Home Mobil Perawatan Mobil, Ciri-Ciri Mobil Butuh Servis

Perawatan Mobil, Ciri-Ciri Mobil Butuh Servis

0 283

Perawatan Mobil, Memiliki mobil memang ada plus dan juga ada minusnya. Dengan adanya mobil pemilik akan dengan mudah bepergian bersama keluarga. Di samping itu kenyamanan dan privasi menjadi keuntungan lain yang diperoleh pemilik mobil. Untuk orang yang memiliki usaha atau bisnis, mobil juga bisa dimanfaatkan untuk membawa barang yang dipesan oleh konsumen.

Di balik keuntungan tersebut, harus dipahami bahwa mobil juga membutuhkan perawatan berkala. Untuk melakukan perawatan tentu harus mengeluarkan sejumlah biaya. Akan tetapi itu akan lebih baik daripada membiarkannya dan membawanya ke bengkel saat ada kerusakan serius. Melakukan perawatan mobil juga akan membuat performa kendaraan lebih terjaga. Dengan begitu pemilik terhindar dari masalah mobil mogok di tengah jalan.

Akan tetapi tidak semua orang paham betul seputar mobil, termasuk perawatannya. Agar tidak telat servis atau menghindari kerusakan yang lebih parah, ada beberapa ciri yang bisa dicermati. Berikut adalah ciri-ciri mobil butuh servis, yang dilansir dari Cekaja:

  1. Mesin bergetar dan kasar

Anda perlu waspada apabila mesin mobil kesayangan Anda terasa kasar ketika idling atau berhenti sejenak maupun mesin bergetar ketika dihidupkan. Hal ini menandakan mobil perlu segera dibawa ke bengkel. Untuk penyebabnya bisa dikarenakan overcompensating lonjakan listrik, busi kotor ataupun filter bahan bakar tersumbat. Untuk permasalahan tersebut relatif dapat diperbaiki dengan mudah.

  1. Bensin cepat habis

Jika mesin mobil lebih boros bahan bakar, padahal fuel indicator menunjukkan bensin masih penuh kemungkinan permasalahannya ada di bagian filter udara mesin, filter bahan bakar dan sensor oksigen.

  1. Lampu indikator mati

Biasanya Anda akan menjumpai check engine light (CEL) di dashboard. Lampu indikator ini memiliki peran yang penting. Apabila lampu menyala, maka itu artinya mobil mengalami kegagalan mesin. Jika Anda menjumpai masalah seperti itu akan tetapi mobil terlihat baik-baik saja, ada baiknya untuk membawanya ke bengkel untuk pemeriksaan lebih lanjut. Dengan demikian Anda bisa mengetahui penyebab permasalahan tersebut.

  1. Tidak dapat menambah kecepatan

Ada kalanya pemilik mobil tergoda untuk memacu kencang kendaraannya. Bagi sebagian orang hal tersebut merupakan kesenangan tersendiri. Walaupun berisiko, menambah kecepatan mobil juga dapat digunakan untuk mengetahui performa kendaraan. Apabila mobil tidak dapat menambah kecepatan dengan baik, kemungkinan ada permasalahan pada bagian injector bensin. Bisa jadi injektor bensin tersumbat.

Baca juga: Tips Perawatan Mobil Usai Liburan

Demikian yang bisa Anda jadikan indikator bahwa mobil butuh diservis. Melakukan perawatan pada mobil sudah menjadi tugas dari pemilik. Jangan menunda untuk membawanya ke bengkel bila Anda merasa ada yang tidak beres dengan mobil Anda. Selain berpotensi menimbulkan kerusakan serius, hal tersebut juga dapat membahayakan pengguna saat berkendara.

Semoga informasi seputar perawatan mobil di atas bermanfaat untuk Anda.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply