Home Auto News Tes MotoGP Sepang, Mulai Helm Sampai Winglet Rahasia

Tes MotoGP Sepang, Mulai Helm Sampai Winglet Rahasia

0 74
Tes Pramusim MotoGP 2017 Sirkuit Sepang, Malaysia

MotoGP 2017, Ada banyak hal menarik yang terjadi selama tes pramusim MotoGP yang dilakukan di Sirkuit Sepang. Mulai dari Maverick Vinales yang berhasil tampil maksimal di tes pramusim terakhir, ajang pamer helm hingga solusi Yamaha untuk peraturan dilarangnya pemakaian winglet pada MotoGP 2017.

Kejadian-kejadian menarik yang terjadi selama sesi tersebut menandakan bahwa balap musim ini akan berlangsung lebih menarik dari tahun sebelumnya. Pada kesempatan ini kami akan mengulas lebih jauh seputar tes pramusim MotoGP 2017. Berikut adalah ulasan yang dapat Anda simak.

Hasil terakhir tes pramusim

Maverick Vinales yang menjadi rider baru Yamaha tampaknya sukses membuat tim Yamaha ‘tersenyum’. Pasalnya pasangan duet Valentino Rossi ini berhasil mencatatkan waktu lap tercepat 1 menit 59,368 detik pada hari terakhir pramusim MotoGP di Sirkuit Sepang pada Rabu (01/02/2017).

Pembalap muda ini berhasil mendahului Marc Marquez yang menduduki posisi kedua dengan selisih 0,138 detik. Sementara Valentino Rossi harus berbesar hati berada di tempat kelima. Bagi Marquez, hasil tersebut menjadi bukti kebangkitannya. Pasalnya pada tes sebelumnya ia hanya berhasil meraih peringkat ke-10.

Tes Pramusim MotoGP 2017 Sirkuit Sepang, Malaysia

Sementara itu, Jorge Lorenzo yang kini membela tim Ducati hanya berhasil menempati peringkat kedelapan dengan selisih waktu 0,398 detik dari Vinales. Perolehan ini lebih buruk dibanding tes hari kedua yang berhasil meraih urutan kedelapan. Meski begitu pembalap asal Spanyol ini mencatat waktu yang lebih baik dibandingkan tes pertama saat ia hanya berada di posisi ke-17.

Peringkat ketiga diraih oleh rekan satu tim Lorenzo, Andrea Dovizioso. Disusul oleh Dani Pedrosa dari Repsol Honda yang merebut posisi keempat. Pembalap penguji Ducati Casey Stoner berada di posisi tujuh, unggul dua peringkat dari Lorenzo. Menariknya Stoner sempat mencatat waktu lap terbaik pada tes hari pertama.

Tes pramusim terakhir berlangsung pada Rabu mulai pukul 10.00 sampai 18.00 waktu setempat, sama seperti dua hari sebelumnya. Hujan juga sempat turun sekitar pukul 14.30 meski berlangsung sebentar. Setelah hujan berhenti, sesi tes bisa dilanjutkan kembali. Hanya saja tidak semua pembalap langsung turun kembali ke lintasan balap lantaran kondisi trek yang lambat mengering.

Menjelang 1,5 jam sebelum waktu tes habis, kondisi trek sudah benar-benar kering. Hal ini membuat para pembalap masuk ke lintasan dan memperbaiki catatan lap terbaik masing-masing.

Tes Pramusim MotoGP 2017 Sirkuit Sepang, Malaysia

Akan tetapi catatan waktu yang diraih para pembalap tidak ada yang bisa mengalahkan rekor yang diraih Vinales. Pembalap asal Spanyol ini mulai mendominasi sejak lima jam sebelum tes usai.

Sementara Andrea Iannone yang sempat meraih waktu lap tercepat di hari kedua tampak mengalami kendala. Ia sempat terjatuh pada tikungan 1 pada awal-awal tes. Setelah itu Iannone juga kembali mengalami insiden di tikungan 15. Alhasil pembalap Suzuki itu hanya berhasil menempati posisi ke-11.

Pembalap lain yang juga sempat terjatuh adalah Pol Espargaro, Hector Barbera, dan Aleix Espargaro. Untungnya mereka tidak mengalami cedera apapun. Sementara itu, Tito Rabat tidak dapat ikut menjalani tes pramusim lantaran cedera.

Baca juga: Jadwal Launching Tim MotoGP 2017

Usai Sepang, tes pramusim MotoGP selanjutnya akan dilakukan di Australia, tepatnya di sirkuit Phillip Island. Tes akan dilakukan pada 15-17 Februari 2017 mendatang.

Hasil tes Pramusim terakhir MotoGP 2017 Sepang Malaysia:

  1. Maverick Vinales (Movistar Yamaha) 1 menit 59,368 detik
  2. Marc Marquez (Repsol Honda) +0,138 detik
  3. Andrea Dovizioso (Ducati) +0,185 detik
  4. Dani Pedrosa (Repsol Honda) +0,210 detik
  5. Valentino Rossi (Movistar Yamaha) +0,221 detik
  6. Alvaro Bautista (Aspar Ducati) +0,260 detik
  7. Casey Stoner (pebalap penguji Ducati) +0,271 detik
  8. Cal Crutchlow (LCR Honda) +0,360 detik
  9. Jorge Lorenzo (Ducati) +0,398 detik
  10. Johann Zarco (Yamaha Tech 3) +0,404 detik
  11. Andrea Iannone (Suzuki Ecstar) +0,677 detik
  12. Alex Rins (Suzuki Ecstar) +0,689 detik
  13. Aleix Espargaro (Aprilia Gresini) +0,740 detik
  14. Danilo Petrucci (Octo Pramac) +0,942 detik
  15. Jonas Folger (Yamaha Tech 3) +0,944 detik
  16. Jack Miller (Marc VDS) +1,071 detik
  17. Karel Abraham (Aspar Ducati) +1,077 detik
  18. Hector Barbera (Avintia Racing) +1,169 detik
  19. Scott Redding (Octo Pramac) +1,277 detik
  20. Loris Baz (Avintia Racing) +1,505 detik
  21. Bradley Smith (KTM) +1,970 detik
  22. Sam Lowes (Aprilia Gresini) +1,973 detik
  23. Pol Espargaro (KTM) +2,138 detik
  24. Katsuyuki Nakasuga (pebalap penguji Yamaha) +2,290 detik
  25. Takuya Tsuda (pebalap penguji Suzuki) +3,401 detik

Helm baru pembalap

Tes Pramusim MotoGP 2017 Sirkuit Sepang, Malaysia

Selain usaha para pembalap untuk mencatat waktu terbaiknya, tes pramusim MotoGP juga diwarnai dengan penggunaan helm baru oleh beberapa pembalap. Contohnya adalah Vinales dan Lorenzo. Keduanya menggunakan helm baru yang sempat diperkenalkan jauh sebelum tes pramusim.

Marquez, Rossi dan Pedrosa juga terlihat menggunakan helm baru sejak tes dihari pertama. Helm milik Rossi tampil dengan livery khusus. Pada kesempatan tersebut pembalap asal Italia itu mengusung tema khusus, yakni musim dingin di Tavullia, Italia yang merupakan kampung halamannya.

Tes Pramusim MotoGP 2017 Sirkuit Sepang, Malaysia

Sudah menjadi kebiasaan Rossi untuk mengganti desain helmnya. Ia selalu menggambarkan sebuah keadaan tertentu yang sedang dialaminya. Sementara juara dunia MotoGP 2016, Marquez menggunakan helm dengan gambar sarang laba-laba pada bagian atas helmnya. Sayangnya belum diketahui makna di balik gambar tersebut.

Winglet baru motor Yamaha

Tim Yamaha belakangan ini menarik perhatian banyak pihak. Pasalnya pada hari kedua tes pramusim MotoGP ada pemandangan yang tak biasa dari Yamaha YZR-M1 yang digunakan oleh Rossi. Motor balap tersebut memiliki winglet tersembunyi. Rupanya hal ini juga ditemui pada YZR-M1Vinales. Winglet tersebut berada di bagian dalam fairing.

Lalu apakah winglet rahasia tersebut memiliki dampak signifikan terhadap motor kedua pembalap itu?

Mengenai hal tersebut, Massimo Meregalli selaku Direktur tim Yamaha Motor Racing mengakui bahwa fairing baru tersebut memberi dampak positif. “Valentino dan Maverick bekerja keras agar bisa tampil bagus di lintasan kering. Mereka melakukan pengetesan untuk membandingkan fairing baru dan frame,” jelasnya, dikutip dari Dapurpacu.

Tes Pramusim MotoGP 2017 Sirkuit Sepang, Malaysia

“Kita juga membuat catatan waktu yang lebih baik sekaligus memperpanjang penggunaan ban belakang, hasilnya positif. Sejauh ini masukan dari pebalap sangat bagus sehingga kita percaya diri dengan komponen yang kita uji,” papar Meregalli.

Senada dengan Meregalli, Rossi juga merasakan efek positif dari pemakaian winglet rahasia tersebut.

“Kita sempat menguji beberapa komponen penting dan sejauh ini positif. Kecepatan saya sangat bagus dan catatan waktu terbaik bisa di posisi empat. Kita juga mengetes frame dan hasilnya bagus, saya suka. Sejauh ini belum pilih yang mana, namun impresinya sangat positif,” ungkap pembalap bernomor 46 itu.

Baca juga: Jadwal MotoGP 2017 Final

Demikian yang dapat kami sampaikan seputar tes pramusim MotoGP 2017 di Sepang, Malaysia. Bagaimana jalannya MotoGP musim ini akan semakin membuat banyak pecinta MotoGP penasaran. Yang pasti setiap tim dan masing-masing pembalap berusaha keras agar bisa meraih hasil terbaiknya.

Source: desain helm dani pedrosa tes pramusim sepang, hasil tes pramusim sepang 2017, helm moto gp 2017, modif winglet moto gp 2017, modifikasi moto gp 2017, tes pramusim motogp sepang 2017, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply