Home Auto News Suzuki Wagon R Terbaru, Ini Kata Suzuki Indonesia

Suzuki Wagon R Terbaru, Ini Kata Suzuki Indonesia

0 76

Suzuki Wagon R, Suzuki Indonesia diketahui sedang gencar menyiapkan produk baru. Bahkan pihak Suzuki sendiri sempat mengatakan bahwa tahun 2017 ini akan membawa banyak mobil di Tanah Air. Aktifnya Suzuki dalam menghadirkan model baru rupanya juga terjadi di negara asalnya, Jepang.

Pada awal Februari kemarin Suzuki resmi menghadirkan WagonR dan WagonR Stingray. Dua mobil ini mengisi segmen kei car dengan tampilan yang lebih segar dan menarik. Bahkan tampilannya terlihat lebih menarik bila dibandingkan dengan Karimun Wagon R yang dipasarkan di Indonesia. Atas hal tersebut adakah rencana PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk ikut meluncurkan mobil baru tersebut?

Dikutip dari DetikOto, Setiawan Surya, 4W Deputy Managing Director PT SIS menyatakan bahwa pihaknya saat ini belum mempunyai rencana untuk menghadirkan mobil tersebut. Kendati begitu Setiawan mengakui bahwa Wagon R yang dipasarkan di Jepang memiliki desain yang menarik.

“Modelnya sih oke, lebih gagah. Cuma kita belum cek,” ungkapnya.

Sebelum menghadirkan mobil baru Suzuki tersebut, kata Setiawan, SIS harus mengkaji terlebih dahulu. Jangan sampai produk baru yang dihadirkan nantinya justru tumpang tindih.

“Nanti ke depannya juga ada produk-produk lain. Kita amanin juga jangan sampai tumpang tindih. Saya belum dalami, coba nanti kita diskusiin lah,” jelasnya.

Ada sederet pertimbangan yang perlu dipelajari sebelum menghadirkan WagonR terbaru di Indonesia. Salah satu diantaranya adalah volume penjualannya. “Kalau dibawa ke sini kalau volume enggak besar, jadi mahal di import duty. Intinya di Indonesia bagaimana kita menyiapkan mobil dengan harga terjangkau, mobilnya bagus,” tutur Setiawan.

Jika melihat detail WagonR dan WagonR Stingray untuk pasar Jepang, mobil ini memang memiliki tawaran  yang cukup menggoda. Salah satunya adalah konsumsi bahan bakar yang diklaim terbaik di kelas mini wagon di Jepang. Mobil bertubuh mungil buatan Suzuki ini mencatat konsumsi BBM 33,4 km/liter.

Di Negeri Bunga Sakura, Suzuki Wagon R terbaru tersedia dalam tiga varian, yaitu FA, Hybrid FX dan Hybrid FZ. Khusus untuk varian dengan tambahan nama hybrid sudah dilengkapi dengan sistem mild hybrid khas Suzuki. Sistem ini memungkinkan kendaraan berjalan dengan motor listrik di start awal. Sistem hybrid ini juga dilengkapi dengan platform Heartect yang membuat mobil menjadi lebih hemat bahan bakar.

Daya tarik mobil ini tidak hanya itu saja. Mobil ini didesain sehingga lebih lega dan meningkatkan aspek kemudahan ketika dipakai berkendara. Di samping itu ada beberapa fitur yang siap menemani perjalanan pengguna. Suzuki membenamkan fitur Dual Sensor Brake Support (DSBS) yang berfungsi mencegah tabrakan. Fitur ini mengandalkan kamera monokuler dan sensor laser untuk mendeteksi pejalan kaki dan kendaraan di depan.

Di samping itu mobil ini juga memiliki lampu depan yang dapat menyoroti jalan secara otomatis. Dengan demikian lampu dapat berganti dari lampu jauh ke lampu dekat dan sebaliknya tergantung dari kendaraan yang ada di depannya.

Baca juga: Fitur dan Desain Suzuki Wagon R 2017

Menariknya Suzuki Wagon R terbaru ini juga memiliki fitur head-up display yang menjadi pertama kalinya di mini car. Layar ini berada di dashboard di depan kursi pengemudi. Fungsinya untuk menampilkan kecepatan, alarm DSBS dan lain sebagainya.

Untuk sektor pacu, Suzuki Wagon R versi Jepang mengandalkan mesin 3 silinder dengan kapasitas sebesar 600 cc. Mesin berkode R05A ini dapat mengeluarkan tenaga 51 dk dan torsi 60 Nm. Sementara varian Hybrid juga dilengkapi motor listrik WA05A yang memiliki tenaga 3 dk dengan torsi 100 Nm.

Lalu varian tertinggi dilengkapi dengan mesin R06A turbo yang dapat mengeluarkan tenaga sebesar 63 dk dengan torsi 98 Nm. Pilihan mesin ini tentu berbeda dengan Suzuki Wagon R  yang dijual di Tanah Air. Karimun Wagon R di Indonesia mengusung mesin berkapasitas 1.00 cc.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply