Home Mobil Tips Mobil Terendam Banjir Penanganan Darurat, Lakukan Ini

Tips Mobil Terendam Banjir Penanganan Darurat, Lakukan Ini

0 126

Tips Mobil Terendam Banjir, Semua orang tentu tidak ingin mengalami mobil terendam banjir. Akan tetapi bencana banjir hingga saat ini masih melanda beberapa kota, termasuk Jakarta. Oleh karenanya pemilik mobil perlu melakukan upaya untuk menghindari maupun mengatasi mobil yang terkena banjir. Bila mobil terendam banjir, penanganan harus dilakukan dengan tepat supaya tidak menimbulkan kerusakan yang serius.

Penanganannya bisa bermacam-macam, tergantung kondisi mana yang menimpa pengguna mobil. Salah satunya adalah saat mobil terjebak banjir. Ada beberapa cara mengatasi permasalahan ini.Hermawan, Mekanik Honda Mugen di Jakarta Timur menganjurkan kepada pengguna untuk memperhatikan bagian kelistrikan. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda supaya terhindar dari akibat buruk mobil tergenang banjir.

Tips menangani mobil kena banjir

Cabut kabel negatif aki

Apabila mobil mati mendadak di tengah genangan air, dilarang keras untuk menghidupkan mobil kembali. Yang perlu Anda lakukan adalah segera mencabut kabel negatif di aki.

“Jangan panik, segera cabut kabel negatif pada aki, supaya tidak terjadi korslet. Jika memaksa menghidupkan, akibatnya bisa merusak komponen lain,” saran Hermawan, dilansir dari Dapurpacu.

Cermati rem dan posisi persneling

Berikutnya, ketika mobil dalam kondisi diam jangan gunakan rem parkir. Lebih baik masukkan posisi persneling ke gigi 1 untuk mobil bertransmisi manual. Hal tersebut dapat menghindari rem lengket pada mobil yang memakai rem tromol. Lalu untuk pengemudi mobil transmisi otomatis posisikan persneling ke posisi “P” (parkir).

Hubungi mobil derek

Alangkah baiknya untuk tidak memaksakan menghidupkan mesin jika mobil sudah terbebas dari genangan banjir. Akan lebih baik jika Anda langsung menghubungi mobil derek untuk dibawa ke bengkel.

“jika sudah di bengkel maka lakukan pengecekan menyeluruh. Terutama pergantian pelumas, karena kondisinya tentu sudah tidak bersih lagi,” ujarnya.

Setelah mobil terbebas dari masalah, Anda bisa membersihkan mobil secara menyeluruh mulai dari bagian luar hingga dalam. Dengan demikian mobil akan kembali terlihat menarik.

Musibah banjir merupakan hal yang belum bisa dihindari. Oleh karenanya Anda perlu menaruh perhatian lebih kepada mobil kesayangan di kala musim hujan tiba. Jangan memaksa mobil untuk melalui genangan air, sekalipun menurut Anda tidak terlalu tinggi. Sebab kita tidak tahu persis seberapa dalam genangan tersebut.

Jangan pernah meremehkan efek negatif dari mobil terkena banjir. Sebab hal tersebut bisa membuat Anda mengeluarkan banyak uang untuk memperbaiki kerusakannya. Tidak hanya itu saja, dampaknya juga akan Anda rasakan bila ingin menjual mobil tersebut. Harga mobil bekas banjir umumnya turun drastis. Hal ini tentu merugikan Anda selaku pemilik pertama.

Bila Anda ingin membaca tips lain seputar cara mengatasi mobil terkena banjir, Anda bisa menyimaknya pada tautan berikut ini.

 Baca juga: Cara Mengatasi Mobil Terendam Banjir

Demikian informasi seputar tips mobil terendam banjir. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Source: efek mobil kena banjir, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply