Home Auto News Spesifikasi dan Harga Motor Tiga Roda Tiger yang Jadi Viral

Spesifikasi dan Harga Motor Tiga Roda Tiger yang Jadi Viral

0 84

Motor Tiga Roda, Belum lama ini dunia maya dihebohkan dengan sesosok motor roda tiga. Setelah ditelusuri rupanya produk ini bukanlah hasil modifikasi motor roda tiga, melainkan benar-benar motor roda tiga seperti mobil. Dari informasi yang ada, kendaraan yang tidak lazim ditemui di Indonesia ini merupakan produk China dan Taiwan yang dirakit di Tanah Air.

Sepeda motor roda tiga ini bernama Mini Green Car Matic. Menurut laporan Otomotifnet, motor ini sudah diproduksi sejak tahun 2002 dengan nama ‘Tiger’. Di Tanah Air, salah satu perwakilan yang menangani pemasaran produk tersebut adalah Kost Putra Cartenz Solo.

Ezha, salah satu tenaga penjual di Kost Putra Cartenz Solo mengungkapkan bahwa Solo hanyalah cabangnya saja. Sedangkan pusat perakitannya ada di Jawa Timur.

Menurut brosur spesifikasinya, motor roda tiga mewah ini dapat memuat hingga 2 penumpang dan 1 pengendara. Sedangkan bobot motor ini hanya sekitar 100 kg.

Motor roda tiga tertutup ini bukan kendaraan konvensional yang menggunakan bahan bakar minyak. Motor Tiger ini mengandalkan Accu kering 60V-20 A dengan jenis Sealed Lead Acid (SLA) ukuran 12 Volt 12 Ah. Lalu untuk tenaga yang dihasilkan motor tersebut mencapai 800 Watt.

Dengan daya tersebut, Mini Green Car Matic disebut dapat melesat hingga jarak 50 km, dengan kecepatan sekitar 40 km/jam. Apabila baterai habis dapat diisi ulang melalui charger dengan daya 150 watt. Waktu yang dibutuhkan hingga baterai tersebut penuh adalah 5 jam.

Tawaran lain dari motor tiga roda ini adalah kemampuannya untuk berjalan mundur, persis seperti mobil sungguhan. Sedangkan pengoperasian motor ini dinilai mudah karena dibekali panel kemudi yang dirancang menyerupai motor matic. Lalu untuk peranti penghenti laju terdapat di bagian setang dan di bawah.

Motor tiga roda ini juga dilengkapi dengan kunci di bagian pintu. Selain itu jok juga dapat dimajukan atau dimundurkan sehingga bisa disesuaikan kebutuhan pengguna. Tidak cukup sampai di situ, motor roda tiga ini juga memiliki kaca depan plus wiper.

Motor ini tersedia dalam tiga pilihan warna, antara lain merah, putih dan abu-abu. Harga motor roda tiga ini di Indonesia mencapai Rp 39 juta.

Perlu dicatat, motor ini tidak dijual bersama garansi untuk kelistrikan. Sedangkan untuk suku cadang disediakan dan dijual oleh perwakilan marketing Mini Green Car Matic ini.

“Untuk spare part-nya kami sediakan. Namun untuk garansi, selama ini memang nggak ada. Dan nggak ada masalah bagi konsumen,” ungkap Ari, pramuniaga di Kost Putra Cartenz.

Lebih lanjut rupanya motor tiga roda ini belum terjual satu unit pun di Solo. Ezha mengungkapkan hal tersebut kemungkinan karena harganya yang tinggi dan belum tersedia pilihan kredit via leasing. Kendati begitu ia mengatakan motor ini cukup diminati di luar daerah.

“Terutama untuk di luar Pulau Jawa, sudah banyak yang beli,” ungkapnya.

Sementara itu, menurut Rita, seorang tenaga penjual distributor di Surabaya mengatakan bahwa motor ini tidak disertai dengan surat seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) maupun Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Alasan dia, motor tiga roda ini mengandalkan mesin listrik dengan kecepatan maksimum hanya 40 km/jam. “Jadi kalau menurut peraturan, jika masih di bawah itu tidak dilengkapi surat,” ungkap Rita, dilansir dari Otomania.

Sementara itu, menurut AKBP Iwan Saktiadi, Kasubdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya mengatakan bahwa seluruh kendaraan bermotor harus memiliki surat-surat tanpa terkecuali.

“Aturan untuk kendaraan listrik sedang kita buat dan belum diputuskan. Acuannya bukan berdasarkan kecepatan, kecuali sepeda listrik, kalau motor listrik jelas harus ada,” ujarnya.

Ia menambahkan, sebaiknya pedagang motor tiga roda listrik memberikan bukti. Bisa berupa nomor rangka ataupun nomor yang tertera di motor listrik tersebut. Dengan begitu, saat ditanya pihak kepolisian bisa menunjukkan bukti tersebut untuk sementara sampai regulasi, pajak dan surat kendaraan listrik dikeluarkan.

Motor roda tiga listrik ini memang cukup menarik. Terlebih desainnya yang tertutup sehingga tidak membuat pengguna kepanasan. Akan tetapi jika Anda tertarik membeli sepeda motor roda tiga ini patut waspada dan kritis. Anda harus memeriksa segala sesuatunya, mulai dari bagaimana kendaraan tersebut, layanan purna jual, suku cadang dan lain sebagainya. Dengan begitu Anda terhindar dari penipuan saat tertarik memiliki motor tiga roda tersebut.

Source: harga sepeda motor tiger 2014, tiger motor mini roda tiga#spf=1, perakitan motor roda ti, motor tiga roda tiger, motor roda tiga tiger, Modifikasi motor matik menjadi motor roda 3 mewah, modifikasi green roda 3, mobil tiga roda tiger, mobil harga motor, mobil 3 roda tiger, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply