Home Motor Cara Mengatasi Motor Matic Mogok Karena Banjir

Cara Mengatasi Motor Matic Mogok Karena Banjir

0 344

Cara Mengatasi Motor Matic Mogok Karena Banjir, Banjir bisa menjadi permasalahan tersendiri bagi pemilik sepeda motor maupun mobil. Sebab hal tersebut dapat menyebabkan motor mogok dengan mudah. Namun tidak perlu panik, ada tips seputar penanganan motor banjir yang dapat Anda coba. Tips ini berlaku untuk motor matic dan jenis motor lainnya.

Ridwan Arifin, Service Education Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menghimbau kepada pemilik motor untuk segera menuju bengkel bila motor melewati banjir dengan ketinggian mencapai saringan udara.

“Jika motor melewati banjir dengan ketinggian mencapai saringan udara , kemungkinan air masuk kedalam mesin bisa terjadi. Segera datang ke bengkel untuk cek kondisi mesin,” sarannya, dilansir dari Otosia.

Lebih lanjut Ridwan memaparkan beberapa poin penting saat motor matic tergenang air banjir. Berikut adalah hal yang dapat dilakukan saat motor kena banjir:

  1. Jangan starter ataupun kick starter motor bila terendam banjir. Sebab hal tersebut dapat mengakibatkan connecting rod bengkok.
  2. Disarankan untuk segera melepas busi, baru setelahnya distarter untuk mengeluarkan air di ruang bakar. Air di dalam knalpot motor matic akan keluar melalui lubang air.
  3. Selain itu pastikan oli di dalam mesin tidak tercampur dengan air. Lakukan pengurasan oli mesin dan mengganti filter oli. Untuk mengetahui oli tercampur air, lihat warnanya. Bila berwarna seperti susu itu artinya oli sudah tercampur air. Lakukan pengurasan sampai oli tidak tercampur dengan air lagi.
  4. Pastikan di dalam box filter udara atau filter udara tidak terdapat air. Bila dalam keadaan darurat, lepas filter udara dan ganti dengan yang baru.
  5. Pastikan ruang CVT terbebas dari air. Caranya dengan melepas selang indikator atau selang pembuangan CVT di bagian bawah dan melepas filter CVT. Ruang CVT juga harus selalu kering untuk mencegah selip pada belt CVT dan karat pada area CVT.
  6. Selanjutnya pastikan oli gear transmisi tidak tercampur air dengan cara menguras oli mesin. Banyak orang yang lupa memeriksa oli transmisi. Padahal bila hal tersebut diabaikan dapat menimbulkan suara mendengung pada bagian gear ratio. Oli ini berubah warna menjadi seperti susu bila tercampur air.
  7. Jangan lupa lakukan perawatan atau tune up. Bersihkan busi dan keringkan, lalu ganti bila sudah waktunya. Selain itu lakukan penyetelan klep, membersihkan throttle body/karburator dan lain sebagainya.
  8. Bila sudah normal, periksa kompresi dengan memakai kompresi gauge untuk memastikan tidak terjadi kebocoran kompresi pada mesin.

Baca juga: Tips Motor Anti Banjir Murah Meriah

Demikian tips seputar motor mogok karena terkena banjir yang dapat Anda simak. Semoga informasi seputar cara mengatasi motor matic mogok karena banjir di atas memberi manfaat untuk Anda.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply