Home Auto News Hasil MotoGP Qatar 2017, Kemenangan Vinales Bersama Yamaha

Hasil MotoGP Qatar 2017, Kemenangan Vinales Bersama Yamaha

0 197

Hasil MotoGP Qatar, Qatar menjadi pembuka ajang pembuka dari balap motor bergengsi MotoGP.  Dalam balapan tersebut ada pertarungan yang cukup sengit dengan melibatkan pembalap Yamaha dan Ducati. Di kubu Yamaha ada Maverick Vinales dan untuk kubu Ducati ada Andrea Dovizioso. Pertempuran sengit ini terjadi di enam lap terakhir MotoGP Qatar, Minggu (26/3/2017).

Awalnya, balap MotoGP sempat ditunda selama 40 menit dari jadwal semula. Alasannya gerimis membasahi lintasan balap. Setelah itu pembalap MotoGP memulai pertandingan di sirkuit Losail dengan memakai ban slick.

Selepas pertandingan dimulai, cukup sulit untuk menentukan siapa yang akan menjadi juara MotoGP Qatar 2017. Andrea Iannone yang menjadi pembalap Suzuki mengawali balap di posisi dua. Ia berhasil melesat ke depan di tikungan pertama. Disusul oleh Johann Zarco dari Yamaha Tech3.

Sementara Vinales yang start dari pole position tampak mengalami permasalahan di awal balap. Hal ini membuatnya turun ke urutan lima. Sesudah beberapa tikungan, Zarco berhasil mendahului Ianone dan menjadi pembalap terdepan. Tidak cukup sampai di situ, Marc Marquez dari tim Honda berhasil merebut posisi kedua dari tangan Iannone.

Hanya saja hal tersebut tidak bertahan lama. Pasalnya Dovizioso yang mengandalkan ban kompon medium dan lunak berhasil menaklukkan Marquez. Lalu Zarco masih tangguh memimpin jalannya pertandingan. Terpaut jarak cukup jauh antara Zarco dengan Dovizioso. Hanya saja Zarco gagal mempertahankan performa terbaiknya setelah keluar trek di lap tujuh. Alhasil posisi terdepan berpaling kepada Dovizoso.

Sementara itu Marquez yang berada di posisi kedua terus diikuti oleh Iannone. Sayangnya Iannone jatuh di lap 11 yang memupuskan harapannya untuk merebut peringkat kedua. Posisi Dovizioso perlahan mulai terancam oleh keberadaan Vinales yang mengusung ban medium. Hingga pada akhirnya di lap 15 Vinales berhasil mendahului Dovizioso.

Tidak berhenti sampai di situ saja. Pergantian posisi terus terjadi hingga lap 19. Pertempuran sengit ini dimenangkan oleh Vinales dan menjadi kemenangan kedua di ajang MotoGP. Sebelumnya pembalap muda ini pernah meraih podium tertinggi saat membela tim Suzuki.

Sebagai informasi, Dovizioso sebenarnya dapat memacu Ducati GP17 hingga menembus kecepatan 342,9 km/jam. Sementara Vinales yang mengandalkan Yamaha M1 hanya memacunya hingga kecepatan maksimum 347,2 km/jam.

“Saya bisa saja nekat lebih kencang, tapi tidak saya lakukan! Saya menyadari ban belakang terlalu lembut untuk menyelesaikan balapan,” kata Dovi, dikutip dari Otomotifnet.

“Sehingga keunggulan pada motor hanya bergantung pada lintasan lurus, sayangnya tak berhasil. Tapi setidaknya kita bisa senang naik podium,” tambahnya.

Baca juga: Jadwal Balap MotoGP 2017

Sementara itu hasil positif juga diraih oleh Aleix Espargaro. Pembalap Aprilia ini berhasil mengamankan posisi keenam. Hasil ini menjadi finish terbaik Aprilia yang kembali sebagai tim pabrikan sejak 2015 atas nama tim Gresini.

Performa tak kalah menarik juga ditampilkan oleh pembalap legendaris Yamaha, Valentino Rossi. Mengawali start dari posisi 10, pembalap asal Italia ini berhasil finish di urutan ketiga.

“Saya tak tahu apa yang terjadi. Tapi saya menikmati sekali balapan kali ini karena semuanya bagus, bila mengerem dengan baik. Setidaknya kita membuka balapan kali ini dengan podium. Sehingga kita memahami bagaimana kelanjutan balapan ke depannya,” jelas Rossi.

Vinales yang memenangkan MotoGP 2017 Qatar mengaku senang sekali bisa memenangkan pertandingan bersama Yamaha. Ia mengakui bahwa sirkuit Losail sangat sulit, hingga membuatnya banyak melindas kerb atau pembatas sirkuit.

“Selain itu performa motor juga sangat bagus. Tim telah melakukan pekerjaan bagus dan mereka selalu ada ketika dibutuhkan. Sangat bangga bisa bersama Yamaha,” kata rekan satu tim Rossi ini.

Hasil MotoGP Qatar 2017

Pos.RiderNationTeamTime/Gap
1Maverick VIÑALESSPAMovistar Yamaha MotoGP38'59.999
2Andrea DOVIZIOSOITADucati Team+0.461
3Valentino ROSSIITAMovistar Yamaha MotoGP+1.928
4Marc MARQUEZSPARepsol Honda Team+6.745
5Dani PEDROSASPARepsol Honda Team+7.128
6Aleix ESPARGAROSPAAprilia Racing Team Gresini+7.661
7Scott REDDINGGBROCTO Pramac Racing+9.782
8Jack MILLERAUSEG 0,0 Marc VDS+14.486
9Alex RINSSPATeam SUZUKI ECSTAR+14.788
10Jonas FOLGERGERMonster Yamaha Tech 3+15.069
11Jorge LORENZOSPADucati Team+20.516
12Loris BAZFRAReale Avintia Racing+21.255
13Hector BARBERASPAReale Avintia Racing+28.828
14Karel ABRAHAMCZEPull&Bear Aspar Team+29.123
15Tito RABATSPAEG 0,0 Marc VDS+29.470
16Pol ESPARGAROSPARed Bull KTM Factory Racing+33.601
17Bradley SMITHGBRRed Bull KTM Factory Racing+39.704
18Sam LOWESGBRAprilia Racing Team Gresini+47.131

Gagal Finish

  • Danilo Petrucci Octo Pramac Racing (Desmosedici GP17)
  • Andrea Iannone Team Suzuki Ecstar (GSX-RR)
  • Alvaro Bautista Aspar MotoGP Team (Desmosedici GP16)
  • Johann Zarco Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1)*
  • Cal Crutchlow LCR Honda (RC213V)

Demikian berita terbaru hasil MotoGP Qatar 2017. Kira-kira seperti apa pertandingan MotoGP seri berikutnya?

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply