Home Auto News Honda CR-V Indonesia 2017, Bocoran Tipe dan Mesin

Honda CR-V Indonesia 2017, Bocoran Tipe dan Mesin

0 279

Honda CR-V, Di tahun 2017 ini Honda sebagai salah satu produsen mobil asal Negeri Matahari Terbit tentu memiliki produk terbaru untuk memperketat persaingan dengan rival. Seperti yang diketahui, Honda baru saja meluncurkan All New CR-V 2017. Mobil ini bahkan sudah hadir di negara tetangga, Thailand. Bila Negeri Gajah Putih ini sudah kedatangan mobil baru Honda, maka Indonesia juga akan mendapat gilirannya.

Sementara itu pihak PT Honda Prospect Motor (HPM) sudah mulai buka suara terkait mobil Honda terbaru ini. Bahkan HPM selaku agen pemegang merek Honda di Tanah Air juga tidak menutup-nutupi perihal peluncuran Honda CR-V terbaru. Disebutkan bahwa sport Utility Vehicle (SUV) ini akan hadir menyapa masyarakat pada semester II tahun ini.

“Untuk CR-V baru kami luncurkan kira-kira semester II tahun ini di saat pameran (GIIAS),”  ungkap Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Purnajual PT HPM beberapa waktu lalu.

Sementara itu, menurut keterangan seorang sumber Dapurpacu, ada beberapa perbedaan antara Honda CR-V 2017 dengan model lama. Apa saja perbedaan tersebut?

Untuk yang pertama adalah mesin yang digunakan. All New Honda CR-V akan dibekali dengan dapur pacu berkapasitas 1.5 liter twin-turbo. Mesin tersebut merupakan tipe baru yang belum pernah dijual HPM di Tanah Air. Tidak menutup kemungkinan mesin tersebut diadopsi dari Honda Civic.

Pilihan jantung pacu tersebut berbeda dengan yang ada di Thailand. Di Negeri Gajah Putih, CR-V terbaru mengusung mesin 1.6 liter trailer turbo yang dipadukan dengan transmisi 9-percepatan otomatis.

Di samping itu Honda CR-V generasi terbaru nantinya akan hadir dengan format kabin 5+2 seat. Dengan demikian tidak menggunakan dua baris bangku seperti yang ada pada model saat ini. Hanya saja ada yang bertanya-tanya apakah hal ini nantinya akan mempengaruhi penjualan Honda BR-V di Tanah Air. Meski berada di kelas yang tidak sama, hal tersebut memang mungkin terjadi.

HPM juga memasarkan All New CR-V bermesin 2.0 liter. Untuk varian ini kemungkinan masih mengandalkan mesin dari model lama. Lalu untuk konfigurasinya tetap 5 bangku. Di Thailand, Honda menawarkan mesin 2.5 liter i-VTEC DOHC 4 silinder PGM-FI sebagai pilihan lain. Model ini dikombinasikan dengan transmisi CVT. Keduanya dibagi lagi menjadi 3 pilihan penggerak, yakni 2WD, FWD dan 4WD.

Baca juga: Honda CR-V 2017 Rilis Pakai Mesin Turbocharged

Sayangnya belum dapat diketahui tawaran transmisi dan sistem penggerak roda untuk Honda CR-V terbaru Indonesia. Juga belum dapat diinformasikan perubahan lain seperti tawaran fitur maupun interiornya. Pihak PT HPM juga belum bersedia memberikan bocoran terkait mobil terbaru Honda ini. Akan tetapi Jonfis sempat mengatakan bahwa pihaknya mempertimbangkan fitur-fitur yang akan dibawa CR-V terbaru bila dipasarkan di Tanah Air.

“Selalu ada fitur yang dibedakan, karena kita kan negara panas dan berdebu. Pasnya yang lebih tahan lama gitu, dari ban, shock, radiator biasanya spek-nya beda. Kalau fitur tergantung, fitur itu kita perlukan atau tidak,” ungkapnya.

Honda CR-V model 2017 hadir dengan sejumlah perbaikan, mulai dari sisi eksterior hingga mesin. Di bagian luar mobil bertubuh bongsor ini masih terlihat mirip dengan model sebelumnya. Akan tetapi tampilannya terlihat lebih menarik dengan desain yang elegan. Lampu bagian depan tampak terinspirasi dari desain Civic.

Lalu untuk bagian belakang menjadi lebih segar berkat lampu belakang yang mendapat ubahan desain. Mobil Honda terbaru ini juga memiliki fitur aerodinamika berupa Automatic Grille Shutter. Fitur tersebut berguna untuk menutup lubang pada grille sehingga mengurangi hambatan udara saat dibutuhkan.

Beralih ke bagian interior, tawaran desain ala Civic juga cukup terlihat. Gaya desain yang modern berpadu serasi dengan ornamen-ornamen baru yang lebih elegan. Di bagian dashboard terdapat monitor berukuran 7 inci. Layar ini dapat terhubung dengan Android Auto maupun Apple CarPlay. Tuas transmisi yang terintegrasi dengan dashboard membuat ruang lebih lapang.

Selain Automatic Grille Shutter, Honda CR-V terbaru juga memiliki fitur baru lain. Seperti sistem yang dapat membuka pintu bagasi secara otomatis. Pengemudi hanya perlu mengantongi kunci kontak dan melambaikan kaki ke bawah bumper belakang. Dengan begitu pintu akan terbuka secara otomatis.

Sistem rem tangan juga punya fitur baru. Kini rem tangan bisa diaktifkan secara elektronik. Tombol fitur tersebut terdapat di dekat tuas transmisi.

Mesin 4-silinder segaris berkapasitas 1.5 liter yang dibenamkan pada SUV Honda terbaru ini sudah dilengkapi dengan turbocharged. Hasilnya mobil dapat memproduksi tenaga hingga 190 hp dengan torsi puncak 242 Nm. Lebih besar 16 hp dan 23 Nm dari yang dapat dihembuskan mesin Honda Civic generasi ke-10.

Bagaimana dengan tawaran Honda CR-V generasi terbaru ini? Bila ingin membelinya, tidak ada salahnya untuk segera menabung. Walaupun peluncurannya masih beberapa bulan lagi, dengan menabung mulai sekarang akan memudahkan Anda dalam membeli All New CR-V 2017.

Source: honda crv tipe suv terbaru, all new crv 2017 putih, cr-v 2017 honda msk indonesia, tipe penggerak honda crv, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply