Home Auto News Kencang dengan Yamaha M1, Apa Rahasia Vinales?

Kencang dengan Yamaha M1, Apa Rahasia Vinales?

0 310

Yamaha M1, Maverick Vinales sudah resmi menjadi pembalap Yamaha. Sejak kabar pindahnya pembalap muda itu dari tim Suzuki ke Yamaha, banyak yang bertanya bagaimana performanya saat menunggangi Yamaha YZR-M1. Seperti yang diketahui bersama, walaupun merupakan pembalap muda Vinales memiliki performa yang tak bisa dipandang sebelah mata.

Dan rasa penasaran para pecinta balap MotoGP pun akhirnya terjawab saat tes pramusim MotoGP. Pembalap asal Spanyol itu berhasil tampil dominan. Bahkan ia sempat mengalahkan Valentino Rossi, Marc Marquez dan pembalap MotoGP lainnya. Lantas apa yang menjadi rahasia di balik kesuksesan Vinales itu?

Rupanya salah satu trik yang membuat Vinales kencang bersama Yamaha M1 adalah perubahan gaya berkendara yang ia lakukan. Vinales mengungkapkan bahwa dirinya bisa lebih cepat lagi ketika menunggangi motor balap Yamaha itu.

“Saya bisa merasakan bahwa masih banyak yang dapat dilakukan, termasuk dalam gaya berkendara, saya masih dapat mengambil lebih banyak keuntungan dari motor kami,” ujarnya.

Untuk diketahui, Vinales sebelumnya sempat mengumumkan bahwa ia memiliki keinginan untuk mengubah gaya berkendara. Pada awal Januari lalu Vinales mengungkapkan bahwa ia merupakan pembalap  yang suka bereksplorasi dan beradaptasi dengan berbagai gaya berkendara.

“Kebanyakan pengendara ingin melakukan banyak hal dengan caranya sendiri, tetapi jika ada yang lebih baik, maka kita harus beradaptasi. Saya selalu berpikir kami perlu mengumpulkan pengalaman dan ‘mengeksploitasi’ mereka,” jelasnya saat itu.

Dalam balap motor bergengsi tersebut, mengubah gaya balap bukanlah sebuah hal yang melanggar aturan. Bahkan langkah tersebut juga dipakai oleh beberapa pembalap. Salah satunya adalah rekan satu tim Vinales, Valentino Rossi.

“Sejak saya kembali ke Yamaha, saya telah mengubah banyak gaya balap saya. Karena ada banyak perubahan yang terjadi misalnya motor, ban, dan perangkat elektronik,” ungkap Rossi.

Selain Rossi, juara Moto2 yang menjadi pembalap baru MotoGP dari tim Yamaha Tech 3, Jonas juga melakukan hal tersebut. Bahkan ia mengakui bahwa dirinya mengikuti gaya balap Jorge Lorenzo saat pertama kali mencoba motor.

Mengubah gaya berkendara rupanya memberikan dampak positif pada Vinales. Ia berhasil mencatat waktu tercepat dalam sesi tes resmi sejak pertama kali terjun ke lintasan bersama Yamaha dan tes pramusim MotoGP di Sepang, Malaysia minggu kemarin.

Apa yang diraih Vinales juga mendapat pujian dari Marc Marquez. Ia mengatakan bahwa Vinales bahkan lebih cepat dari Rossi.

Baca juga: Tes MotoGP Sepang, Mulai Helm Sampai Winglet Rahasia

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply