Home Auto News Suzuki Wagon R 2017 Rilis, Desain dan Fitur Menggoda!

Suzuki Wagon R 2017 Rilis, Desain dan Fitur Menggoda!

0 507

Suzuki Wagon R, Di Tanah Air, Suzuki Karimun Wagon R terjun di kelas low cost green car (LCGC). Pasar LCGC ini ditujukan untuk konsumen yang ingin memiliki mobil berharga terjangkau dan juga ramah linkgungan. Hal ini sedikit berbeda dengan Wagon R yang ada di negara asalnya, Jepang.

Di sana mobil bertubuh mungil ini diposisikan sebagai Kei Car yang memiliki keunggulan dari segi style. Tidak hanya itu, belum lama ini Suzuki Wagon R menggoda pecinta mobil berdimensi kecil dengan tampilannya yang lebih segar.

Salah satu produk andalan Suzuki ini mengandalkan platform ‘HEARTECT’ baru yang lebih ringan dan rigid. Di samping itu Wagon R generasi keenam ini juga mengusung suspensi yang menyatu sebagai bagian dari mobil. Hal ini ditujukan untuk memperbaiki performa dan menurunkan bobot mobil secara keseluruhan.

Melihat tampilannya, Suzuki Wagon R terbaru ini tampak lebih menggoda dibandingkan yang dipasarkan di Tanah Air. Hal ini juga membuktikan bahwa mobil kotak buatan Suzuki itu juga bisa tampil menarik dan stylish. Melihat dimensinya, mobil baru Suzuki itu rupanya lebih pendek dari Karimun Wagon R Indonesai. Panjangnya mencapai 3.395 mm, sementara lebar tetap 1.475 mm dan tinggi dibuat lebih pendek, yakni 1.650 mm.

Di Jepang, Suzuki Wagon R generasi terbaru memiliki 3 varian, tidak termasuk Stingray. Tipe FA menjadi varian paling standar. Lalu berikutnya adalah Hybrid FX yang diposisikan di atas FA. Varian ini memiliki desain eksterior yang hampir mirip dengan FA. Bedanya ada tambahan ISG (Integrated Starter Generator) dan baterai Lithium Ion untuk memberikan fungsi mild hybrid seperti pada MPV Ertiga Diesel.

Varian terakhir yang juga menjadi varian tertinggi adalah Wagon R Hybrid FZ. Model ini tampil dengan wajah yang memikat karena mengusung desain dual headlights bertingkat. Jika diperhatikan, tampilannya tampak seperti Toyota Vellfire. Hanya saja dalam ukuran yang lebih kecil tentunya.

Selain tampilan, Suzuki Wagon R untuk pasar Jepang memiliki perbedaan lain bila sidandingkan dengan versi India dan Indonesia. Perbedaan terletak pada dapur pacunya. Jika Karimun Wagon R mengandalkan mesin 1.000 cc, WagonR versi Jepang mengusung mesin dengan kode R05A yang mempunyai kapasitas sebesar 0,6 liter atau 600 cc dengan konfigurasi 3 silinder segaris.

Mesin ini dapat menyajikan tenaga sebesar 51 dk dengan torsi puncak 60 Nm. Lalu untuk varian yang disisipkan nama ‘Hybrid’ mengusung teknologi mild hybrid dengan mengandalkan motor listrik WA05A. Tenaga yang dapat dihasilkan mencapai 3 dk dengan torsi instan 100 Nm. Tidak hanya itu, untuk varian flagship diperkuat dengan mesin R06A turbo yang dapat meledakkan daya hingga 63 dk dan torsi maksimum 98 Nm.

Akan tetapi jangan terlalu berharap mesin tersebut juga ikut dipasarkan di Tanah Air bila nanti Karimun Wagon R mendapat pembaruan. Yang cukup menarik dan bisa ditawarkan untuk Wagon R Indonesia adalah fitur dari mobil tersebut.

Suzuki menawarkan sejumlah fitur yang siap menemani perjalanan penggunanya. Beberapa diantaranya adalah smart key untuk passive keyless entry dan tombol start/stop engine, heated seats, lampu depan LED, spion lipat elektrik, automatic climate control, hingga head unit layar sentuh dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

Lantas berapa harga Suzuki Wagon R ini?

Di tanah kelahirannya, mobil mungil ini dijual mulai Rp 127 jutaan untuk varian FA 2WD C VT. Lalu untuk varian tertinggi Hybrid FZ 4WD CVT dipatok Rp 180 jutaan.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply