Home Auto News 15 Perbedaan Mobil Suzuki Ertiga Diesel dan Bensin

15 Perbedaan Mobil Suzuki Ertiga Diesel dan Bensin

0 391

Mobil Suzuki Ertiga, Suzuki Ertiga Diesel Hybrid resmi dirilis oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Mobil ini siap memperkeruh persaingan pasar MPV yang seakan tidak pernah reda. Mengusung tambahan gelar ‘Diesel Hybrid’, mobil baru Suzuki ini memiliki sederet perbedaan yang tak begitu tampak bila hanya melihat sekilas dari sisi luar.

Mobil ini mengusung sistem mild hybrid yang menjadi modal utama untuk memikat calon konsumen. Yang menjadi pertanyaan, apa saja yang membedakan Ertiga Diesel Hybrid ini dengan varian mesin bensin? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut adalah beberapa perbedaan Suzuki Ertiga Diesel dengan bensin, dirangkum dari laman Otomania:

  1. Warna eksterior

Di sisi eksterior, Suzuki Ertiga Hybrid ditawarkan dalam tiga varian warna. Antara lain Superior White, Silky Silver Metallic dan Granite Grey Metallic. Untuk warna terakhir berbeda dengan pilihan warna Graphite Grey Metallic untuk varian bensin. Warna Granite Grey Metallic dibuat lebih gelap dan elegan.

  1. Emblem

Pada Ertiga Diesel, di bagian pintu belakang terdapat tambahan emblem ‘Hybrid’ dan ‘ZDi’. Hybrid artinya mobil tersebut mengandalkan teknologi Smart Hybrid by Suzuki (SHVS). Sementara ‘ZDi’ kemungkinan nama varian bawaan dari India. Di samping itu di bodi kanan dan kiri mobil ini juga terdapat tambahan logo DDiS (Diesel Direct Injection System).

  1. Headlamp leveling

Lampu depan MPV ini dapat diatur ketinggiannya secara manual sehingga dapat disesuaikan dengan keperluan pengemudi. Anda bisa menemukan tombol putar pengaturan di bagian kanan bawah dashboard. Fitur tersebut akan membantu pengemudi saat berkendara di malam hari.

  1. Rear defogger

Di bagian kaca belakang Suzuki Ertiga Diesel Hybrid terdapat fitur defogger. Fungsinya adalah mengurangi embun di kaca belakang sehingga pandangan pengemudi tidak terganggu.

  1. 4 titik sensor parkir

Fitur ini hadir untuk memudahkan pengemudi saat parkir mundur. Dengan demikian pengemudi bisa memarkir kendaraan lebih presisi.

  1. Power window auto down

Fitur ini dapat memudahkan tangan pengemudi agar tetap konsentrasi pada setir kemudi saat membuka kaca. Akan sangat bermanfaat bila hendak membayar parkir atau tol.

  1. Tweeter audio

Fitur lain yang ada pada mobil keluarga ini adalah tweeter yang terdapat di dasbor. Dengan speaker tambahan ini, sistem audio akan bekerja lebih maksimal dalam memanjakan telinga pengguna.

  1. AC dengan pemanas

Interior Ertiga Diesel Hybrid tidak hanya dilengkapi dengan sistem pendinginan saja, namun juga terdapat penghangat kabin. Pengatur iklim ini akan membuat kenyamanan kabin menjadi bisa diatur lebih dinamis.

  1. Gear Shift Indicator

Fungsi dari fitur ini adalah memberikan rekomendasi perpindahan gigi terbaik saat mobil dikendarai.

  1. Day Night Mirror

Spion tengah mobil ini memiliki keunikan tersendiri. Kaca spion ini tidak akan menyilaukan mata ketika memantulkan sinar dari lampu besar kendaraan lain di belakang mobil.

  1. SHVS

Teknologi ini membuat Ertiga Diesel berubah menjadi mobil mild hybrid. Cara kerja SHVS ini juga membutuhkan mesin diesel D13A, baterai  kapasitas 12V 70 Ah, dan Integrated Starter Generator (ISG). Suzuki memperkenalkan teknologi ini pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015.

  1. Mesin diesel

Mobil Suzuki terbaru ini mengandalkan dapur pacu diesel D13A, DDiS, DOHC, 4 silinder segaris dengan kapasitas sebesar 1.248 cc. Mesin ini sudah dilengkapi dengan peranti turbocharger dan dapat menghasilkan tenaga sebesar 89 PS pada putaran 4.000 rpm dengan torsi maksimum 200 Nm pada 1.750 rpm.

  1. Aki spesifikasi khusus

Ertiga Diesel Hybrid Indonesia rupanya berbeda dengan yang dijual di India. Untuk versi Indonesai tidak disertai baterai Lithium-Ion. Sebagai gantinya, aki yang dibenamkan pada mobil ini diperbesar. MPV ini mengusung aki berukuran 12A 70 Ah. Lebih besar dibanding varian mesin bensin yang mengusung aki 12A 35 Ah.

  1. Lebih berat

Karena mengusung sejumlah fitur baru, bobot Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ini rupanya lebih berat. Disebutkan bahwa bobotnya 80 kg lebih berat dibandingkan Ertiga GX bermesin bensin.

  1. Lebih efisien

Mesin yang dibawa mobil keluarga ini diklaim lebih hemat bahan bakar. Konsumsi bahan bakarnya dikatakan menembus angka 22,6 km/liter.

Baca juga: Detail Mesin Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Sebagai tambahan, Suzuki Ertiga Diesel Hybrid yang dipasarkan SIS ini didatangkan utuh dari India. Anda bisa membelinya di dealer resmi Suzuki dengan banderol harga Rp 219,5 juta on the road (OTR) Jabodetabek.

Itulah 15 perbedaan mobil Suzuki Ertiga Diesel Hybrid dengan varian bensin. Apakah Anda tertarik untuk membeli Ertiga Diesel ini dan merasakan sensasi berkendara dengan mobil mild hybrid dari Suzuki?

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply