Home Auto News Nissan Note Indonesia Siap Menantang Jazz dan Yaris

Nissan Note Indonesia Siap Menantang Jazz dan Yaris

0 169

Nissan Note, Seperti yang dikabarkan sebelumnya, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) memiliki keinginan untuk menghadirkan beberapa produk baru di Tanah Air. Salah satu di antaranya adalah Nissan Note. Mobil ini merupakan hatchback Nissan yang baru saja dirilis di Thailand. Bila dijual di Indonesia, Note bisa bersaing dengan Honda Jazz, Toyota Yaris, Mazda2 dan Suzuki Swift.

Memang segmen hatchback tidak seramai segmen MPV (Multi Purpose Vehicle) yang hingga saat ini mendominasi penjualan mobil di Tanah Air. Kendati begitu segmen ini tetap menjadi perhatian sejumlah merek mobil. Tak terkecuali Nissan Indonesia. Sejauh ini PT NMI masih memiliki sedikit produk dibanding merek otomotif lainnya.

Di Negeri Gajah Putih, Nissan Note dirilis pada 17 Januari 2017. Kehadiran hatchback tersebut di Thailand akan membuka peluang untuk ikut dijual di Tanah Air. Akan tetapi untuk saat ini NMI mengaku sedang mempelajari peluang untuk menghadirkan mobil baru Nissan itu.

General Manager Marketing Strategy & Communication Division PT NMI, Budi Nur Mukmin mengungkapkan bahwa model tersebut memungkinkan masuk Indonesia. “Memungkinkan masuk sini. Dalam artian, dia kelasnya hatchback karena dia ada beberapa jenis mesin di seluruh dunia. Ada 1,2 (liter) biasa, ada juga 1,2 (liter) supercharger. Kalau di Jepang ada Eco-Power,” ujarnya, dilansir dari Liputan6.

Budi menerangkan, Nissan Note pada dasarnya bisa dimasukkan ke dalam kategori city car maupun hatchback umum. Alasannya mobil ini bisa naik kelas karena mesin yang dibenamkan sudah mengadopsi peranti supercharger.

Sementara itu, beberapa waktu yang lalu Antonio ‘Toti’ Zara, Presiden Direktur NMI juga mengungkapkan bahwa Nissan Indonesia bisa saja merilis mobil tersebut dengan memanfaatkan skema AFTA.

Baca juga: 4 Mobil Nissan Terbaru Indonesia

“Nissan Indonesia bisa membawanya masuk ke Indonesia, kita bisa mengekspornya dengan skema AFTA (kawasan perdagangan bebas), tapi kita bakal mempelajarinya terlebih dahulu, untuk menjadi produk yang akan kita pasarkan di sini,” jelasnya.

Sekilas spesifikasi Nissan Note

Nissan Note yang dipasarkan di Thailand mengusung mesin berkapasitas 1.2 liter. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 79 hp. Sementara konsumsi bahan bakarnya diklaim mencapai 20 km/liter, dengan emisi CO2 120 g/km.

Dari segi desain mobil ini memang tidak begitu sporty. Sementara di sisi interior ada beberapa kelengkapan seperti AC elektrik dan head unit. Bila diperhatikan desain interior mobil ini tampak seperti March yang dibuat lebih besar. Selain itu desain ventilasi AC juga tampak menyerupai March facelift.

Secara dimensi Nissan Note memiliki wheelbase atau jarak sumbu roda mencapai 2.600 mm. sangat panjang di kelasnya. Lalu ruang belakang memiliki lebar 643 mm dan mempunyai atap yang tinggi. Menariknya bagasi mobil ini cukup lega. Supaya memudahkan pengguna, pintunya dapat dibuka hingga 85 derajat sehingga pengemudi dan penumpang bisa masuk dengan mudah.

Tidak hanya itu, Nissan melengkapinya dengan sederet fitur keselamatan yang canggih. Nissan Note dilengkapi dengan fitur around view monitor seperti yang ada pada Nissan X-Trail. Selain itu juga disematkan departure warning, intelligent emergency braking dan forward collision warning. Hatchback Nissan ini juga memiliki kelengkapan Vehicle Dynamic Control, Hill Start Assist dan ABS, EBD + BA.

Secara fitur dan spesifikasi Nissan Note ini cocok untuk konsumen yang lebih mengutamakan kabin lega, nyaman dan aman, tanpa mempedulikan tampilan maupun performa mesinnya. Bila resmi dijual di Indonesia nanti, konsumen termasuk pecinta hatchback akan mendapat pilihan baru yang cukup menarik untuk dilirik.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply