Home Auto News 2 Mobil Volvo Terbaru Siap Sapa Indonesia

2 Mobil Volvo Terbaru Siap Sapa Indonesia

0 267

Mobil Volvo, Baru-baru ini jagat otomotif diramaikan dengan pemberitaan kerjasama Volvo Cars dan Garasindo. Hal ini menjadi sinyal bahwa Volvo siap menggebrak pasar mobil dengan produk yang dimiliki. Untuk langkah awal, Volvo Cars yang diakuisisi oleh Zhejiang Geely Holding Group di Tiongkok sejak 2009 akan menghadirkan dua mobil baru. Kedua produk tersebut adalah Volvo S90 dan XC90.

“Kami sangat excited untuk meluncurkan award winning products kami, the all new Volvo XC90 dan S90 untuk konsumen di Indonesia,” ujar Jari Kohonen, Vice President of Region Asia-Pacific Volvo Cars, sebagaimana dilansir dari Dapurpacu.

Bukan tanpa alasan produsen mobil ternama asal Swedia itu menghadirkan dua model tersebut. Perlu diketahui, Volvo XC90 merupakan sebuah crossover yang menjadi salah satu mobil terlaris Volvo. Secara global mobil ini terjual sebanyak 91.522 unit, naik 125 persen di tahun 2015 yang mencapai 40.621 unit.

XC90 menjadi produk pertama dari Volvo yang mengusung teknologi sasis modular yang dikembangkan dan diberi nama Scalable Product Architecture (SPA). Sasis ini menjadi bahan dasar pengembangan semua jenis Volvo seri 90 dan 60. Mobil ini juga sempat meraih penghargaan sebagai SUV terbaik Inggris Raya 2016.

Volvo XC90 ditawarkan dalam dua pilihan mesin, yaitu bensin dan diesel. Untuk versi bensin mengandalkan mesin hybrid T8 Twin Engine berkapasitas 2.0 liter segaris, 4 silinder. Mesin ini sudah dilengkapi perangkat supercharger dan turbocharger untuk menggerakkan roda depan. Sedangkan motor listrik dengan output daya 79 hp ditugaskan untuk memutar roda belakang.

Tenaga yang dapat dihembuskan mencapai 320 hp. Sedangkan kecepatan maksimum mobil ini dibatasi di angka 230 km/jam.

Lalu untuk pilihan diesel memakai mesin D4 dan D5. Untuk mesin D4 mempunyai tenaga 187 hp dan mesin D5 mencapai 222 hp. Mobil yang dapat memuat hingga tujuh penumpang ini mengandalkan penggerak roda All Wheel Drive (AWD).

Lalu untuk Volvo S90 merupakan sedan 4-pintu dengan kapasitas lima penumpang. Sedan yang masuk ke dalam kelas premium ini baru diperkenalkan pada pertengahan tahun 2016. Mobil ini mengusung mesin yang sama dengan XC90. Kemiripan lain juga terletak pada pemakaian aksesoris.

Sementara perbedaan tentu saja terletak pada bentuk dan dimensi mengingat dua mobil ini merupakan crossover dan sedan. Di samping itu perlengkapan dasbord dan konfigurasi tempat duduk juga berbeda.

Kelebihan lain dari Volvo S90 ada pada teknologi yang dibawa. Mobil ini menjadi produk pertama Volvo dengan standar teknologi semi-autonomous driving. Selain itu terdapat tambahan fitur keamanan Run-Off Road Mitigation (RRM). Fitur ini berfungsi untuk mencegah mobil keluar dari jalur jalan dan menjamin keamanan penumpang bila hal tersebut terjadi.

Ada juga fitur Large Animal Detection yang berfungsi melacak pergerakan binatang di luar, termasuk memperingatkan pengemudi hingga mengambil langkah yang diperlukan.

Sekilas tentang Volvo

Volvo bukan merupakan pemain baru di pasar mobil mewah Tanah Air. Merek ini sempat naik daun setelah dipercaya sebagai mobil resmi para pemteri pada era Presiden Soeharto.

Hanya saja pada akhirnya kepopuleran mobil Volvo meredup. Volvo kalah bersaing dengan merek mobil mewah lainnya seperti BMW, Mercedes-Benz dan Toyota. Tidak berhenti sampai di situ saja, peminat mobil Volvo juga semakin menurun. Hal ini berdampak pada ditutupnya beberapa showroom yang ada di Tanah Air hingga tersisa satu di Jakarta.

Sekedar informasi, menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip dari laman Oto dan Beritagar, penjualan terakhir Volvo di Indonesia terjadi pada 2013. Saat ini hanya 18 unit saja yang berhasil terjual.

Lantaran pasar mobil di Tanah Air menjadi salah satu yang cukup potensial, Volvo mencoba kembali bangkit dengan menggandeng Garasindo Group sebagai importir dan distributor tunggal. Garasindo menggantikan peran Indomobil dan siap menggoda konsumen mapan di Indonesia.

“Kami dengan bangga memperkenalkan partner baru kami di Indonesia yaitu Garansindo Group dan kami sangat yakin bahwa kemitraan ini akan memberikan peningkatan pada pelayanan kami bagi customer di Indonesia serta mengembangkan bisnis kami untuk kawasan ini,” kata Lars Danielson, Senior Vice President of Volvo Car Group and CEO of Volvo Car, Region Asia Pacific.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada mitra kami sebelumnya, Indomobil, atas dukungan dan komitmen yang telah diberikan dalam mengembangkan bisnis Volvo di Indonesia,” tambahnya.

Sebagian pecinta otomotif pasti sudah cukup familiar dengan nama Garasindo. Perusahan ini didirikan pada 2001 dan menjadi distributor resmi sederet merek mobil ternama. Beberapa diantaranya adalah Alfa Romeo, Chrysler, Jeep, dan Dodge.

Pihak Garasindo optimis dapat memopulerkan nama Volvo lagi di Indonesia dalam waktu yang tidak terlalu lama. Salah satu alasannya adalah penggemar yang loyal.

“Volvo sejarahnya di Indonesia itu cukup panjang, dan penggemar loyalnya juga besar. Jadi Indonesia bisa dikatakan sebagai pasar strategis yang sangat penting,” jelas Satya Saptaputra, Chief Operating Officer Garasindo Group.

Akan tetapi Satya tidak mengungkapkan berapa besar nilai kerjasama Garasindo dengan Volvo Cars. Kendati demikian mereka akan melakukan langkah untuk memperkuat layanan penjualan dan purnajual di Tanah Air.

Nantinya Garasindo akan membangun gerai pamer dan layanan 3S (sales, service, spare-parts) yang sesuai dengan standar global Volvo Retail Experience (VRE). Rencananya dealer pertama Volvo akan didirikan di Jakarta, paling lambat kuartal kedua tahun ini.

Hadirnya kembali Volvo di Indonesia akan semakin memanaskan persaingan yang terjadi di pasar mobil mewah. Di samping itu dua mobil Volvo yang siap dihadirkan juga bisa menjadi ancaman bagi kompetitornya.

Source: bentuk mobil volvo, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply