Home Auto News Komparasi Proton Iriz vs Daihatsu Sirion Indonesia

Komparasi Proton Iriz vs Daihatsu Sirion Indonesia

Proton Iriz, Pasar hatchback bermesin 1.300 cc tampak memanas dengan kehadiran produk baru. Mobil tersebut adalah Proton Iriz yang datang dari Negeri Jiran, Malaysia. Untuk berhadapan rival di kelasnya, Iriz dilengkapi dengan kelebihan di sisi fitur keselamatan. Tentunya fitur bukanlah satu-satunya yang diandalkan mobil baru Proton ini.

Hatchback Proton terbaru ini resmi hadir di Indonesia pada Sabtu (18/2) di Senayan, Jakarta Selatan. Langkah merek mobil Malaysia untuk menghadirkan Iriz tergolong berani. Pasalnya hatchback bermesin 1.300 cc tidak terlalu ramai. Penjualannya juga kalah dengan mobil jenis lainnya.

Di Indonesia Proton Iriz dijual dalam dua varian, yakni transmisi manual yang dipatok Rp 175,25 juta dan otomatis CVT yang dilepas dengan harga Rp 185,283 juta. Kehadirannya di Tanah Air akan menjadi pesaing dari small hatchback yang sudah lebih dulu dipasarkan. Apa saja produk tersebut?

Dilansir dari Carreview, model baru Proton itu akan berhadapan dengan Honda Brio RS Rp CVT dan CVT Special Edition yang dijual dengan rentang harga Rp 178-179 jutaan. Selain itu juga menjadi rival Mitsubishi Mirage tipe GLX dan GLS yang dibanderol Rp 173-185 juta, serta Nissan March tipe 1.2 MID A/T dan 1.2 MID A/T yang dipasarkan Rp 177-187 jutaan. Mobil-mobil tersebut memiliki rentang harga yang serupa dengan harga Iriz di Indonesia.

Masih ada lagi satu rival yang siap bersaing dengan mobil baru ini, yakni Daihatsu Sirion. Jika melihat tipe yang tersedia, Sirion tipe M/T Sport, D FMC A/T dan D FMC A/T Sport akan bersenggolan dengan Proton Iriz. Sebab harga Daihatsu Sirion di Indonesia berkisar Rp 171 jutaan sampai Rp 182 jutaan. Lalu bagaimana jika Proton Iriz disandingkan dengan Daihatsu Sirion? Kira-kira mana yang lebih unggul?

Melihat sektor dapur pacu, keduanya sama-sama memiliki mesin berkapasitas 1.300 cc. bila dicermati dengan detail, Proton Iriz memiliki kapasitas silinder 1.332 cc. sementara Daihatsu Sirion memiliki mesin dengan kapasitas 1.298 cc. Mesin dua mobil ini memiliki konfigurasi empat silinder segaris.

Untuk tawaran tenaganya juga terlihat berbeda. Iriz dapat mengeluarkan tenaga sebesar 93,8 dk pada putaran mesin 5.750 rpm dengan torsi 120 Nm pada 4.000 rpm. Lalu untuk Daihatsu Sirion mempunyai tenaga sebesar 88,7 dk pada 6.000 rpm dengan torsi maksimum 116 Nm pada 4.400 rpm. Dengan kata lain Proton Iriz sedikit lebih unggul dari rivalnya.

Iriz terbaru memiliki dua pilihan transmisi, yakni lima percepatan manual dan CVT matik. Tidak jauh berbeda dengan Sirion yang memiliki pilihan transmisi lima percepatan manual dan otomatis empat percepatan.

Berpindah ke segi dimensi, lagi-lagi Proton Iriz yang unggul. Wheelbase atau jarak sumbu roda mobil ini mencapai 2.555 mm yang membuatnya lebih lapang. Sementara wheelbase Daihatsu Sirion membentang 2.440 mm. Duduk di bangku belakang Iriz terasa cukup lega untuk penumpang dengan tinggi 175 cm.

Kini beralih ke fitur yang ditawarkan. Daihatsu Sirion maupun Proton Iriz sudah dilengkapi dengan sistem pengereman ABS dan EBD. Di samping itu juga tersedia dua airbag untuk penumpang depan sehingga dapat memberikan perlindungan lebih saat terjadi tabrakan.

Baca juga: First Impression Mobil Proton Iriz

Yang membuat Iriz unggul dari kompetitornya adalah hadirnya peranti Electronic Stability Control (ESC). Dato’ Ahmad Fuaad Kenali, CEO Proton Holdings Berhad mengatakan bahwa mobil Proton terbaru ini menjadi satu-satunya yang memakai fitur tersebut di kelasnya.

Selain itu juga ada fitur lain seperti VDC (Vehicle Dynamic Control), TCS (Traction Control System), Brake Assist dan Hill-Hold Assist. Hal lain yang cukup menggoda dari mobil ini adalah torehan rating bintang lima dalam uji tabrak yang dilakukan ASEAN NCAP.

Demikian ulasan komparasi Proton Iriz vs Daihatsu Sirion. Kira-kira apakah Iriz bisa bersaing ketat dengan rivalnya berbekal sederet kelebihan tersebut?

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply