Thursday, April 6th, 2017 - Auto News, Hatchback, Mini
Selamat Datang, Di situs Indonesiautosblog yang mengulas berbagai informasi terkait dengan dunia otomotif baik dari roda empat ataupun roda dua yang mungkin Anda butuhkan. Seperti yang kami ulas secara detail pada artikel berikut di bawah ini, Mobil MINI Countryman Terbaru Resmi Hadir di Indonesia.

Mobil MINI, Kabar terhangat datang dari salah satu produsen mobil ternama, MINI. MINI Indonesia dan PT Maxindo International Nusantara Indah resmi meluncurkan mobil terbaru, yakni MINI Countryman. Generasi terbaru Countryman ini merupakan model MINI terbesar, dengan fitur yang paling lengkap sepanjang 57 tahun MINI berkecimpung di dunia otomotif. Ada dua varian yang ditawarkan, yakni Cooper Countryman dan Cooper S Countryman.

Head of MINI Asia, Peter Medalla menuturkan bahwa MINI Countryman generasi kedua ini merupakan bentuk standar baru dalam hal fungsionalitas di segmen mobil kompak premium. Mobil baru MINI ini diklaim dirilis dengan berbagai inovasi dalam hal tata ruang, fungsi, desain dan karakteristik premium.

“Hadir dengan peningkatan signifikan dalam hal luas kabin dan fungsi kendaraan, produk terbaru ini merupakan kendaraan serba bisa dan sesuai untuk menemani keseharian pengguna di jalan raya dan medan off-road. Sejalan dengan penyelarasan brand, Countryman hadir dengan tampilan lebih dewasa dan eksklusif,” jelas Medalla, dilansir dari Kompas Otomotif.

Sementara itu, Jodie O-Tania, Vice President Corporate Communications BMW Group Indonesia mengatakan Countryman merupakan salah satu kendaraan MINI yang difavoritkan masyarakat Indonesia. Disebutkan bahwa satu dari empat mobil MINI yang dipilih adalah Countryman.

“The New MINI Countryman mengalami perubahan yang signifikan, baik dari segi mesin, desain, maupun keluasan kabin. Mesinnya baru dan untuk pertama kalinya menggunakan transmisi 8-percepatan,” jelasnya, dikutip dari laman Oto.com.

MINI Countryman terbaru hadir dengan tetap mempertahankan gaya khas kendaraan MINI. Mobil baru ini memiliki tampilan eksterior yang menarik, dengan lampu depan LED dan ditemani cincin lampu yang menjadi pertama kalinya. Di samping itu Countryman generasi terbaru juga dilengkapi fog lamp atau lampu kabut. Lampu ini terintegrasi dengan air inlet sehingga menyajikan tampilan yang khas.

Untuk segi dimensi, mobil ini dirancang lebih panjang 20 cm dan lebih lebar 3 cm dibandingkan model lama. New MINI Countryman mendapat penambahan panjang wheelbase mencapai 7,5 cm. penambahan sumbu roda ini memberikan dampak positif pada ruang kabin yang dapat ditempati 5 orang penumpang. Selain itu volume bagasi menjadi lebih lega, begitu juga dengan akses di dalam kabin.

Volume bagasi mobil ini mencapai 450 liter. Pengguna dapat meningkatkannya hingga 1.390 liter dengan melipat bangku belakang. Pelipatan bangku juga dinilai praktis karena menggunakan pembagian 40:20:40.

Melihat sektor roda, MINI Countryman dilengkapi dengan pelek alloy berdiameter 17 inci sebagai pilihan standar. Lalu untuk varian Cooper S mengusung pelek 18 inci sebagai opsi standar. MINI juga menawarkan pilihan pelek 19 inci sebagai pilihan opsional yang dapat dipilih calon konsumen.

Sedangkan untuk dapur pacunya sepenuhnya baru, tidak sama dengan generasi sebelumnya. MINI Countryman generasi kedua ini membawa mesin dari keluarga MINI modern dan MINI Clubman. Untuk Cooper Countryman dibenamkan mesin 3 silinder berkapasitas 1.5 liter Twin Power Turbo. Mesin ini dapat meledakkan tenaga sebesar 136 hp pada putaran 4.400 rpm sampai 6.000 rpm dengan torsi puncak 220 Nm pada 4.300 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda melalui transmisi 6-percepatan.

Sedangkan Cooper S Countryman membawa dapur pacu 4 silinder dengan kapasitas 2.0 liter Twin Power Turbo. Mesin ini memiliki tenaga maksimum 192 hp pada 5.000 rpm sampai 6.000 rpm dan torsi puncak sebesar 280 Nm pada putaran mesin 4.600 rpm. Menariknya varian ini dilengkapi dengan transmisi otomatis 8-percepatan. Hal ini menjadi pertama kalinya transmisi tersebut disematkan pada MINI Cooper S Countryman.

Berikut adalah spesifikasi mesin mobil MINI Countryman terbaru.

 MINI Cooper CountrymanMINI Cooper S Countryman
MesinMINI Twin Power Turbo Technology tiga silinder berkapasitas 1.499 ccMINI Twin Power Turbo Technology empat silinder berkapasitas 1.998 cc
TransmisiOtomatis enam tingkat percepatanOtomatis delapan tingkat percepatan
Tenaga maksimum136 hp/4.400-6.000 rpm192 hp/5.000-6.000 rpm
Torsi maksimum220 Nm/4.300 rpm280 Nm/4.600 rpm
Akselerasi0-100 km/jam dalam 9,6 detik0-100 km/jam dalam 7,4 detik
Kecepatan puncak200 km/jam225 km/jam
Konsumsi bahan bakar standar EU5,7 liter/100 km6,2 liter/141 km
Emisi CO2 gabungan standar EU128 gram/km141 gram/km

Bila Anda berminat untuk membelinya, harga MINI Cooper Countryman mencapai Rp 660 juta off the road. Sementara harga mobil MINI Cooper S Countryman lebih mahal, yakni Rp 865 juta off the road.

Related Posts

KLIK (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

INDONESIAUTOSBLOG

×