Home Honda Komparasi 3 Mobil MPV Indonesia 2017 Murah

Komparasi 3 Mobil MPV Indonesia 2017 Murah

Mobil MPV, Kehadiran mobil baru di Indonesia seakan tidak pernah usai. Setiap tahun selalu ada mobil terbaru yang meramaikan pasar otomotif nasional. Dari beberapa jenis kendaraan roda empat yang dijual di Tanah Air, low multi purpose vehicle (LMPV) masih menjadi penguasanya. ‘Mobil keluarga’ ini masih tetap diminati masyarakat luas meskipun di sisi lain penjualan sport utility vehicle (SUV) terpantau berkembang signifikan.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), dari Januari hingga November kemarin penjualan mobil LMPV menembus angka 230.649 unit. Memang bukan yang terbaik bila dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya yang dapat mencapai 242.943 unit.

Antara segmen LMPV dengan segmen lain juga terpaut selisih yang cukup jelas. Segmen city car dan LCGC yang penjualannya berada di bawah LMPV membukukan penjualan 183.530 unit. Disusul pikap dengan total 183.168 unit. Sementara LSUV menyumbang angka penjualan 67.520 unit dan SUV 51.202 unit.

Hal inilah yang membuat pabrikan mobil di Tanah Air berminat untuk menghadirkan mobil MPV buatannya. Sementara pemain lama yang sudah lebih dulu hadir tampak berusaha mempertahankan dan meningkatkan prestasinya di segmen LMPV.

Seperti yang diketahui, saat ini Toyota Avanza tetap menjadi pemimpin. Tidak hanya di segmen LMPV, penjualan mobil Toyota ini menjadi yang terbesar dibandingkan model lain yang diniagakan di Indonesia. Tak mengherankan bila mobil ini menyandang gelar sebagai ‘mobil sejuta umat’.

Sementara itu, model lain seperti Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga tampak terus berusaha untuk mengejar penjualan Avanza yang masih tinggi. Lantas bagaimana bila tiga mobil MPV murah ini diadu? Berikut adalah perbandingan ketiganya untuk tipe terendah, sebagaimana mengutip dari laman Liputan6 dan situs resmi masing-masing merek.

Dimensi

Melihat ukurannya, nyaris tidak ada perbedaan berarti di antara ketiganya. Mobilio memiliki panjang 4.386 mm, dengan lebar 1.683 mm dan tinggi 1.603 mm. Lalu Avanza punya panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm dan tinggi 1.695 mm. sedangkan Ertiga memiliki panjang 4.265 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi yang mencapai 1.685 mm.

Dari ketiga mobil MPV tersebut, Mobilio menjadi yang terpanjang, disusul Ertiga dan Avanza. Sementara Ertiga menjadi yang paling lebar dan Avanza yang paling tinggi.

Mesin dan transmisi

Beralih ke sektor performa, Toyota Avanza mengusung mesin 4 silinder, 16 valve, DOHC, Dual VVT-i dengan kapasitas 1,3 liter. Lalu Mobilio memakai mesin 1.5 liter SOHC 4 silinder segaris, 16 katup, i-VTEC + DBW. Dan Suzuki Ertiga membawa jantung pacu K14B berkapasitas 1,3 liter, 4 silinder, 16 katup.

Melihat data tersebut, Honda Mobilio jelas unggul dalam hal tenaga mesin. MPV Honda ini dapat mengeluarkan tenaga 118 PS pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.600 rpm. Disusul Avanza yang memiliki daya 96,5 PS pada 6.000 rpm dan torsi 12,3 Kgm pada 4.200 rpm. Sementara tenaga yang dapat dihembuskan mesin Ertiga mencapai 92 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimum 130 Nm pada 4.000 rpm.

Sistem perpindahan gigi ketiga LMPV di atas sama, yakni transmisi manual 5-percepatan.

Fitur

Fitur keamanan

Untuk keamanan, setidaknya ada empat fitur inti. Fitur tersebut adalah immobilizer, central lock, perangkat anti maling dan alarm mobil. Toyota Avanza tipe 1.3 E MT dan Suzuki Ertiga GA/MT menjadi yang unggul karena memiliki keempat fitur tersebut. Sementara Honda Mobilio tipe S M/T tidak memiliki fitur central lock dan alarm.

Fitur keselamatan

Untuk segi penunjang keselamatan, setidaknya ada 12 fitur yang terdaftar. Seperti airbag, ABS dan front impact. Hanya saja tidak ada satu model pun yang memiliki 12 fitur tersebut. Sebagai contoh, ketiga mobil ini tidak dilengkapi dengan airbag samping-depan.

Lalu ada fitur yang terdapat pada Avanza dan Mobilio namun tidak terdapat pada Ertiga. Fitur tersebut adalah sistem ABS. Sementara seluruh fitur keselamatan yang disematkan pada Ertiga juga tersedia pada Avanza maupun Mobilio.

Fitur lain

Selain fitur keamanan dan keselamatan, masih ada fitur lain yang lazim dijumpai pada mobil baru di Indonesia. Setidaknya ada 50 fitur yang tercatat. Dari sekian banyak daftar fitur tersebut, Mobilio menjadi yang paling unggul karena sudah memiliki 35 fitur. Disusul Ertiga yang mengantongi 32 fitur dan Avanza yang berada di urutan bawah dengan mengusung 29 fitur.

Harga

Selain tawaran spesifikasi mesin dan fitur, banderol harga juga menjadi fokus calon konsumen di Tanah Air sebelum membeli mobil baru. Untuk urusan ini, Suzuki Ertiga GA MT menjadi yang paling ekonomis. Pasalnya LMPV ini dibanderol dengan harga Rp 184 juta.

Sedangkan harga Honda Mobilio tipe S Rp 189,5 juta. Untuk harga Toyota Avanza tipe E MT mencapai Rp 189,7 juta.

Sekian ulasan komparasi 4 mobil MPV murah yang bisa kami sampaikan. Ketiga LMPV ini menawarkan kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik dari segi dimensi, desain, fitur, spesifikasi dan harga. Untuk mana model yang terbaik kembali ke tangan Anda.

Source: Komparasi mpv, comparasi mobil sejuta umat, perbandingan low mpv 2017, MPV Mitsubishi Pesaing Avanza Usung Konsep Crossover 7, mobil mpv terpanjang, mobil LMPV, mobil keluarga terpanjang di indonesia, mitsubishi mx concept, komparasi mobil mpv indo 2017, komparasi mobil mpv, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply