadir dalam 3 Varian Mesin

All New Kia Rio 2017 Hadir dalam 3 Varian Mesin

0 395

All New Kia Rio, Kia Motors Corporation (KMC) baru saja meluncurkan Rio terbarunya di Paris Motor Show yang berlangsung Desember 2016 kemarin. Mobil baru Kia ini mulai dipasarkan di seluruh negara-negara Eropa pada kuartal pertama 2017. Secara global, Kia Rio merupakan mobil terlaris kedua KMC pada sepanjang tahun 2016. Penjualannya mencapai sekitar 450.000 unit atau 15 persen dari penjualan mobil yang diraih KMC.

Dikutip dari Autobild, Michael Cole, Chief Operating Officer Kia Motor Europe mengatakan bahwa hatchback ini merupakan produk penting bagi Kia. “Kia Rio adalah produk penting untuk Kia, sebagai salah satu model penjualan terbaik di seluruh dunia dan juga penjualan terbaik ketiga di Eropa. Segmen hatchback ini siap berkompetisi di pasar otomotif Eropa dengan perubahan total,” jelasnya.

Ubahan yang dilakukan pabrikan asal Negeri Ginseng ini memang cukup besar. Bahkan sudah terlihat jelas ketika melihat tampilan eksteriornya yang kini dibuat lebih agresif dan berkelas. Tidak hanya bermodal tampang yang lebih segar, Kia Rio terbaru juga dilengkapi sederet fitur keselamatan yang siap menjaga pengguna selama perjalanan. Di samping itu hadir pula fitur hiburan yang lebih lengkap. KMC mengklaim mobil andalannya ini semakin menyenangkan untuk diajak berkendara.

Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah tawaran mesin. Hatchback Kia ini dijual dalam tiga pilihan mesin. Jantung pacu baru ini diklaim memiliki efisiensi yang lebih baik dari model sebelumnya dan memiliki akselerasi yang lebih baik. Apa saja pilihan mesin Kia Rio 2017 ini?

Yang pertama adalah mesin bensin dengan kapasitas 1.000 cc. Mesin ini sudah menggunakan teknologi turbo gasoline direct injection (T-GDI). Walaupun kapasitasnya lebih kecil, mesin 3 silinder ini dapat menghasilkan tenaga yang cukup besar dan bisa disandingkan dengan mesin 1.200 cc. Selain tenaga, mesin ini juga lebih efisien.

Output daya yang ditawarkan ada dua macam, yaitu 100 dk dan 120 dk. Untuk versi 100 dk diraih pada putaran 4.500 rpm, sedangkan 120 dk dicapai pada putaran mesin 6.000 rpm. Sementara torsinya yang dihasilkan sama persis.

Pilihan berikutnya adalah mesin berkapasitas 1.200 cc dengan teknologi naturally-aspirated. Mesin ini sanggup memberikan tenaga hingga 84 dk pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 122 Nm pada 4.000 rpm.

Lalu pilihan terakhir adalah mesin diesel dengan kapasitas sebesar 1.400 cc. ada dua opsi tenaga, yaitu 77 dk dan 90 dk. Keduanya dapat mengeluarkan torsi sebesar 170 Nm pada putaran 1.500 rpm sampai dengan 2.750 rpm.

Kabar baiknya Kia Rio terbaru ini juga akan dipasarkan di Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Ridjal Mulyadi, General Manager Kia Motors Indonesia (KMI). Selain mobil ini, KMI juga akan menghadirkan Picanto terbaru. Hanya saja waktunya tidak dilakukan secara bersamaan.

Bila dipasarkan di Indonesia, sepertinya KMI akan menawarkan versi mesin bensin saja untuk mobil ini. Kebanyakan produsen mobil di Indonesia berpikir dua kali sebelum memasukkan versi mesin diesel dari produk yang ditawarkan. Alasannya kualitas bahan bakar diesel di Tanah Air masih belum memadai.

Sekadar tambahan, Kia Rio yang dijual di Indonesia saat ini memiliki dimensi panjang 4.045 mm, lebar 1.720 mm dan tinggi 1.455 mm. Sementara wheelbase-nya 2.570 mm dan ground clearance mencapai 140 mm. Dimensi mobil ini cukup lebar sehinga memberikan kenyamanan untuk pengguna.

Melihat tampilan eksteriornya, terdapat headlamp LED dengan fog lamp. Sementara bagian bodi mengadopsi Ultra High-Strength Steel. Fitur ini akan membuat bodi Rio lebih kebal dari tabrakan.

Di sisi interior Kia menawarkan tata letak yang baik sehingga terasa lega. Untuk lingkar kemudi sudah mengusung teknologi Telescopic steering wheel. Di samping itu terdapat pula beberapa fitur seperti power steering, MP3, CD, Bluetooth, USB, konektor AUX, 4 speaker, dan lain sebagainya.

Baca juga: KIA Rio 2017 Indonesia Rilis Awal Tahun Depan?

Mobil ini juga dilengkapi glove box cooling di bagian kursi untuk mengakomodasi keinginan pengguna membuat minuman dingin. Kia juga melengkapi hatchback ini dengan fitur penunjang keselamatan seperti single airbag pada kemudi, antilock brake system (ABS) dan sensor mundur.

Berpindah ke dapur pacu, Kia Rio membawa mesin Gamma CCVT DOHC dengan kapasitas 1.396 cc. Tenaga mesin ini mencapai 107 PS pada 6.300 rpm dengan torsi maksimum 13,8 Kg.m pada 4.200 rpm. Ada dua pilihan transmisi yang ditawarkan, yaitu manual 6-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Jika resmi hadir, All New Kia Rio bisa menjadi pelepas dahaga pecinta hatchback yang menanti pembaruan Rio untuk pasar Indonesia.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply