Home Motor 9 Sepeda Motor Tertutup Atau Beratap, Ini Daftarnya

9 Sepeda Motor Tertutup Atau Beratap, Ini Daftarnya

0 1342

Motor Tertutup, Dunia otomotif baru-baru ini dihangatkan dengan pemberitaan mengenai motor listrik roda tiga Tiger. Motor asal Taiwan ini menjadi viral di dunia maya setelah tertangkap kamera sedang melintas di jalanan Solo, Jawa Tengah. Kemunculan motor roda tiga tertutup ini menyita perhatian masyarakat luas karena beberapa hal.

Yang pertama jelas karena desainnya. Walaupun berstatus sebagai sepeda motor, produk ini memiliki bentuk yang tertutup layaknya mobil. Dengan begitu pengguna akan terlindung dari panas ataupun hujan. Selain itu motor roda tiga ini dinilai mudah digunakan dan tidak mudah terjatuh sehingga cocok untuk pengguna yang belum lihai mengendarai motor maupun mobil.

Berbicara soal motor roda tiga seperti mobil, sebenarnya produsen asal Taiwan yang memproduksi Tiger itu bukanlah satu-satunya. Sebab ada beberapa motor tiga roda maupun motor tertutup lain yang sempat menghebohkan jagat otomotif. Untuk itu pada kesempatan ini akan dibahas seputar apa saja sepeda motor beratap yang sempat diperkenalkan ke hadapan pecinta roda dua. Berikut adalah informasi selengkapnya yang dapat Anda simak, mengutip dari laman Liputan6.

Daftar sepeda motor tertutup/beratap

  1. BMW C1

Salah satu perusahaan otomotif asal Jerman, BMW terkenal memiliki produk yang berkualitas premium. Tidak hanya itu, BMW juga pernah menghadirkan dengan penutup yang diberi nama BMW C1. Motor ini dijual dalam dua versi mesin, yakni 125 cc dan 200 cc.

Hanya saja tidak diketahui bagaimana nasib produk ini. Akan tetapi dikatakan bahwa BMW C1 bekas masih bertahan di pasaran.

  1. Benelli Adiva

Benelli juga pernah membuat motor tiga roda yang diberi nama Adiva. Modelnya tampak mirip dengan BMW C1. Akan tetapi panel atap motor ini lebih tipis. Dampaknya Benelli Adiva tidak cocok dipakai dalam cuaca yang dingin. Usia motor roda tiga Benelli ini tidak panjang. Menurut informasi Adiva hanya dibuat pada tahun 2001 sampai 2006.

  1. Honda Gyro Canopy

Produsen motor asal Jepang, Honda rupanya juga pernah membuat motor tiga roda beratap. Motor tersebut adalah Gyro Canpoty yang diproduksi sejak 1990. Disebutkan bahwa produk ini cukup laris di pasaran. Pasalnya hingga saat ini motor tersebut sudah terjual puluhan ribu unit.

  1. Peugeot HYmotion 3

Peugeot menjadi produsen motor asal Prancis lain yang pernah menghadirkan motor roda tiga. Produk yang ditawarkan adalah HYmotion 3. Motor yang diproduksi tahun 2008 ini memiliki kaca transparan dari depan hingga bagian atap.

Peugeot HYmotion 3 memiliki tiga roda. Dua diantaranya diletakkan di depan sedangkan sisanya di belakang.

  1. Toyota i-Road

Mungkin Anda pernah mendengar kendaraan yang satu ini. Toyota menggebrak pasaran dengan memperkenalkan produk terbaru uniknya yang diberi nama i-Road. Hanya saja belum dijelaskan apakan produk ini masuk kategori mobil atau motor.

Toyota i-Road mengandalkan dua mesin elektrik yang dikombinasikan dengan penggerak roda depan. Kendaraan roda tiga ini diklaim dapat dipacu hingga 50 km. i-Road memadukan unsur fleksibilitas dan kompak sepeda motor dengan kenyamanan dan waterproof yang dimiliki mobil.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Motor Tiga Roda Tiger

  1. Quasar

Motor beratap yang satu ini bisa dikatakan yang paling tua. Sebab motor asal Inggris ini dipasarkan pada tahun 1075 hingga 1982. Quasar mengandalkan dapur pacu 4 silinder, water cooled dengan kapasitas 850 cc. Motor yang hanya bertahan selama tujuh tahun ini tergolong langka. Alasannya Quasar hanya dibuat sebanyak 21 unit saja.

  1. Honda Elysium

Tidak hanya memiliki Gyro Canopy, Honda juga sempat memperkenalkan motor konsep Honda Elysium. Model konsep ini sempat dipamerkan pada tahun 2001. Desainnya terlihat cukup menarik dan modern. Daya tarik lainnya adalah dukungan empat mesin berkapasitas 750 cc yang dibenamkan pada motor tertutup ini. Hanya saja Honda tidak memproduksinya secara massal.

  1. Lit C1

Lit C1 adalah motor tertutup seperti mobil yang memiliki keunikan tersendiri. Walaupun merupakan kendaraan roda dua, produk butan Lit Motors ini diklaim mempunyai kemampuan layaknya mobil. Hanya saja kendaraan ini masih berupa prototipe saja.

  1. Peraves Ecomobile / MonoTracer

Motor tertutup terakhir adalah Ecomobile. Sepeda motor dengan atap ini dihadirkan pada tahun 1982. Lalu pada generasi selanjutnya berganti nama menjadi MonoTracer. Keunikan kendaraan ini adalah bodinya yang memakai bahan carbon kevlar monocoque. Hanya saja motor tertutup ni hanya bertahan hingga 2015.

Itulah daftar motor roda tiga dan motor tertutup seperti mobil yang dapat kami sampaikan. Seluruh model di atas memang tidak dijual di Tanah Air. Akan tetapi, bila salah satunya dijual di Indonesia, mana yang menjadi pilihan Anda?

Source: motor roda tiga tertutup, motor beratap, motor tertutup, sepeda motor tertutup, motor roda 3 tertutup, harga motor tertutup, sepeda motor beratap, harga motor beratap, motor tertu, motor beratap indonesia, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply