Home Motor Tips Motor Anti Banjir Murah Meriah, Bisa Dicoba

Tips Motor Anti Banjir Murah Meriah, Bisa Dicoba

0 235

Motor Anti Banjir, Hingga saat ini banjir masih menjadi permasalahan tersendiri bagi masyarakat, tak terkecuali mereka yang tinggal di kota besar seperti Jakarta. Baru-baru ini hangat diberitakan banjir merendam beberapa titik di kawasan Jakarta. Genangan air ini pastinya akan menyulitkan masyarakat untuk beraktivitas, termasuk masyarakat yang motor terendam banjir.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa motor kena banjir bisa menimbulkan masalah bagi pemiliknya. Tak jarang motor menjadi mogok karena nekad menerjang genangan air. Selain mogok, risiko terjatuh juga bisa saja terjadi karena kita tidak tahu apakah jalan yang tergenang banjir itu terbebas dari lubang atau tidak.

Salah satu penyebab motor mogok karena banjir adalah air yang masuk ke busi. Hal ini kerap menimpa pemilik sepeda motor, terlebih jika posisi busi rendah seperti motor matic dan motor bebek.

Perlu diketahui, busi memiliki tugas penting dalam proses pembakaran di ruang bakar. Fungsinya adalah untuk memercikkan api. Api tersebut nantinya akan dipantik dengan udara dan bahan bakar. Dengan demikian akan terjadi ledakan yang dapat menggerakkan mesin secara keseluruhan.

Jika busi terkena air, maka komponen ini akan sulit menghasilkan percikan api. Pada akhirnya membuat motor mati mendadak dan susah untuk dihidupkan kembali.

Sebenarnya ada tips yang dapat dimanfaatkan pengguna motor matic kena banjir. Yakni dengan cara mengeringkan busi tersebut. caranya bisa dengan ditiup atau dilap dengan kain kering. Hal ini dinilai menjadi solusi pintas yang bisa membantu dikala darurat.

Akan tetapi tips tersebut hanya bersifat sementara. Sebab, jika motor terendam banjir maka sudah bisa dipastikan akan mogok kembali. Terlebih jika kabel dan kepala busi karetnya sudah retak-retak atau getas. Apakah tidak ada cara lain untuk mencegah motor mogok karena banjir?

Jawabannya ada, masih ada solusi alternatif lain yang bisa dimanfaatkan. Menurut laman Liputan6, cara yang dapat Anda manfaatkan adalah dengan menutup sambungan antara kabel dan kepala busi dengan isolasi khusus. Perlu diketahui, sambungan tersebut menjadi tempat air merembes yang berdampak pada mogoknya mesin motor. Untuk cara yang ini diklaim lebih tahan lama.

“Pakai isolasi khusus di sambungan antara kabel dan kepala busi. Setelah itu kunci pakai pengikat kabel. Cara ini buat percikan air tidak bisa masuk lagi,” kata Mahdin, pemilik Ibana Jaya Oil.

Harga isolasi listrik atau electric tape cukup terjangkau, yakni berkisar Rp 8.500 untuk merek 3M 1500 warna hitam. Supaya lebih kuat, Anda bisa menambahkan pengikat kabel (cable ties) yang dijual sekitar Rp 4.000.

Baca juga: Cara Mengatasi Motor Matic Mogok Karena Banjir

Source: dicoba yang banjir, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply