Home Mobil Kelebihan dan Kekurangan Mesin Diesel

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Diesel

0 324

Mesin Diesel, Di Indonesia kita mengenal ada dua jenis mesin yang lazim dijumpai pada kendaraan roda empat, yakni mesin bensin dan diesel. Mesin bensin biasanya dipakai pada mobil penumpang. Sementara mesin diesel biasa dipakai pada mobil komersial, meskipun juga ada mobil penumpang yang juga mengusung mesin ini.

Sekilas keduanya berbeda dalam hal bahan bakar yang digunakan. Ternyata perbedaan dari kedua jenis mesin ini tidak hanya itu saja. Ada perbedaan lainnya, seperti cara kerjanya.

Perbedaan mendasar dari mesin diesel dan mesin bensin terdapat pada komponen atau pemicu ledakan di ruang bakar. Bila pada mesin bensin ledakan terjadi karena kombinasi antara busi, udara dan bahan bakar. Sementara pada mesin diesel, untuk memicu ledakan di ruang bakar membutuhkan tekanan atau kompresi udara.

Pertama-tama, udara masuk melalui torak dan dikompresi sampai mencapai tekanan dan suhu tertentu. Di saat yang bersamaan bahan bakar diinjeksi ke ruang bakar. Pertemuan antara kompresi udara dan bahan bakar itulah yang dapat memicu ledakan partikel solar yang akan menggerakkan komponen lain hingga ke roda.

Oleh karenanya mobil bermesin diesel tidak memiliki busi. Lain halnya dengan mesin bensin yang mempunyai komponen kecil tersebut. Dengan perbedaan cara kerja tersebut, apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan mesin diesel?

Untuk mengetahuinya berikut adalah kelebihan dan kekurangan mesin diesel, sebagaimana dilansir dari Liputan6:

Kelebihan mesin diesel

  1. Mesin lebih panjang umur

Perlu diketahui, mesin diesel pada mobil dirancang dengan memakai material yang lebih kuat. Material tersebut harus kuat lantaran mesin diesel memiliki kompresi yang lebih tinggi. Di samping itu suhu udara di dalam ruang bakar juga jauh lebih panas karena dibutuhkan untuk membakar solar dengan maksimal.

  1. Torsi tinggi

Sudah diketahui banyak orang bahwa mesin diesel mampu menghasilkan torsi yang lebih baik pada rpm rendah. Untuk gambaran, mesin diesel empat silinder dapat mengeluarkan torsi yang sama dengan mesin bensin enam diesel. Hanya saja untuk tenaga kuda yang dihembuskan biasanya cenderung lebih rendah.

  1. Ekonomis

Dikatakan ekonomis karena mobil dengan mesin diesel lebih irit bahan bakar dibanding mesin bensin. Hal tersebut dikarenakan umumnya mesin diesel memiliki rasio kompresi yang lebih tinggi dibanding mesin bensin. Tidak hanya itu, harga bahan bakarnya juga tergolong lebih murah.

  1. Cocok dengan bahan bakar alternatif

Kelebihan lain dari mesin ini adalah dapat menggunakan bahan bakar terbarukan. Hal ini berbeda dengan mesin bensin.

  1. Mekanikal sederhana

Mesin bensin terbaru membutuhkan sistem injeksi bahan bakar dan busi yang canggih. Bahkan juga harus ada sistem komputer atau ECU. Hal ini bertolak belakang dengan mesin diesel. Secara mekanikal mesin diesel lebih sederhana. Dengan begitu perawatannya lebih mudah dan murah.

Baca juga: Mobil Diesel Vs Mobil Bensin

Kekurangan mesin diesel

  1. Mengeluarkan suara bising

Bila mesin bensin sebagian besar suaranya bersumber dari knalpot, tidak begitu dengan mesin diesel. Mobil dengan mesin diesel dapat mengeluarkan suara yang cukup mengganggu yang berasal dari mesin itu sendiri. Suaranya dapat didengar tanpa perlu menggunakan bantuan alat apapun.

  1. Mahal

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mesin diesel memiliki rasio kompresi yang lebih tinggi. Oleh sebab itu mesin ini harus dibuat dengan material yang lebih kuat. Dampaknya harga menjadi lebih mahal dibanding mesin bensin.

Demikian adalah ulasan seputar kelebihan dan kekurangan mesin diesel. Baik mesin bensin maupun mesin diesel sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tinggal mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Source: 10 kekurangan mesin idesel, kelebihan kekurangan mesin disel, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply