Home Auto News Toyota C-HR Indonesia 2017 Akan Gantikan Rush?

Toyota C-HR Indonesia 2017 Akan Gantikan Rush?

0 1688

Toyota C-HR Indonesia, Salah satu pabrikan mobil ternama asal Negeri Samurai, Toyota memiliki satu produk baru yang mengundang rasa penasaran pecinta mobil di Indonesia. Model tersebut adalah Toyota C-HR. Banyak yang berharap mobil berdesain sporty dan futuristik ini hadir di Tanah Air. Spekulasi seputar mobil Toyota terbaru ini pun terus bermunculan di tengah penantian masyarakat Indonesia.

Menurut kabar yang diperoleh laman Oto, Toyota C-HR ini akan diproduksi di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Sementara itu, pada laman Wikipedia juga menyebutkan bahwa mobil ini akan dirakit di Toyota Karawang Plant 2, Jawa Barat.

Kabar tersebut berbeda dengan yang pernah di sampaikan Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Ia sempat mengatakan bahwa jika Toyota memasarkan mobil baru 2017 tersebut di Indonesia, maka akan didatangkan secara utuh atau completely build up (CBU). Bila hasilnya menjanjikan, Toyota Astra Motor (TAM) akan memutuskan untuk memproduksi mobil tersebut di Tanah Air. Disebutkan bahwa TMMIN harus bisa memasarkan atau memproduksi 1.000 unit per bulan supaya bisa memproduksi C-HR secara lokal.

“Setidaknya, bisa menjual atau memproduksi 1.000 unit per bulan, baru bisa diproduksi di Indonesia,” jelasnya.

Di samping itu beredar rumor bahwa mobil terbaru Toyota ini akan hadir pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 yang akan berlangsung pada 27 April mendatang. Sementara sumber lain mengatakan Toyota C-HR akan hadir paling lambat awal 2018.

Apabila TMMIN memang benar merakit crossover Toyota terbaru itu, maka setidaknya butuh enam bulan untuk mempersiapkan jalur produksi. Untuk pasar Indonesia Toyota C-HR dikatakan akan mengandalkan mesin 1.500 cc 2NR-FE yang dilengkapi teknologi Dual VVT-i.

Hal tersebut masuk akal sebab mesin itu juga dipakai di beberapa model yang dijual di Indonesia. Antara lain Toyota Avanza, Sienta, Yaris dan Vios. Sementara mesin 2NR tersebut diproduksi TMMIN di fasilitas Karawang Plant III yang berlokasi di Karawang Barat.

Salah satu kabar yang cukup mengejutkan adalah posisi C-HR bila dijual di Indonesia. Toyota C-HR disebut-sebut akan menggantikan Toyota Rush. Walaupun belum terbukti benar atau tidaknya, keputusan tersebut dirasa tepat. Perlu diketahui, Toyota Rush bersama saudara kembarnya, Daihatsu Terios menghadapi ketatnya persaingan di segmen compact SUV atau crossover.

Di segmen tersebut ada beberapa kompetitor kuat, seperti Ford Ecosport, Honda HR-V dan Nissan Juke. Ketiga model tersebut memiliki tawaran desain dan fitur yang lebih baik. Di sisi lain Rush dan Terios masih mengandalkan platform ladder frame. Berbeda dengan rivalnya yang sudah mengusung monokok dan memiliki kenyamanan yang lebih baik.

Sekilas Toyota C-HR

Sebagai informasi tambahan, Toyota C-HR merupakan mobil baru Toyota yang dihadirkan di Jepang pada Desember tahun lalu. Sesudah negara asalnya, senjata baru Toyota ini juga hadir di Eropa dan Amerika Utara. Crossover andalan Toyota ini mengusung platform TNGA (Toyota New Global Architecture). Platform tersebut juga dipakai pada model Toyota Prius generasi ketiga yang diluncurkan 2015, termasuk Camry terbaru yang mengaspal akhir tahun lalu.

Toyota C-HR hadir dengan konsep desain seperti intan. Desain eksteriornya tampak modern dan agresif. Mobil ini juga dipermanis dengan Keen Look yang merupakan identitas dari mobil Toyota. Tidak hanya itu, di sektor roda tampilannya tak kalah menarik dengan pelek 18 inci aluminium yang memadukan cat metalik dan hitam.

Sisi interior, Toyota C-HR mengusung teknologi canggih yang membuatnya terlihat lebih futuristik. Toyota melengkapinya dengan dual zone climate control dan speaker aktif di beberapa titik. Tidak hanya itu, mobil ini juga mengusung layar sentuh 8 inci dan head unit yang dikombinasikan audio JBL 9 speaker. Terdapat pula fitur smart key dengan push button start sebagai kelengkapan standar.

Tidak hanya itu saja, SUV kompak Toyota ini juga memiliki beragam fitur menarik lainnya. Seperti Pre-Collision System, radar cruise control, Lane Departure Alert, Automatic High Beam dan Blind Spot Monitor. Juga tersedia Rear Cross Traffic Alert guna memudahkan pengemudi ketika ingin parkir mundur.

Keamanan mobil Toyota ini juga menjadi kelebihan lain yang cukup menggoda. Baru-baru ini C-HR menjalani uji tabrak yang dilakukan oleh Australian New Car Assessment Program (ANCAP). Menariknya dari hasil pengujian tersebut Toyota C-HR berhasil mengantongi peringkat lima bintang.

Dalam pengujian perlindungan dewasa, C-HR mengantongi 33,18 poin dari total 38. Lalu untuk tes perlindungan anak meraih 38,03 poin dari 49 poin. Selain itu hadirnya fitur penunjang keselamatan yang memadai membuat mobil ini dengan mudah meraih hasil yang memuaskan.

“C-HR adalah contoh mobil dengan harga terjangkau yang memenuhi standar keselamatan tinggi di semua bidang. Sebagai pendatang baru di segmen SUV kompak, faktor keamanan penumpang adalah suatu keharusan jika ingin memenangkan penjualan,” kata James Goodwin, CEO ANCAP, dikutip dari KompasOtomotif.

Hadirnya Toyota C-HR Indonesia nantinya bisa menjadi ancaman serius bagi kompetitor lainnya. Terlebih tawaran desain, fitur dan spesifikasi yang menarik. Hanya saja belum diketahui berapa harga Toyota C-HR ini. Faktor ini memang menjadi salah satu aspek apakah produk tersebut nantinya sukses atau justru sebaliknya.

Source: toyota rush 2018, rush 2018, toyota rush terbaru 2018, harga toyota rush 2018, rush terbaru 2018, toyota Rush baru 2018, toyota rush 2018 indonesia, mobil rush 2018, new rush 2018, rush terbaru, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply