Home Auto News Yamaha YZF-R15 Lama Bisa Pakai Body Kit All New R15?

Yamaha YZF-R15 Lama Bisa Pakai Body Kit All New R15?

Yamaha YZF-R15, Yamaha membuka tahun 2017 dengan meluncurkan motor sport terbarunya di Indonesia. Motor tersebut adalah All New Yamaha R15. Sesuai dengan namanya, ada banyak ubahan yang terjadi pada model ini. Mulai dari mesin hingga desainnya.

Untuk sektor dapur pacu, kapasitas mesin berubah menjadi 155 cc. Di samping itu PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) juga menyematkan teknologi baru seperti VVA serta Assist & Slipper Clutch.

Tampilan motor Yamaha ini juga berubah menjadi lebih agresif. Jauh lebih menarik dari model sebelumnya. Tampilan depan dipermanis dengan lampu sipit dan alur desain yang segaris dengan konsep R-Series. Walaupun tampilannya berubah signifikan, rupanya Yamaha mempertahankan rangka delta box pada motor ini. Rangka tersebut juga dipakai pada Yamaha R15 lama.

Karena komponen ini sama, apakah body kit R15 terbaru ini dapat digunakan pada model pendahulunya?

Mengenai hal tersebut, Ridwan Arifin, Staf Service Education PT YIMM mengatakan hal tersebut pada dasarnya dapat dilakukan. “Pada dasarnya, semua part bodi All New R15 bisa diaplikasi ke model lama,” ujarnya, sebagaimana dilansir Otomotifnet.

Meski begitu, bukan berarti bisa dipasangkan begitu saja. Ridwan mengatakan harus ada banyak ubahan atau modifikasi yang dilakukan sehingga body kit All New Yamaha R15 bisa dipasang pada generasi lama. Hal ini memang bukan tanpa alasan. Sebab meskipun mengusung sasis yang serupa, akan tetapi milik Yamaha R15 terbaru sudah disesuaikan sedemikian rupa dengan mesin dan body kit yang baru.

“Pastinya dudukan atau bracket untuk cover berbeda, jadi harus buat ulang dan disesuaikan,” ujar Ridwan.

Mengenai biaya yang dikeluarkan jika pemilik Yamaha R15 lama ingin mengaplikasikan body kit All New R15 pada motornya, menurut Ridwan hal itu akan menghabiskan banyak biaya. “Pastinya mahal, Mas. Mending beli langsung All New R15 yang baru,” saran Ridwan.

Yamaha R15 terbaru bisa dikatakan menjadi jawaban untuk menantang Honda CBR150R yang juga baru mendapat penyegaran di sejumlah bagian. Motor sport berlambang tiga garputala itu juga hadir berkat keluhan dari konsumen R15 lama dan calon konsumen yang berkeinginan membelinya.

Seperti yang diketahui, wajah R15 model lama dinilai terlalu lebar. Desain lampu depannya juga dinilai terlalu besar. Oleh karena itu sektor ini mendapat penyegaran sehingga desainnya lebih tajam, dengan lampu sipit dan air scoop. Desain tangki juga dirancang lebih gambot. Hanya saja untuk bagian ini menggunakan model kondom.

Baca juga: Spesifikasi Yamaha R15 Terbaru vs CBR150R dan GSX-R150

Walaupun memiliki air scoop, pihak YIMM mengakui fungsinya bukanlah untuk menambah suplai udara ke ruang bakar melainkan hanya untuk estetika saja. Air scoop ini memiliki desain seperti yang ada pada YZR-M1 yang dipakai dalam ajang MotoGP. Walaupun hanya sebagai estetika, air scoop tampaknya sukses mendongkrak kesan sporty motor ini dan sekaligus membuat banyak orang penasaran.

Daya tarik lain terletak pada bagian belakang yang dibuat menyerupai buritan moge Yamaha dengan model bodi berlubang yang juga difungsikan sebagai behel layaknya motor pada umumnya. Ubahan lain yang dilakukan oleh pada Yamaha YZF-R15 terbaru adalah revisi ketinggian jok. Dengan begitu motor menjadi lebih nyaman untuk pengendara dan boncenger.

Agar tampil lebih menarik, motor ini juga dilengkapi suspensi depan model upside down. Dengan suspensi ini, All New Yamaha R15 diklaim lebih sempurna untuk urusan handling. Lalu untuk  dapur pacunya yang memiliki kapasitas 155 cc sanggup menghasilkan tenaga sebesar 19 tk pada putaran 10.000 rpm dengan torsi 14,7 Nm pada 8.500 rpm. Tertarik membeli Yamaha YZF-R15 2017 ini?

Source: yzf r15 lama kediri, yamaha r15 new bagian buritan belakang, bodi kit r15, body r15 lama, modifikasi yamaha R15 lama, modifikasi r15 menjadi all new r15, modifikasi R15 lama pasang bodi R15 new, modifikasi r15 lama ke r15 new, modifikasi r15 lama dengan body r15 baru, modifikasi r15 lama ala yamaha m1 vr, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply