Home Auto News Mengenal Mobil Proton Iriz yang Siap Rilis di Indonesia

Mengenal Mobil Proton Iriz yang Siap Rilis di Indonesia

0 63

Mobil Proton, Setelah cukup lama luput dari pemberitaan, Proton akhirnya mulai bangkit kembali di tahun ini. Rencananya Proton akan menghadirkan mobil baru untuk pasar Indonesia. Mobil tersebut adalah Proton Iriz, model city car yang disiapkan untuk berhadapan dengan mobil hatchback seperti Daihatsu Sirion, Honda Jazz dan Toyota Yaris.

Tentu ada sejumlah keunggulan yang ditawarkan mobil baru asal Negeri Jiran ini. Menurut keterangan Iriz mempunyai fitur keselamatan yang cukup canggih. Bahkan hasil tes tabrak yang dilakukan pada mobil ini juga memuaskan. Mobil Proton ini mendapat 5 bintang.

“Bisa bersaing dengan Sirion, Jazz, dan Yaris. Walaupun city car tapi safety featurenya aman sudah punya 5 star ASEAN NCAP,” kata Shahidin Sahamid, Regional Head ASEAN International Sales Division Proton Holding Bhd, dikutip dari DetikOto.

Awalnya Iriz dikabarkan akan mulai dipasarkan pada 2015 karena sudah didaftarkan terlebih dahulu di Kementerian Perindustrian. Akan tetapi mobil ini baru dapat dirilis pada tahun ini.

Di negara asalnya, city car Proton ini sudah dijual sejak 2014. Ada dua tipe yang ditawarkan, yaitu mesin 1.600 cc dan 1.300 cc. Mobil ini dijual dengan harga mulai RM 45.000 atau setara Rp 135 jutaan sampai RM 60.000 atau Rp 180 jutaan.

Bila resmi dipasarkan di Indonesia, Shahidin berharap mobil terbarunya itu bisa dibanderol di bawah Rp 200 juta. Rencananya mobil ini akan dirilis pada 18 Februari mendatang dan diikuti dengan pengumuman harga jualnya.

Menyasar konsumen muda

Kehadiran mobil Proton terbaru ini nantinya akan menjadi sarana Proton untuk menjangkau konsumen berusia aktif di antara 25-39 tahun. “Targetnya mereka yang muda 25-39 tahun, belum menikah atau punya keluarga kecil, sekarang pakai mobil orang tua atau LCGC tapi ini city car, profesional,” terang Shahidin.

Ia melanjutkan, Iriz memiliki tampilan yang stylish dan trendy. Selain itu mobil ini juga memiliki warna yang menarik dan diklaim menawarkan sensasi berkendara yang lain. Mobil ini juga ditujukan untuk menggoda masyarakat Indonesia yang sudah memiliki LCGC namun ingin memiliki mobil dengan tingkat keamanan yang lebih baik.

menggunakan mobil LCGC namun dengan tingkat keamanan yang sangat baik.

“Secondary target mereka dari LCGC yang mau lebih ada, fitur dan safety lebih bagus jadi mau upgrade ke city car yang berusia 30-50 tahun punya 1-2 anak, ibu-ibu atau bapak-bapak mereka yang mengutamakan keselamatan keluarga,” tutur Shahidin.

Pilihan mesin

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mobil perkotaan ini memiliki dua pilihan mesin, yaitu 1.300 cc dan 1.600 cc. Akan tetapi untuk pasar Indonesia nantinya hanya akan tersedia dalam pilihan mesin 1.300 cc saja.

Mengenai hal tersebut, Shahidin mengatakan pemilihan mesin Iriz itu menyangkut sistem pajak yang berlaku di Indonesia. Oleh karenanya sebagai langkah awal pihak Proton menghadirkan varian mesin kecil lebih dulu dan melihat bagaimana respons masyarakat terhadap model ini. Apabila nantinya Iriz diterima baik oleh masyarakat, tidak menutup kemungkinan mesin 1.600 cc ikut dipasarkan.

Selain beda dalam kapasitas mesin, dua versi city car Proton Iriz ini juga memiliki perbedaan lain. Yakni pada body kit, fitur dan sistem penunjang keselamatannya. “Bedanya juga bukan hanya di body kit tapi juga mesinnya, fiturnya start stop button, fog lamp, fiturnya lebih banyak lagi dan punya 6 airbag,” kata Shahidin

“Mungkin di Indonesia 6 airbag bukan masalah utama, kalau konsumen Malaysia akan selalu tanya mobil ini ada berapa airbag, 2, 4, atau 6 tapi kalau mereka mau keamanan yang tinggi kami punya yang 6 airbag,” tambahnya.

Untuk informasi, mesin 4P-E 1.3 VVT yang dibenamkan pada mobil ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 94 hp dengan torsi 120 Nm. Mesin ini ditemani dengan pilihan transmisi manual dan otomatis. Selain itu dapur pacu ini sudah memenuhi standar Euro 3 dan disarankan untuk menggunakan bahan bakar bensin dengan RON 95.

Fitur keselamatan

Proton Iriz siap menggoda konsumen mobil di Tanah Air dengan fitur penunjang keselamatan yang memadai. Menariknya ada banyak fitur keselamatan pada mobil ini. Bahkan beberapa diantaranya merupakan fitur yang lazim ditemui pada mobil premium.

Fitur yang tersedia pada city car ini adalah airbag dan anti-lock braking system (ABS), lalu fitur keselamatan aktif lainnya adalah Electronic Stability Control (ESC). Dengan fitur ini, mobil Proton tersebut tetap stabil saat dipakai menikung. Termasuk ketika mobil tergelincir yang disebabkan oleh pergerakan kemudi secara tiba-tiba atau kondisi permukaan jalan.

“Jadi ESC ini bisa membantu pengemudi untuk bisa menguasai kendaraan, terutama dalam situasi tersebut,” jelas Shahrul Nizam Bin Abdullah, Section Manager Product Development, Product Strategy Division Proton, dikutip dari KompasOtomotif.

Di samping itu Proton Iriz juga dilengkapi dengan Traction Control System (TCS). Tugasnya adalah mencegah roda mobil kehilangan traksi atau mengurangi slip pada ban. Berikutnya ada Electronic Brake Distribution (EBD) yang berfungsi memastikan rem bekerja efektif sehingga memperpendek jarak pengereman.

Masih ada fitur menarik lainnya, seperti Brake Assist (BA) yang mendukung pengemudi mencapai kemungkinan jarak terpendek untuk berhenti. Fitur ini akan bermanfaat saat rem mendadak. Lalu mobil Proton terbaru ini juga mempunyai Hill Hold Assist (HHA) yang dapat mencegah kendaraan mundur atau turun ketika melintasi jalan terjal.

Iriz juga membawa fitur Isofix, sensor parkir mundur, whiplash protection headrest (untuk mencegah salah urat pada leher), serta Impact Sensing Door Unlock (memungkinkan kunci pintu mobil terbuka secara otomatis, ketika mobil mengalami tabrakan).

Sudah bisa dipesan

Proton Iriz memang belum resmi dirilis di Indonesia. Akan tetapi masyarakat yang tertarik untuk membeli mobil baru Proton ini sudah bisa melakukan pemesanan. Calon konsumen hanya perlu mendatangi diler dan menyetor uang tanda jadi Rp 2-5 juta untuk booking fee. Di samping itu calon pembeli yang penasaran juga bisa melihat Proton Iriz di diler Proton dan mempelajari lebih lanjut seputar spesifikasi mobil ini.

“Sudah kami display produknya, konsumen bisa lihat produknya. Namun, jika konsumen ingin test drive masih belum bisa, sebelum peluncuran resmi,” kata Andrea Dharmawan, Director Proton Edar Jabodetabek.

Mengenai persediaannya, Andrea mengatakan untuk wilayah Jabodetabek stok persediaan cukup untuk memenuhi konsumen selama tiga bulan. Hanya saja ia tidak bersedia menginformasikan berapa target penjualan mobil Proton ini setiap bulannya.

“Diler kami ada di Proton Pondok Indah, Tanjung Duren, dan Depok. Jadi maksudnya stok yang sudah kami ambil, sudah cukup untuk memenuhi target selama tiga bulan, lagipula waktu impor dari Malaysia, tidak sampai satu bulan beres, membuat stoknya aman,” terangnya.

Mobil ini sudah dipasarkan di Negeri Jiran sejak tahun 2014. Akan tetapi baru dipasarkan di Indonesia mulai tahun 2017 ini. Mengenai terlambatnya penjualan model tersebut, pihak proton memiliki alasannya. Dikatakan bahwa masa 2 tahun tersebut Proton berkonsentrasi pada produk perdana.

“Memang jaraknya 2 tahun ya, tapi selepas kami luncurkan Iriz di Malaysia kemudian pihak Proton terpaksa berkonsentrasi dengan Proton Perdana yang baru,” ungkap Shahidin.

“Selepas perdana concentrate ke Persona dan Saga, setelah Saga diluncurkan kami memiliki sumber daya untuk berkonsentrasi ke negara lain,” tambahnya.

Meskipun sudah berusia 2 tahun, Proton Iriz tetap mengandalkan spesifikasi yang sama dengan yang dirilis pertama kali. Namun hal tersebut dirasa wajar karena tawaran mesin dan fitur mobil Proton Iriz ini masih terbilang mumpuni. Tertarik untuk membeli city car asal Malaysia ini?

Source: hp terbaru rilis di indonesia, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply