Home Auto News Honda CRF 250 Rally Indonesia, Spesifikasi dan Harga

Honda CRF 250 Rally Indonesia, Spesifikasi dan Harga

0 345

Honda CRF 250, Para pecinta petualang di Indonesia digoda dengan produk baru dari PT Astra Honda Motor (AHM). Bersama dengan duo pembalap Repsol Honda MotoGP, Marc Marquez dan Dani Pedrosa, AHM meluncurkan Honda CRF250 Rally. Motor ini menjadi jawaban untuk pengendara yang suka berjelajah namun tetap tidak mengabaikan kebutuhan di perkotaan.

AHM mengklaim motor Honda terbaru ini memberikan pengendalian yang mudah ketika melaju di jalan perkotaan yang pada. Hal ini dikarenakan bobot CRF250 Rally yang ringan dan proporsi yang ramping. Selain itu suspensi, jarak terendah ke tanah dan ketinggian jok motor ini juga diklaim dapat memberikan rasa nyaman ketika dipakai berkendara di permukaan kasar dan trail. Dengan kelebihan tersebut Honda CRF250 Rally ini dapat menawarkan pengalaman berkendara untuk semua pengendara.

Tidak hanya itu saja, Honda merancang motor ini dengan mengadopsi styling DNA dari HRC CRF450 Rally pembalap Dakar. Penasaran lebih jauh seputar motor ini? Berikut adalah detail Honda CRF250 Rally yang dirangkum dari beberapa sumber:

Desain

Motor adventure buatan Honda ini didesain sedemikian rupa sehingga dapat diandalkan untuk berjelajah. CRF250 Rally mengusung sejumlah aksesori yang terdapat pada CRF450 Rally. Diantaranya floating screen, fairing upper / lower dan shroud samping. Tambahan part tersebut akan memberikan perlindungan yang maksimal kepada penggunanya. Sementara hand guards ditujukan untuk melindungi tangan, rem dan tuas kopling.

Lalu bagian tengah hingga sisi belakang terdapat side panels dengan gaya tajam MX dan posisi jok atau tangki yang dibuat sedemikian rupa sehingga memudahkan pengendara untuk bergerak bebas. Honda juga menyematkan under cover yang bertugas melindungi sektor mesin dari benturan. Terdapat pula tuas pemindah gigi yang dapat dilipat. Ketinggian jok motor ini mencapai 895 mm, lebih tinggi 20 mm dari CRF250L.

Melihat bagian depan, terdapat lampu utama yang didesain kompak dengan bentuk asimetris dengan LED. Motor ini juga dilengkapi lampu belakang, LED indikator dan dudukan plat nomor yang dapat dilepas. Untuk bagian panel meter digital terdiri dari speedometer, tachometer, fuel gauge dan jam.

Guna mendukung kegiatan berjelajah penggunanya, Honda CRF250 Rally dibekali dengan tangki bahan bakar berkapasitas 10,1 liter, termasuk 1,6 liter cadangan. Dengan tangki terisi penuh motor ini dapat dikendarai hingga lebih dari 320 km. Hal ini juga didukung berkat konsumsi bahan bakar yang mencapai 33,4 km/liter dengan mode WMTC. Tangki yang rata dengan engsel mampu menawarkan kenyamanan yang baik.

Sasis

Berpindah ke bagian sasis, pesaing Kawasaki Versys-X 250 ini mengandalkan frame yang dibuat dari besi baja, dengan bagian utama ganda berbentuk oval dan semi-double cradle. Wheelbase motor ini mencapai 1.455 mm sehingga sesuai untuk dipasangkan dengan caster angle/rake sebesar 28,1°. Ukuran trailnya mencapai 114 mm dan jarak terendah ke tanah 270 mm atau lebih tinggi 15 mm dari CRF250L.

CRF250 Rally memiliki bobot 155 kg. Honda melengkapi model terbarunya ini dengan 43 mm Inverted Front Fork Showa baru yang sama dengan panjang langkah 250 mm. Ringan dan kaku, di satu sisi spring dengan sisi lainnya dilengkapi dengan kontrol peredam. Daya pegas dan peredam mendapat penyesuaian sehingga sesuai dengan karakter CRF250 Rally yang ditujukan untuk perjalanan jarak jauh. Sementara wheel spindle depan berukuran 17 mm menawarkan kekuatan dan pengendalian yang optimal.

Motor berlambang sayap mengepak ini juga dibekali suspensi belakang Pro-Link yang memiliki panjang langkah 265 mm. panjang langkah tersebut 25 m lebih panjang dari milik CRF250L. Selain itu rasio juga dibuat lebih panjang sehingga kenyamanan berkendara lebih baik. Untuk peredam kejut menggunakan besutan Showa dengan pipa silinder tunggal berdiameter 40 mm.

Swingarm tapered aluminium turut dibenamkan pada motor ini. Honda mengombinasikannya dengan monoblock cast untuk menghasilkan keseimbangan kekuatan yang tepat serta mengurangi beban un-sprung. Terdapat aluminium ekstrusi untuk collar penyetel rantai roda.

Sementara sistem pengereman mengandalkan 296 mm floating wave-style disc yang dipadukan dengan kaliper dua piston. Honda CRF250 Rally ini juga membawa pilihan pengendara untuk dapat dinonaktifkan kaliper belakangnya.

Sebagai pelengkap, motor petualang ini juga memiliki rim wheel aluminium dengan warna hitam Alumite. Untuk bagian depan berukuran 21 inci dan bagian belakang 18 inci. Pelek tersebut dipadukan ban dengan pola dal purpose. Untuk sisi depan 3.00-21 51P dan belakang 120/80-18M/C 62P.

Mesin

Sektor dapur pacu CRF250 Rally mengandalkan mesin 250 cc liquid cooled single cylinder DOHC. Mesin ini difokuskan pada torsi bawah dan tenaga di rpm tinggi sekaligus mengirimkan tenaga secara linier. Tenaga yang dapat dihasilkan mesin tersebut mencapai 18,2 kW pada putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak 22,6 Nm pada 6.750 rpm.

Sama seperti motor Honda pada umumnya, CRF250 Rally juga mengusung PGM-FI yang berperan menyuplai campuran / udara melalui throttle body 38mm dan menarik udara dari airbox langsung melalui pipa penghubung. Untuk saluran gas buang mempunyai diameter 115 mm yang memiliki katalis dan memakai dua ruangan. Terdapat downpipe besar yang membantu mesin bernafas dan menghasilkan lebih banyak tenaga.

Jantung pacu motor ini juga memiliki roller kompak atau rocker arm rangkaian katup dan kepala silinder dengan bore dan stroke 76×55 mm. Offset cylinder mengurangi efek gesekan dan untuk pistonnya dilapisi bahan khusus molybdenum pada bagian permukaan. Di samping itu pompa olinya memiliki struktur pelepasan internal yang mencegah aerasi oli.

Jurnal engkol menggunakan setengah-split, bearing metal press-fit lalu bantalan engkol memakai bushing besi tuang. Dengan begitu suara mesin lebih halus dan memperkuat kekakuan case housing, serta meminimalkan perubahan diameter internal karena ekspansi termal.

Honda juga menyematkan sebuah poros penyeimbang utama untuk mengurangi getaran dan gearbox enam percepatan dan kopling yang ditugaskan untuk menunjang pengendara saat off-road. Selain itu terdapat pula 10,7 kW pelepas panas radiator yang memiliki kipas pendingin tipis guna menjaga suhu, bahkan pada kecepatan rendah.

Warna dan harga

Di Indonesia, motor terbaru Honda ini ditawarkan dalam satu pilihan warna, yaitu Extreme Red. Rencananya motor tersebut baru tersedia di pasaran mulai Februari 2017 ini. Jika tertarik, harga Honda CRF250 Rally mencapai Rp 62,9 juta on the road (OTR) DKI Jakarta.

Spesifikasi Honda CRF250 Rally

Mesin

  • Bore × Stroke: 76,0 x 55,0 mm
  • Pengabutan: PGM-FI
  • Rasio kompresi: 10,7:1
  • Kapasitas: 250 cc
  • Tipe mesin: Liquid-cooled, Single, DOHC
  • Tenaga maksimal: 24,4 dk (18,2 kW)/8.500 rpm
  • Torsi maksimal: 22,6 Nm/6.750 rpm
  • Kapasitas oli: 1,8 L
  • Starter: Elektrik

Roda

  • Suspensi depan: Telescopic Upsidedown 43 mm
  • Suspensi belakang: Pro-link
  • Ukuran ban depan: 3.00-21 51P
  • Ukuran ban belakang: 120/80-18M/C 62P
  • Dimensi dan Bobot
  • Kapasitas aki: 12V-7AH
  • Caster Angle: 28,1°
  • P x L × T: 2.210 x 900 x 1.425 mm
  • Tipe sasis: Steel Twin Tube
  • Kapasitas tangki bensin: 10,1 L
  • Jarak terendah: 270 mm
  • Bobot basah: 157 kg
  • Tinggi jok: 895 mm
  • Trail: 114 mm
  • Jarak rumbu roda: 1.455 mm

Transmisi

  • Kopling: Wet multiplate hydraulic
  • Final Drive: Chain
  • Transmisi: 6-speed

Berminat untuk memiliki Honda CRF 250 Rally ini?

Source: spesifikasi honda crf 25 0, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply