Home Honda Keluhan Honda BeAT FI dan Karburator Beserta Solusinya

Keluhan Honda BeAT FI dan Karburator Beserta Solusinya

0 491

Keluhan Honda BeAT FI, Hingga saat ini Honda BeAT menjadi motor terlaris di Indonesia. Penjualannya belum tersaingi oleh model lainnya. Terlepas dari kesuksesannya, tetap ada segelintir kelemahan Honda BeAT FI maupun karburator. Memang tidak seluruh pemilik motor Honda mengalami permasalahan tersebut. Akan tetapi informasi tersebut bisa dijadikan catatan pribadi untuk Anda yang juga memiliki motor matic Honda itu.

Lalu apa saja keluhan Honda BeAT FI dan karburator yang sering dialami pengguna? Berikut adalah detail selengkapnya yang dilansir dari laman Liputan6:

  1. Mentok di polisi tidur

Skuter matik Honda ini memiliki ground clearance yang cukup rendah. Hal tersebut sedikit mengganggu ketika dipakai berkendara. BeAT kerap terantuk polisi tidur, terutama bila motor digunakan untuk membawa barang berat atau membonceng penumpang.

Ada beberapa tips untuk mengatasi permasalahan tersebut. Contohnya adalah dengan mengganti shock belakang dengan shock bawaan Honda Vario 125. Akan tetapi kenaikan ground clearance tidak signifikan, hanya setengah hingga satu cm saja.

Alternatif lainnya adalah dengan mengandalkan peninggi suspensi. Kekurangannya Honda BeAT menjadi kurang nyaman. Di samping itu suspensi rentan patah karena derajat sudah berbeda dengan yang ditentukan pabrikan.

Cara terakhir yang dapat dimanfaatkan adalah dengan mengganti ban yang mempunyai diameter lebih tinggi. Perlu diketahui, Honda BeAT FI memiliki ukuran ban depan 80/90-14 dan ban belakang 90/90-14.

  1. Lampu depan cepat mati

Salah seorang pemilik sempat mengeluhkan lampu depan BeAT sering putus. Awalnya pemilik mengira permasalahan terletak di bagian aki. Sesudah aki diganti yang terjadi justru komponen tersebut langsung tekor. Rupanya permasalahan seperti itu juga dialami pemilik Honda BeAT lainnya.

Banyak yang mengira permasalahan terjadi karena lampu tidak bisa dimatikan secara manual. Sebab motor ini tidak dilengkapi dengan saklar untuk mematikan lampu depan. Akan tetapi perlu dicatat bahwa penyebabnya tidak selalu demikian.

Lampu depan sering putus dan aki tekor menandakan bahwa adanya kerusakan di bagian sistem kelistrikan. Jadi bukan karena kualitas bohlam saja.

Baca juga: Tips Membersihkan Aki Honda BeAT FI

Kiprok (regtifier regulator) yang rusak juga bisa menjadi penyebabnya. Karena bila terjadi kerusakan tegangan dari spull yang terlalu besar yang menuju ke lampu tidak dapat direduksi. Pada akhirnya tegangan melebihi kapasitas lampu.

Permasalahan lainnya yang mungkin menjadi penyebabnya adalah kabel massa yang menuju ke kiprok terputus. Hal tersebut menyebabkan tegangan berlebih yang diterima lampu depan, sehingga tidak dapat dibatasi atau dialirkan ke massa dan membuat lampu depan putus.

  1. Tenaga Loyo

Keluhan Honda BeAT FI dan karburator lainnya adalah tenaga yang loyo. Hal ini dialami pada BeAT karburator tahun 2012. Tenaga dirasa sangat loyo, khususnya saat melalui tanjakan, walaupun ketika itu gas sudah ditarik penuh. Selain itu gas terasa berebet di kecepatan rendah.

Untuk diketahui, hilang tenaga yang juga bisa menimpa motor lain terjadi karena beberapa hal. Seperti karburator kotor, saluran bensin tersumbat maupun udara lebih banyak dari bensin. Ketiga faktor ini membuat pembakaran tidak sempurna dan ledakan di ruang bakar tidak maksimal.

Untuk itu yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pembersihan dan penyetelan. Komponen saringan udara juga perlu dibersihkan sehingga udara bisa masuk tanpa terhalang kotoran yang menempel. Kemudian juga jangan lupa membersihkan bagian karburator.

Sementara gejala brebet bisa disebabkan lantaran jarak renggang klep tidak standar. Untuk mengatasinya cek komponen CVT yang bertugas sebagai sumber penggerak matik.

Demikian adalah beberapa permasalahan yang kerap menimpa Honda BeAT dan solusinya. Agar tidak terjadi permasalahan atau kerusakan yang tidak diharapkan, jangan lupa untuk melakukan servis berkala ke bengkel resmi Honda. Motor membutuhkan perawatan berkala supaya komponen bisa bekerja dengan prima. Di samping itu pemilik juga bisa mengetahui lebih dini bila terjadi hal yang tidak beres pada komponen motor.

Semoga informasi tentang keluhan Honda BeAT FI dan karburator di atas bermanfaat untuk Anda.

Source: keluhan honda beat fi, keluhan honda beat, keluhan motor beat, Keluhan motor beat fi, beat fi di kenalpot kok ngeter, kerusakan yang sering terjadi pada beat fi, kerusakan yang sering terjadi pada honda beat fi, masalah di honda beat fi, masalah rusak yg biasa diakami beat 2014, masalah yang sering terjadi pada honda beat 2016, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply