Home Auto News Mobil Toyota Agya Terbaru Siap Mengaspal Pekan Depan?

Mobil Toyota Agya Terbaru Siap Mengaspal Pekan Depan?

0 299

Mobil Toyota Agya, Setelah serangkaian bocoran Toyota Agya terbaru bocor di dunia maya, rupanya peluncuran mobil murah ramah lingkungan ini juga semakin dekat. Menurut informasi, PT Toyota Astra Motor (TAM) akan menghadirkan mobil baru ini dalam waktu dekat. LCGC Toyota terbaru ini kabarnya akan meluncur pada 7 April 2017 nanti. Itu artinya Toyota Agya 2017 ini akan menyapa kurang lebih satu pekan lagi.

Pihak Toyota juga mulai terbuka saat ditanyai perihal mobil Toyota terbaru ini. Nantinya saudara Daihatsu Ayla ini akan dijual dama dua pilihan mesin, yakni 1.0 L dan 1.2 L. Sementara informasi mengenai fitur akan dijelaskan saat peluncuran nanti. Akan tetapi beredar informasi bahwa mobil murah Toyota ini akan dilengkapi dengan fitur penunjang keselamatan Anti-lock Brake System (ABS).

“Ada (ABS) tapi nanti kita akan jelasin, tapi kalau engine iya ada 1.0 dan 1.2. Secara fitur nanti kita kasih tahu,” ujar Fransiscucs Soerjopranoto, Executive General Manager Vehicle Sales Operation Sub Directorate PT TAM, dikutip dari DetikOto.

Ia menerangkan, kehadiran mobil Toyota Agya terbaru ini memang menjadi bagian dari siklus baru penyegaran di mobil Toyota. “Kebutuhan customer terhadap refreshment mereka udah butuh tahun ini jadi kita survei juga sama, kita kan ada model life management,” ungkapnya.

Hal lain yang cukup menarik untuk dibahas adalah peluncuran Agya. Tanggal rilis mobil terbaru Toyota ini berdekatan dengan Suzuki Ignis. Kendati begitu TAM menegaskan bahwa Agya terbaru hadir bukan untuk menghadang crossover mungil buatan Suzuki itu.

“Masing-masing punya strateginya kita nggak bisa halangin juga cuma berapa besar kemampuan mereka penetrasi itu marketnya ada atau nggak, strategi betul atau nggak,” ungkap Fransiscus.

Ia mengungkapkan, pihaknya tidak khawatir dengan kehadiran Ignis yang berpotensi mengganggu pasar Toyota. “Suzuki Ignis takut atau nggak kita gak khawatir. Suzuki masuk hybrid diesel yang MPV Low kita biasa-biasa aja, walaupun kita dengar Suzuki itu

bagus di India tapi pasar di India dan Indonesia nggak sama,” jelasnya.

Untuk informasi tambahan, hingga saat ini belum ada informasi resmi seputar harga Suzuki Ignis. Akan tetapi disebutkan bahwa mobil baru Suzuki ini akan dijual hingga Rp 160 jutaan. Sementara Toyota Agya yang dijual di Tanah Air saat ini dibanderol mulai Rp 116,98 juta untuk tipe E M/T sampai Rp 139,61 juta untuk tipe TRD S A/T.

Mobil Toyota Agya terbaru mendapat penyegaran di beberapa titik. Selain pilihan dapur pacu baru, sisi eksterior juga akan berbeda. Dari hasil render Otomotifnet yang didasarkan dari potongan part Agya yang beredar di dunia maya, mobil ini mengusung grill yang didesain seperti Grand New Veloz.

Untuk desain lampu depan juga terlihat berbeda dari model sebelumnya. Sementara ubahan tampilan belakang dibuat mengikuti ubahan pada lampu dan bumper depan. Menurut bocoran, mobil murah Toyota ini akan dilengkapi dengan lampu bealkang LED. Sementara sektor roda mengusung pelek berdiameter 14 inci.

Segi fitur, hadirnya ABS pada sistem pengereman akan menjadi salah satu modal Toyota Agya 2017 untuk memikat konsumen. Hanya saja fitur tersebut tersedia untuk varian tertinggi saja. Selain itu juga disematkan fitur lain yang diwarisi dari Agya lama. Seperti seatbelt 3-titik di semua tempat, Seatbelt Warning + Buzzer, Side Impact Beam, dudukan ISOFIX dan rem cakram ventilasi berdiameter 13 inci di bagian depan.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi Toyota Agya 2017

Sementara untuk dapur pacu, seperti yang sudah dijelaskan oleh pihak TAM akan tersedia dalam dua pilihan. Untuk mesin pertama adalah 1KR-VE berkapasitas 998 cc 3 silinder. Mesin ini mengadopsi teknologi VVT-i. Sementara output daya mencpai 66 dk pada putaran 6.000 rpm dan torsi mencapai 86 Nm pada 3.600 rpm.

Pilihan berikutnya adalah mesin 1.200 cc 3NR-VE Dual VVT-i. Mesin ini sama seperti milik Calya dan Sigra. Mesin 4 silinder ini lebih unggul dari mesin 3 silinder karena lebih minim getaran. Untuk tenaga yang dapat dihasilkan mencapai 87 dk pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 108 Nm pada 4.200 rpm. Mesin tersebut disandingkan dengan dua pilihan transmisi, yakni manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Jika penasaran dengan tampilan baru mobil Toyota Agya 2017 ini Anda harus sedikit bersabar lagi. Informasi seputar spesifikasi dan fitur Agya terbaru akan menyusul setelah TAM resmi merilisnya.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply