Home Honda Komparasi Yamaha Fino vs Honda Scoopy Terbaru

Komparasi Yamaha Fino vs Honda Scoopy Terbaru

0 402

Yamaha Fino vs Honda Scoopy, PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan All New Scoopy di Indonesia. Motor matic bergaya retro ini mengusung sejumlah pembaruan yang cukup menarik. Akan tetapi Honda Scoopy terbaru tidak sendirian. Di lain sisi Yamaha juga baru saja menghadirkan Fino Grande yang menjadi varian tertinggi Yamaha Fino.

Kedua skuter matik ini hadir untuk menjadi pilihan lain di pasar motor matic. Seperti yang diketahui, saat ini pasar skutik masih menjadi yang paling laris. Sementara itu, baik Honda Scoopy maupun Yamaha Fino sama-sama memiliki penggemar masing-masing.

All New Honda Scoopy 2017 yang baru saja mengaspal di Tanah Air hadir dalam tiga varian yang dijual Rp 17,8 juta. Sementara harga Yamaha Fino Grande yang baru dirilis Februari kemarin mencapai Rp 18,2 juta. Dengan selisih Rp 400 ribu, apa yang membedakan kedua skutik retro ini?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut akan diulas lebih jauh seputar perbandingan spesifikasi keduanya, yang dirangkum dari Metrotvnews.

Honda Scoopy vs Yamaha Fino Grande

Desain

Pertama-tama mari kita lihat desain motor Honda dan Yamaha ini. Keduanya memiliki desain yang serupa, yakni klasik dengan sentuhan kesan modern. Gaya desain membulat juga tak absen pada skutik ini. Meski sama-sama menawarkan keunikan tersendiri, ada sedikit perbedaan di antara Scoopy dan Fino.

Honda Scoopy terbaru dihadirkan untuk membidik konsumen muda. Motor ini juga cocok dipakai konsumen pria dan wanita. Lain halnya dengan motor Yamaha Fino Grande yang dihadirkan untuk wanita karir berusia muda.

Dimensi

Untuk dimensi, Fino Grande terlihat lebih besar. Panjang motor ini mencapai 1.870 mm, lebar 700 mm dan tinggi mencapai 1.066 mm. selisih tipis dengan Scoopy 2017 yang mempunyai panjang 1.840 mm, lebar 686 mm dan tinggi 1.061 mm.

Motor Yamaha dilengkapi dengan pelek berdiameter 14 inci yang dibalut dengan ban depan 70/90-14 dan belakang 80/90-14. All New Honda Scoopy tampil lebih memikat dengan pelek berukuran 12 inci. Pelek ini dipadukan dengan ban tebal dan lebar. Bagian depan berukuran 100/90-12 dan bagian belakang 120/90-12.

Fitur

Agar terlihat lebih menarik, Yamaha menyematkan fitur lampu LED untuk motor andalannya itu. Tidak hanya itu, motor terbaru Yamaha juga dibekali jok stylish dengan dual tone, stop & start system, advance key system, parking brake lock dan stand side switch. Sebagai pelengkap Fino Grande juga mengusung eco indicator, mesin dengan SMG starter dan bagasi berkapasitas 8,7 liter yang bisa dipakai memuat barang bawaan.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Honda Scoopy Terbaru

Sementara untuk Honda Scoopy terbaru mengandalkan lampu utama LED projector, spidometer kombinasi digital dan analog, serta kunci dengan remote dan alarm. Menariknya Honda membenamkan power socket yang memungkinkan pengguna untuk mengisi daya gadget kesayangan.

Fitur lain yang tersedia pada motor berlogo sayap mengepak ini adalah ACG starter, combi brake system, idling stop system, side stand switch, parking brake lock. Bagasi juga cukup luas, yakni mencapai 15,4 liter.

Mesin

Perbedaan lain terlihat pada sektor dapur pacu. All New Honda Scoopy mengusung mesin dengan kapasitas 110 cc eSP, SOHC, 4 klep pendingin udara. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 9 hp pada putaran 7.500 rpm dengan torsi puncak 9,4 Nm pada 6.000 rpm.

Lalu untuk Yamaha Fino Grande mengandalkan mesin 125 cc Blue Core, SOHC, 4 klep pendingin udara. Tenaga yang dapat disajikan mesin motor ini mencapai 9,3 daya kuda pada 8.000 rpm dan torsi mencapai 9,6 Nm pada 5.500 rpm.

Itulah komparasi Yamaha Fino vs Honda Scoopy yang. Mana yang terbaik kembali ke selera pembaca masing-masing. Baik Honda Scoopy terbaru maupun Fino Grande sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan.

Source: fino 125 grande vs scoopy 2017, foto perbedaan motor scoopy dengan yamaha fino, kelemahan kekurangan yamaha fino 125, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply