Home Mobil 5 Cara Merawat Radiator Mobil

5 Cara Merawat Radiator Mobil

0 154

Cara Merawat Radiator Mobil, Mobil merupakan salah satu jenis kendaraan yang banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia. Alasan mengapa banyak orang memilih mobil sebagai kendaraannya bervariasi, mulai dari kenyamanan, privasi hingga kemudahan untuk membawa banyak penumpang atau barang sekaligus.

Terlepas dari keuntungan tersebut, mobil juga memerlukan perawatan. Sudah diketahui bersama bahwa kendaraan roda empat ini mempunyai banyak komponen yang perlu diperiksa atau dirawat secara berkala. Contohnya adalah radiator mobil. Radiator adalah sebuah komponen utama sistem pendinginan mesin pada mobil yang menggunakan ‘air’ sebagai mediasi.

Dari definisi tersebut, sudah tergambar apa fungsi dari komponen ini. Pada sebuah kendaraan, radiator bertugas untuk memberikan pendinginan saat mesin bekerja. Oleh karena itu radiator biasanya diletakkan di bagian depan dan berada di dekat mesin. Dengan adanya radiator, suhu mesin akan terjaga dan terhindar dari panas berlebih yang dapat menimbulkan kerusakan.

Karena peran yang penting itulah pemilik mobil hendaknya tidak mengabaikan kondisi radiator kendaraannya. Walaupun terdengar sepele, tidak sedikit yang belum paham betul mengenai radiator ini. Oleh karena itu pada kesempatan ini akan kami jabarkan seputar perawatan radiator mobil, yang dilansir dari Otomotifnet:

Volume kurang tidak selalu karena bocor

Saat tekanan atau temperatur mesin sedang tinggi, di dalam radiator akan timbul tekanan tinggi. Hal tersebut akan menekan per pada tutup radiator, sehingga kelebihan tekanan tersebut akan disalurkan ke reservoir. Oleh karenanya di dalam sistem radiator akan timbul vakum.

“Sebaliknya jika tekanan atau temperatur mesin turun, vakum tersebut akan menghisap air radiator kembali lagi. Jadi jangan panik saat volume air radiator berkurang ketika mesin berkerja. Batas aman volume air radiator adalah berada di tengah-tengah indikator Full dan Low,” kata Coordinator Technical Area Auto2000 Permata Hijau, Dhaniar Nursetyo Harmono.

Jangan gunakan air keran

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, di dalam radiator terdapat air yang berfungsi sebagai pendingin. Di samping itu, air tersebut juga berfungsi sebagai pencegah terjadinya karat pada saluran air radiator. Oleh sebab itu jangan gunakan air keran atau air mineral untuk radiator sebab berisiko tinggi. Pasalnya kandungan zat besi yang tinggi dapat memicu terjadinya korosi.

Tentunya hal tersebut akan memperpendek umur radiator mobil Anda. Agar tidak terjadi hal seperti itu, Dhaniar menyarankan untuk menggunakan cairan khusus, yaitu radiator coolant.

Kuras air radiator

Dalam waktu tertentu air radiator perlu dikuras. Mengenai berapa lama air radiator perlu dikuras, hal tersebut bisa berbeda-beda. Anda bisa melihatnya pada buku manual kendaraan.

Baca juga: Trik Membersihkan Radiator Mobil

Dhaniar mengambil contoh Toyota Avanza dan Kijang Innova. “Tiap 160 ribu km pertama perlu kuras air radiator. Interval kedua adalah di 80 ribu km,” ujarnya.

Memilih radiator coolant

Di pasaran terdapat banyak produk radiator coolant. Akan tetapi alangkah baiknya bila memilih radiator coolant yang direkomendasikan oleh pabrikan. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Saat temperatur panas, air radiator akan bekerja dan terjadi reaksi kimia. Apabila air radiator tidak sesuai, hal tersebut akan menyebabkan munculnya endapan-endapan. Endapan tersebut bisa menyebabkan penyumbatan sel-sel radiator, keropos dan getas.

“Misalnya saat ini dianjurkan pakai radiator coolant berjenis SLLC (Super Long Life Coolant), yang di dalamnya terkandung ethylene glycol untuk mencegah karat dan mengoptimalkan pendinginan,” terang Dhaniar.

Tutup radiator

Jangan meremehkan salah satu bagian dari radiator ini. Bila selesai menambahkan air radiator, pastikan tangki penampung radiator tertutup rapat. Dengan begitu radiator coolant tidak keluar ketika temperatur mesin sudah panas. Di samping itu lakukan pengecekan sistem kerja radiator yang meliputi bagian tutup, reservoir, selang dan lain-lain.

Demikian adalah 5 cara merawat radiator mobil. Semoga bermanfaat untuk Anda dan kendaraan kesayangan Anda.

Source: batas aman temperatur radiator, cara merawat radiator mobil, cara merawat radiotor mobil, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply