Home Mitsubishi 3 Mobil Diesel Terlaris di Indonesia, Mana Favorit Anda?

3 Mobil Diesel Terlaris di Indonesia, Mana Favorit Anda?

0 271

Mobil Diesel, Hingga saat ini pasar mobil penumpang di Tanah Air didominasi oleh produk bermesin bensin. Wajar, sebab mobil dengan mesin bensin lebih banyak diincar oleh masyarakat dibandingkan mesin diesel. Oleh karenanya tidak sulit untuk mencari mobil baru berdapur pacu bensin.

Walaupun kalah pamor, bukan berarti mobil penumpang mesin diesel ditinggalkan. Pada kenyataannya tetap ada merek yang menawarkan varian mesin diesel di samping mesin bensin. Di samping itu tetap ada masyarakat yang menyukai mobil bermesin diesel sehingga keberadaannya tidak lenyap di pasar mobil Indonesia.

Dari sejumlah produsen yang menawarkan varian mesin bensin, ada satu merek yang tampak tidak tertarik untuk ikut meramaikan segmen mesin diesel. Tidak lain adalah Honda. Salah satu produsen mobil asal Jepang itu memiliki alasan tersendiri mengenai hal tersebut. Jonfis Fandy, Marketing and Aftersales Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan bahwa salah satu alasan pihaknya tidak menghadirkan produk di segmen mesin diesel karena biaya mesin diesel yang lebih mahal.

Lain halnya dengan Suzuki yang justru baru saja berpartisipasi di pasar mobil mesin diesel. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menghadirkan Ertiga diesel yang juga mengadopsi teknologi hybrid.

Menurut data penjualan, sejumlah mobil bermesin diesel yang ada di Indonesia tidak sanggup mengalahkan penjualan mobil bensin. Angka penjualannya dalam satu tahun tidak sampai puluhan ribu. Tidak hanya itu, bahkan juga ada model yang penjualannya sangat kecil. Dalam setahun penjualannya mungkin hanya mencapai  puluhan unit atau bahkan tidak terjual sama sekali.

Salah satu pemain di segmen diesel adalah BMW. Produsen mobil premium asal Jerman itu memiliki BMW 520i yang dipasarkan di Indonesia dengan skema CBU. Mobil ini selama 11 bulan pertama tahun 2016 hanya terjual 194 unit. Di sisi lain Isuzu D-Max yang juga menjadi pemain di segmen ini terjual sebanyak 1.248 unit.

Bila Anda sedang berencana membeli mobil diesel, tidak ada salahnya melihat model apa yang laris di pasaran. Bila penjualan suatu produk semakin tinggi, itu artinya model tersebut memiliki keunggulan yang lebih istimewa dibanding model lainnya. Keunggulan itu bisa berupa tawaran harga, desain, fitur maupun spesifikasi yang dibawa.

Dikutip dari Liputan6, menurut data penjualan Gaikindo setidaknya ada 3 mobil bermesin diesel yang laris dibeli konsumen. Berikut adalah 3 mobil terlaris tersebut:

  1. Toyota Fortuner

SUV andalan Toyota ini menduduki peringkat pertama di pasar mobil diesel. Sepanjang Januari sampai November 2016 rival Mitsubishi Pajero Sport ini terjual sebanyak 24.959 unit. Di Tanah Air mobil ini dipasarkan dalam lima varian. Varian VRZ AT Dsl menjadi yang terlaris dengan angka penjualan 19.950 unit.

Ubahan menyeluruh yang dilakukan pada Toyota Fortuner sepertinya turut mendongkrak penjualannya. Pasalnya All New Fortuner yang hadir di Tanah Air mengusung banyak pembaruan dan fitur-fitur yang memikat hati. Bila berminat, harga Toyota Fortuner mesin diesel menurut laman resmi TAM mulai Rp 451,2 juta untuk tipe 4×2 2.4 G M/T Dsl sampai Rp 566,2 juta untuk tipe 4×4 2.4 VRZ A/T Dsl.

  1. Mitsubishi Pajero Sport

Sama halnya dengan Fortuner, Pajero Sport juga baru mendapat penyegaran di berbagai sektor. SUV yang diimpor utuh dari Thailand ini merupakan tulang punggung penjualan Mitsubishi di Indonesia. Sepanjang Januari sampai November kemarin, SUV Mitsubishi ini terjual sebanyak 16.621 unit.

Dari angka tersebut, varian Dakar menjadi yang paling terlaris. Penjualannya menembus 15.801 unit. Sementara sisanya diisi GLS dan Exceed dengan angka 700-an unit. Harga Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia berkisar mulai Rp 447 juta untuk Exceed (4×2) MT sampai Rp 634 juta untuk tipe Dakar (4×4) AT. Harga tersebut berstatus on the road Jabodetabek.

  1. Toyota Kijang Innova

Toyota terlihat dominan di pasar mobil diesel. Terbukti dengan berhasilnya Kijang Innova masuk tiga besar. Multi Purpose Vehicle (MPV) ini sepanjang Januari sampai November 2016 berhasil membukukan penjualan sebanyak 13.739 unit. Dari empat varian yang ditawarkan, Innova G AT Dsl menjadi yang terlaris. Model ini membukukan penjualan 5.646 unit.

All New Kijang Innova mendapat penyegaran dua tahun lalu. Desainnya menjadi lebih menarik dan fitur yang ditawarkan juga semakin bisa diandalkan. Di Indonesia, Toyota Kijang Innova 2.4 G Diesel dibanderol Rp 322,5 juta untuk versi manual dan versi transmisi otomatis Rp 344 juta. Varian termewah, 2.4 Q Diesel dipatok Rp 411,8 juta (M/T) dan Rp 433,2 juta (A/T).

Baca juga: Daftar Harga Mobil Diesel di Bawah Rp 350 Jutaan

Demikian ulasan seputar mobil diesel terlaris di Indonesia. Bila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai ketiga mobil tersebut, Anda bisa langsung membuka situs resmi masing-masing merek. Anda juga bisa langsung bertanya ke dealer terdekat. Semoga informasi yang kami sampaikan di atas bermanfaat untuk Anda.

Source: mobil solar tidak laku, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply