Home Mobil Bekas 10 Cara Menjual Mobil Bekas Online, Simak Tata Caranya

10 Cara Menjual Mobil Bekas Online, Simak Tata Caranya

0 274

Cara Menjual Mobil Bekas Online, Seperti yang kita ketahui bersama, ada banyak pemilik mobil di Indonesia. Mulai dari mobil terbaru hingga mobil lama. Hal ini secara langsung juga berpengaruh pada kondisi pasar mobil bekas yang semakin diramaikan banyak model. Selalu ada orang yang menjual mobil bekas. Hal ini dikarenakan beberapa hal, seperti ingin beli mobil baru atau untuk urusan pribadi.

Bila Anda juga berencana untuk jual mobil bekas, ada baiknya jangan terburu-buru. Tidak ada salahnya untuk mencari tips menjual mobil bekas. Dengan begitu Anda terhindar dari segala kemungkinan yang tidak diharapkan.

Sebenarnya ada beberapa tata cara menjual mobil bekas yang dapat Anda tempuh. Contohnya adalah menjual mobil bekas ke dealer, ke showroom mobil bekas atau menjual mobil sendiri. Bila memilih untuk menitipkan mobil ke dealer atau showroom, maka sudah dipastikan hasil penjualan akan dipangkas dengan komisi yang harus Anda bayarkan ke pihak dealer ataupun showroom.

Untuk itu tidak ada salahnya untuk menjualnya sendiri. Memang butuh kesabaran dan waktu untuk melakukan jual beli mobil bekas. Akan tetapi setidaknya hasil penjualannya nanti akan menjadi milik Anda seutuhnya. Bila tertarik, Anda bisa mencoba tips menjual mobil bekas online. Kenapa penjualan secara online direkomendasikan?

Baca juga: Tips Beli Mobil Bekas

Alasannya saat ini banyak situs jual beli mobil bekas yang bisa Anda temui. Selain itu pencari mobil di situs tersebut juga cukup banyak. Alhasil akan membuka kemungkinan untuk mobil bekas cepat laku. Lalu bagaimana cara menjual mobil bekas secara online?

Berikut ini ada 10 tips memasarkan mobil dengan cara online yang kami rangkum dari laman resmi Daihatsu Indonesia. Dengan demikian Anda tidak mengalami kesulitan berarti dalam praktiknya.

Tips jual mobil bekas online

  1. Jual di tempat yang tepat

Seperti yang telah dijelaskan di atas, ada banyak website jual beli mobil online yang dapat dimanfaatkan. Di sisi lain hal ini akan memudahkan Anda. Akan tetapi Anda juga perlu mencermati situs yang akan Anda pakai. Usahakan situs tersebut dikenal masyarakat luas dan ramai dikunjungi oleh pengguna internet. Hal ini akan membuat peluang mobil cepat terjual terbuka lebar.

  1. Periksa kondisi mobil

Sebelum menjualnya, akan lebih baik jika Anda melakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada mobil. Anda bisa memeriksa bagian mesin, cat mobil, kaca, kinerja mobil dan lain-lain. Segera lakukan perbaikan bila salah satu bagian mobil Anda mengalami kerusakan. Dengan begitu calon pembeli akan merasa senang dan percaya dengan Anda. Selain itu Anda juga terhindar dari komplain pembeli pasca pembelian.

  1. Cek harga

Hal yang tak kalah penting lainnya jika ingin menjual mobil seken adalah memeriksa harga pasaran mobil tersebut. Jangan asal pasang harga tinggi karena hal tersebut justru membuat orang tidak tertarik. Cara cek harga mobil di pasaran mudah, Anda tinggal melihatnya di internet, majalah, koran atau media lainnya. Dengan langkah ini Anda bisa menentukan harga yang pas untuk mobil yang hendak dijual.

  1. Bersihkan mobil

Tampilan mobil yang bersih dapat menarik minat calon pembeli. Oleh karenanya bersihkan mobil secara menyeluruh, baik bagian eksterior maupun interior. Mobil yang selalu dalam kondisi bersih dan terawat menandakan bahwa Anda selalu menjaga kondisi mobil.

  1. Upload foto terbaik

Supaya ada pembeli yang menghubungi Anda, sudah pasti Anda perlu menyiapkan beberapa foto dari mobil yang akan dijual. Untuk itu upload atau unggah foto terbaik dari mobil Anda. Foto yang menarik juga dapat menarik perhatian calon pembeli.

  1. Deskripsikan kondisi mobil dengan lengkap

Hal ini tidak boleh terlewatkan saat menjual mobil second atau bekas. Anda harus menjelaskan setiap informasi terkait mobil Anda dengan jelas. Termasuk riwayat perawatan dan asuransi jika ada. Dengan penjelasan yang detail, calon pembeli akan percaya dengan Anda dan semakin yakin untuk membeli mobil yang Anda tawarkan.

  1. Siapkan dokumen lengkap

Selain kondisi mobil, Anda juga harus menyiapkan surat-surat atau dokumen mobil yang asli. Lakukan pengecekan bersama-sama terhadap nomor rangka dan nomor mesin di bagian bodi mobil. Surat mobil yang lengkap menjadi faktor lain agar mobil bekas terjual dengan cepat.

  1. Pengecekan dan test drive

Jika Ada calon pembeli yang menghubungi Anda, biasanya Anda diajak untuk bertemu dan melihat kondisi mobil secara langsung. Bila calon pembeli ingin melakukan test drive, usahakan Anda ikut serta untuk mencegah hal yang tidak diharapkan.

  1. Sertakan transaksi pembayaran

Jika pembeli cocok dengan mobil yang Anda tawarkan dan ada kesepakatan untuk membeli, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan cara pembayaran yang aman bagi kedua belah pihak. Bila transaksi dalam jumlah besar, disarankan untuk melakukannya melalui bank dengan cara setor tunai maupun transfer.

Selain itu siapkan bukti transaksi semacam kwitansi lengkap dengan materai sebagai bukti sah proses jual beli mobil bekas yang Anda lakukan. Hal ini juga bermanfaat untuk menghindari kekeliruan atau hal yang tidak dikehendaki di kemudian hari.

  1. Lakukan sendiri

Lakukan langkah-langkah tersebut sendiri. Berikan nomor pribadi Anda langsung ketika menjual mobil di situs jual beli online. Melakukan penjualan sendiri akan membuat Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar perantara.

Sebagai pelengkap Anda bisa mempelajari hal-hal apa saja yang patut diperhatikan ketika melakukan jual beli mobil bekas. Sebab ada pula yang berpura-pura menjadi calon pembeli padahal ingin mencuri mobil yang Anda jual. Demikian adalah cara menjual mobil bekas online yang bisa Anda terapkan.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply