Home Auto News First Impression Mobil Proton Iriz, Ini Plus-Minusnya

First Impression Mobil Proton Iriz, Ini Plus-Minusnya

0 255

Mobil Proton, Pasar mobil Indonesia dalam waktu dekat akan kedatangan produk baru dari Negeri Jiran, Malaysia. Mobil tersebut tidak lain adalah Proton Iriz. Rencananya Proton Edar Indonesia (PEI) akan meluncurkan mobil baru ini pada 18 Februari 2017 mendatang di kawasan FX Sudirman, Jakarta.

Supaya rasa penasaran sedikit terobati, PEI mengajak media untuk mencoba city car ini. Acara tersebut dilakukan di kawasan Sentul City, Bogor, Jawa Barat. Lantas seperti apa kesan pertama menggunakan mobil ini? Berikut adalah ulasan selengkapnya, yang kami lansir dari beberapa sumber:

Eksterior

Berbicara soal dimensi, mobil ini terbilang mungil. Hal ini terlihat saat pertama kali melihatnya. Wajar, sebab Proton menghadirkan mobil ini untuk membidik konsumen low cost green car (LCGC).

Walaupun begitu, mobil ini dilengkapi dengan fitur yang membuatnya setingkat lebih tinggi dari mobil LCGC. Berdasarkan kelengkapan fitur tersebut Proton Iriz bisa disandingkan dengan city car seperti Daihatsu Sirion, Kia Picanto, Mitsubishi Mirage, Nissan March dan Toyota Etios Valco.

Melihat tampilan depannya, Proton tampak piawai mengaplikasikan desain yag menarik. Terdapat grill dengan aksen krom yang dirancang memanjang dan menyatu dengan lampu utama. Di samping itu terdapat lampu utama dengan desain sedikit tipis.

Hanya saja mobil mungil ini belum dilengkapi dengan fitur lampu kabut atau fog lamp. Demikian menurut laporan Liputan6. Padahal jika melihat di Malaysia mobil ini dilengkapi dengan fitur tersebut. Fog lamp akan sangat bermanfaat bila hujan tiba maupun saat sedang melalui jalan berkabut.

Beralih ke bagian belakang, tampaknya hal inilah yang menjadi kekurangan dari Proton Iriz. Kaca belakang model ini belum dilengkapi dengan wiper. Sebenarnya wiper pada kaca belakang cukup penting karena dapat menghilangkan kotoran dan air. Dengan demikian pandangan pengemudi ke arah belakang bisa terlihat jelas tanpa gangguan berarti.

Untuk segi desain dirasa kurang menarik karena belum dilengkapi dengan spoiler. Sehingga tampilan buritan terlihat kurang memikat. Sektor kaki-kaki juga menjadi catatan untuk mobil ini. Proton hanya membekali mobil ini dengan pelek berdiameter 14 inci.

Interior

Sisi dalam mobil Proton ini cukup menarik. Aura elegan terasa begitu masuk ke dalam kabin. Interior bernuansa hitam dan berpadu serasi dengan dashboard yang didesain padat. Menurut beberapa rekan media, walapun berstatus sebagai city car, kabin Proton Iriz dinilai lega. Di samping itu jok terasa empuk sehingga menjadi poin plus dari mobil ini.

Kursi pengemudi didesain body shape dan busa empuk yang akan membuat pengemudi merasa nyaman. Tidak hanya itu, sandaran kepala dibuat terpisah dari jok dan dapat diatur ketinggiannya sesuai keinginan pengemudi.

Menariknya kursi baris depan dapat digeser maju dan mundur. Di samping itu pengguna juga dapat mengatur ketinggian dan sudut kemiringan sandaran punggung (reclining). Adanya pengaturan seperti ini akan memberikan kemudahan untuk pengguna dengan postur tinggi.

Iriz menawarkan desain ala Eropa yang terlihat kental. Yang cukup jelas terlihat adalah posisi tuas pengaturan wiper yang diletakkan di sebelah kanan, sementara lampu utama diletakkan di sebelah kiri. Proton juga menyediakan central lock di bagian tengah, tepat di bawah head unit. Selain itu juga ada pengaturan kaca spion yang berada di doortrim.

Meski begitu sistem penunjang hiburan Iriz belum lengkap karena tidak terdapat LCD layar sentuh. Akan tetapi hal ini tidak terlalu bermasalah karena hanya menyangkut tren dan kemudahan dalam pengoperasian. Kekurangan lainnya adalah belum adanya audio control steering.

Performa dan Fitur

Proton Iriz untuk pasar Indonesia dipersenjatai dengan mesin 1.3 liter. Mesin ini disandingkan dengan dua pilihan transmisi, yaitu manual dan CVT. Sebagai informasi, di negara asalnya mobil ini tersedia dalam dua pilihan mesin, yaitu 1.3 liter dan 1.6 liter. Mesin 1.3 liter Iriz dapat mengeluarkan daya sebesar 93 hp pada 5.750 rpm dengan torsi 120 Nm pada 4.000 rpm.

Secara keselruhan performa mesin ini cukup nyaman. Handling ringan dan gesit saat digunakan untuk bermanuver. Akan tetapi saat melintasi jalan menanjak mesin terasa berat. Padahal pedal gas sudah diinjak penuh dan suara mesin terdengar cukup keras.

Mobil yang diklaim mengusung teknologi merek mobil sport asal Inggris, Lotus ini mempunyai handling yang cukup baik. City Car andalan Proton ini dapat dikemudikan dengan mudah dan lincah. Dengan begitu mobil dapat dengan mudah diajak bermanuver, terutama saat menghindari objek secara mendadak.

Iriz juga bisa diandalkan untuk mendahului kendaraan lain dengan kecepatan 70-80 km/jam. Belum lagi didukung suspensi yang tidak terlalu keras dan empuk. Alhasil kenyamanan selama perjalanan menjadi terjaga.

Fitur yang ditawarkan Proton Iriz juga menjadi daya tarik tersendiri. Pasalnya ada sederet fitur penunjang keselamatan dan keamanan yang siap menemani ke mana pun penggunanya pergi. Beberapa diantaranya adalah rem ABS (Anti Lock Breaking System), EBD (Electronic Braking Distribution), BA (Break Assist), ESC (Electronic Stability Control), TC (Traction Control), dual airbags, Hill Hold Assist, immobilizer dan impact sensing door unlock.

Bila resmi dipasarkan di Indonesia, mobil terbaru 2017 ini bisa menjadi ancaman bagi kompetitor sekelasnya. Karena performa, fitur dan spesifikasinya tidak kalah dengan city car lain asal Jepang maupun Korea. Tidak hanya menawarkan kelebihan dari sisi spesifikasi, mobil ini juga memiliki tawaran harga yang cukup menarik.

Baca juga: Mengenal Mobil Proton Iriz yang Siap Rilis

Shahidin Sahamid, Regional Head ASEAN International Sales Division Proton Holding Bhd, mengatakan bahwa harga Proton Iriz Indonesia akan diusahakan berada di bawah Rp 200 juta. Bila calon konsumen tertarik, mobil ini sudah bisa dipesan. Booking fee yang harus disiapkan untuk memesan mobil Proton Iriz ini mencapai Rp 2-5 juta.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply