Home Mobil MPV 3 Fakta Toyota Avanza Indonesia, Ada Apa Saja?

3 Fakta Toyota Avanza Indonesia, Ada Apa Saja?

0 243

Toyota Avanza Indonesia, Mobil menjadi kebutuhan yang sudah tak terpisahkan dari masyarakat. Oleh karenanya pabrikan mobil semakin gencar menghadirkan mobil terbaru di pasaran. Dari sederet produk yang ada di Tanah Air, Toyota Avanza tetap menjadi primadona hingga saat ini. Mobil berjenis Multi Purpose Vehicle (MPV) ini hadir dengan tujuh kursi penumpang dan tawaran fitur serta spesifikasi yang menarik. Itulah mengapa banyak yang tertarik dengan mobil Toyota ini.

Beberapa tahun belakangan ini Toyota Avanza berhasil menjadi mobil terlaris di Indonesia. Tidak mengherankan bila produk ini mendapat julukan sebagai mobil sejuta umat. Walaupun banyak hadir mobil baru di Indonesia, pada kenyataannya mobil Avanza masih bisa bertahan. Akan tetapi hal tersebut tentu bukan tanpa usaha.

Toyota Astra Motor (TAM) secara berkala melakukan penyegaran terhadap tulang punggung penjualannya ini. Mobil andalan Toyota ini mendapat sentuhan perubahan baik dalam hal tampilan eksterior, interior, fitur maupun mesin.

Sebagai gambaran, mobil keluarga ini mendapat perubahan besar-besaran pada tahun 2011. Saat itu Toyota Avanza Indonesia hadir dengan tambahan ‘All-New’. Lalu sentuhan penyegaran juga dilakukan pada tahun 2015 dengan tambahan kata ‘Grand New’.  Low MPV ini ditawarkan dalam dua versi, yakni Grand New Avanza dan Grand New Veloz.

Keberhasilan Toyota Avanza eksis hingga tahun 2017 ini menunjukkan bahwa banyak konsumen yang menyukai mobil ini. Baik dari segi tampilan maupun spesifikasi Toyota Avanza. Akan tetapi mungkin belum banyak yang mengetahui fakta dari MPV 7-penumpang Toyota ini.

Supaya lebih jelas berikut adalah fakta menarik Toyota Avanza Indonesia, sebagaimana dilansir dari Liputan6.

Makna nama Avanza

Mungkin tidak sedikit yang bertanya apa sebenarnya arti nama Avanza. Diketahui bahwa nama tersebut berasal dari bahasa Italia (Romawi), avazanto. Bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah maju, canggih, lanjutan dan lanjut.

Demikian pula dengan saudara kembarnya, Daihatsu Xenia yang penamaannya juga diambil dari bahasa asing, Yunani. Xenia diambil dari kata “Xenos”, yang bermakna tamu atau orang asing.

Mobil ini bukanlah satu-satunya model yang penamaannya diambil dari bahasa asing. Tahun lalu Toyota dan Daihatsu meluncurkan Calya dan Sigra yang mengisi segmen LCGC 7-seater. Keduanya diambil dari bahasa Sansekerta yang menjadi bahasa dominan di Tanah Air pada masa kerajaan Hindu.

Avanza diproduksi di pabrik Daihatsu

Avanza memang menjadi salah satu mobil Toyota. Akan tetapi perlu diketahui bahwa LMPV ini tidak diproduksi di pabrik Toyota, melainkan di pabrik milik Daihatsu. Hal serupa juga dilakukan pada model lain seperti Rush, Agya dan Calya. Seperti yang sudah jamak diketahui, model-model tersebut merupakan mobil hasil kolaborasi Toyota dan Daihatsu.

Hal tersebut merupakan bagian dari strategi perusahaan. Keduanya dapat bekerja sama dengan baik dalam menghadirkan mobil baru. Ada pembagian kerja yang ditetapkan, dimana Daihatsu memang mendapat bagian dalam proses produksi.

Baca juga: Tips Membeli Mobil Toyota Avanza Bekas

Mobil sejuta umat

Mobil Toyota Avanza Indonesia memiliki julukan sebagai mobil sejuta umat. Gelar ini mengikuti julukan yang diberikan kepada tokoh agama Zainuddin MZ yang dijuluki sebagai Dai Sejuta Umat.

Gelar mobil sejuta umat pada Avanza memang bukan asal beri. Populasi mobil Avana di Indonesia sudah mencapai angka tersebut. Tidak hanya itu, pada April 2015 kemarin Toyota Avanza Indonesia sudah terjual lebih dari 1,3 juta unit. Angka yang cukup besar untuk ukuran kendaraan roda empat.

Demikian adalah beberapa fakta seputar Toyota Avanza Indonesia. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan Anda, terutama untuk Anda yang memang memiliki mobil Toyota ini.

Source: veloz 1 3 silver, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply