Home Uncategorized F1 Australia 2017, Ferrari Taklukkan Duo Mercedes

F1 Australia 2017, Ferrari Taklukkan Duo Mercedes

0 118

F1 Australia, Ferrari tampil gemilang di seri pembuka F1 2017 yang berlangsung di Australia. Pasalnya salah satu pembalapnya, Sebastian Vettel berhasil keluar sebagai pembalap tercepat. Ia menaklukkan Lewis Hamilton dengan strategi pitstop. Prestasi ini menjadi kemenangan pertama Ferrari sejak F1 Singapura 2015.

Vettel bisa dikatakan beruntung dengan strategi pitstop yang tepat dari tim Ferrari. Alhasil Vettel berhasil memimpin jalannya pertandingan di paruh kedua balapan. Bahkan selisih jarak antara Vettel dengan Hamilton yang berada di posisi kedua cukup jauh, yakni mencapai 9,9 detik.

Padahal pada awal pertandingan Vettel berada di posisi kedua, tepat di belakang Hamilton. Akan tetapi Vettel sanggup membuntutinya hingga pitstop. Mercedes memutuskan Hamilton untuk masuk pit lebih awal pada lap 19 untuk memperoleh laptime yang lebih baik dengan ban baru.

Hanya saja pada akhirnya rencana tersebut tidak semulus harapan. Max Verstappen dari Red Bull Racing tampak menahan Hamilton beberapa lap sehingga membuat pembalap Mercedes ini kehilangan waktu. Tidak berhenti sampai di situ, Hamilton juga mengalami masalah understeer yang membuat situasi bertambah sulit.

Sementara itu, Vettel berhasil melakukan undercut berkat aliran udara bersih di depannya dan laptime yang konsisten. Hal ini membuatnya berada di depan Hamilton ketika keluar pit pada lap 24.

Lalu Valtteri Bottas yang menjadi rekan satu tim Hamilton sempat memberikan ancaman kepada Hamilton ketika menunjukkan kecepatan yang lebih baik di menit-menit terakhir balapan F1 Australia. Pada akhirnya Bottas berhasil finish di urutan ketiga. Disusul oleh Kimi Raikkonen yang menempati urutan keempat.

Sedangkan Ricciardo harus menerima kekalahan setelah gagal meneruskan pertandingan lantaran mengalami masalah gearbox. Sebelumnya mobil yang dipakai pembalap Red Bull Racing ini sempat mogok ketika menuju grid.

Balap F1 2017 Australia juga diwarnai oleh kecelakaan. Tabrakan melibatkan pembalap Haas F1, Kevin Magnussem dan Marcus Ericsson dari Sauber di awal pertandingan, tepatnya di tikungan 3 setelah start.

Tim McLaren-Honda juga gagal memberikan performa terbaiknya. Torehan terbaik dilakukan oleh Stoffel Vandoorne yang finish ke posisi 13. Sementara Fernando Alonso tidak berhasil meneruskan pertandingan setelah mengalami kerusakan suspensi saat akhir balapan.

“Luar biasa! Terima kasih semuanya. Ini yang kami perlukan. Mereka (kru) tidak banyak tidur. Mobil berperilaku sangat baik. Sangat enak dikemudikan. Hari yang indah. Terima kasih,” kata Vettel, dikutip dari Dapurpacu.

Ia mengungkapkan bahwa startnya tidak terlalu bagus untuk memberikan tekanan kepada Hamilton saat menuju tikungan pertama. “Tapi saya harus mengatasi Valtteri. Saya mau memberi tekanan. Kami di sini untuk bertarung. Beruntung Lewis keluar di belakang mobil lain. Kerja yang bagus. Saya lihat sangat banyak dukungan di sekitar trek,” ungkapnya.

Baca juga: Jadwal F1 2017 Lengkap

Sedangkan Ricciardo yang mengalami pekan yang berat mengaku senang dengan F1 Australia 2017. Meski begitu ia juga merasa bersalah kepada semua orang, termasuk fansnya.

“Seperti memburuk dari kemarin. Penalti lima posisi terdengar cukup buruk saat kami punya masalah lain,” ujarnya.

Kendati begitu ada sisi positif yang bisa diambil. Timnya dapat mengumpulkan data dari mobil walaupun tidak berhasil melaju sampai garis finish. Setelah ditelaah lebih jauh, rupanya penyebab mobil mogok di lintasan adalah tekanan bahan bakar yang mengalami permasalahan.

Sementara itu, Kimi Raikkonen yang gagal masuk tiga besar merasa kecewa dengan hasil akhir F1 Australia 2017. Mobil yang ia pakai kembali mengalami masalah understeer. Kendati begitu ia yakin bisa bersaing untuk memperoleh hasil terbaik, berkaca dari performa Vettel.

“Itu bagus untuk dia, bagus untuk tim, seperti saya bilang, kami punya basis yang bagus, mobil bagus, tapi masih banyak yang harus dikerjakan,” kata dia.

Hamilton yang mengamankan peringkat kedua merasa senang walaupun juga kecewa karena gagal menang. Ia berpendapat kemenangan Ferrari sudah cukup lama tidak terjadi. Performa Ferrari ini juga sudah ia duga setelah melihat hasil tes pra musim lalu.

“Saya tahu sudah waktunya untuk mendapat hasil seperti ini. Itu artinya kami akan mendapat perlawanan kuat, yang mana menyenangkan. Menurut saya itu bagus untuk para fans,” ucap Hamilton.

Hasil F1 Australia 2017

POSDRIVERCARTIME/RETIRED
1Sebastian VettelFERRARI1:24:11.672
2Lewis HamiltonMERCEDES+9.975s
3Valtteri BottasMERCEDES+11.250s
4Kimi RäikkönenFERRARI+22.393s
5Max VerstappenRED BULL RACING TAG HEUER+28.827s
6Felipe MassaWILLIAMS MERCEDES+83.386s
7Sergio PerezFORCE INDIA MERCEDES+1 lap
8Carlos SainzTORO ROSSO+1 lap
9Daniil KvyatTORO ROSSO+1 lap
10Esteban OconFORCE INDIA MERCEDES+1 lap
11Nico HulkenbergRENAULT+1 lap
12Antonio GiovinazziSAUBER FERRARI+2 laps
13Stoffel VandoorneMCLAREN HONDA+2 laps
NCFernando AlonsoMCLAREN HONDADNF
NCKevin MagnussenHAAS FERRARIDNF
NCLance StrollWILLIAMS MERCEDESDNF
NCDaniel RicciardoRED BULL RACING TAG HEUERDNF
NCMarcus EricssonSAUBER FERRARIDNF
NCJolyon PalmerRENAULTDNF
NCRomain GrosjeanHAAS FERRARIDNF

Itulah hasil F1 Australia 2017. Nantikan seri balap Formula 1 berikutnya.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply