Home Auto News Bocoran Detail Suzuki Ignis 2017 Lengkap

Bocoran Detail Suzuki Ignis 2017 Lengkap

0 136

Suzuki Ignis 2017, Persaingan pasar mobil di Indonesia terbilang cukup sengit. Setiap pabrikan saling bersaing guna merebut hati konsumen. Alhasil beragam produk diluncurkan dengan spesifikasi dan sederet fitur yang menggiurkan. Di tengah persaingan yang ketat, ada segmen yang justru menurun pamornya. Salah satunya adalah segmen city car.

Mobil perkotaan dinilai mulai sepi peminat belakangan ini. Terlebih karena hadirnya LCGC yang sama-sama berbodi mungil dan memiliki harga yang lebih terjangkau. Belum lagi persaingan di segmen city car yang tidak terlalu ramai sehingga minim model baru. Akan tetapi bukan berarti pabrikan membiarkannya begitu saja. Suzuki contohnya, perusahaan otomotif ternama asal Jepang ini justru meliriknya sebagai peluang menggebrak pasar.

Seperti yang diketahui, belakangan ini tersiar kabar PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akan menghadirkan mobil baru. Mobil yang akan dihadirkan agen pemegang merek Suzuki di Indonesia itu adalah Suzuki Ignis. Mobil baru ini cukup sukses membuat banyak masyarakat penasaran. Bocoran demi bocoran yang muncul di dunia maya juga cukup banyak dibaca oleh netizen.

Untuk itu pada kesempatan ini kami akan memberikan bocoran terbaru seputar spesifikasi Suzuki Ignis 2017. Selengkapnya Anda bisa simak di bawah ini yang kami lansir dari laman Otomotifnet.

Eksterior

Tampilan eksterior Ignis Indonesia sempat beberapa kali bocor. Sebagai gambaran, Suzuki Ignis memiliki tampilan yang terlihat unik dan modern. Desainnya dibuat mengotak menyerupai kei car yang dipasarkan di Jepang. Kesan kaku ala SUV tampak kental pada mobil ini. Sementara wajah depan juga tampak mengotak dan dipermanis dengan grille honeycomb besar yang menghubungkan dua lampu.

Untuk tipe GX yang menjadi varian termahal sudah dilengkapi dengan proyektor di bagian depan. Lampu dekat dan jauh menggunakan LED yang menjadi pertama di kelasnya.

Menariknya lagi untuk varian rendah sudah dilengkapi dengan DRL LED berbentuk U. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri di mata calon konsumen. Belum lagi hadirnya lampu sein di spion, foglamp, pilar A yang dilapisi warna hitam dan juga roof rail.

Mobil baru Suzuki Ignis varian tertinggi juga sudah mengadopsi warna dual tone. Warna atap dan spion dibuat berbeda sehingga tampak kontras dan menarik. Lalu pelek 15 inci turut disematkan dengan balutan warna hitam. Pelek ini dipadukan ban Bridgestone Ecopia yang menjadi pilihan standar di varian GX.

Sementara bagian buritan terdapat over fender yang dibuat agak berisi. Hal ini membuat tampilan Ignis yang terkesan mengotak menjadi tampak manis. Lalu untuk dimensinya dikatakan lebih panjang dan tinggi dari Suzuki Splash. Akan tetapi lebarnya justru sedikit lebih pendek.

Berikutnya, Suzuki Ignis 2017 juga mengusung pilar C besar dengan triple slat yang disebut Progressive Triad. Sementara bagian belakang terkesan sedikit nungging. Sebagai pelengkap, mobil berdimensi kompak ini juga mengusung wiper dan defogger di kaca belakang.

Interior

Kini membahas bagian interior mobil Suzuki ini. Rupanya daya tarik Ignis tidak hanya terletak pada eksteriornya saja, sisi interior juga tak kalah menarik. Terdapat dasbor dan door trim yang dibuat menarik. Lalu pintu dan di bagian bawah fascia tengah terdapat plastik yang dibuat senada dengan warna bodi, kecuali untuk warna putih. Hal ini membuat kabin Ignis yang mengusung warna hitam dan putih menjadi semakin menarik.

Baca juga: Harga Suzuki Ignis Indonesia 2017

Tidak cukup sampai di situ saja, terdapat tombol Bluetooth telephone di bagian setir yang membuatnya terlihat modern. Perlu diketahui, sejauh ini tidak ada rival Ignis seperti Honda Brio RS, Nissan March ataupun Mitsubishi Mirage yang dilengkapi dengan fitur tersebut. Hanya ada fitur untuk pengatur audio saja.

Selain itu juga tersedia start/stop engine button yang akan memudahkan pengemudi untuk menghidupkan mesin mobil. Supaya pengguna merasa nyaman selama perjalanan, Suzuki menyematkan fitur auto climate control plus tombol yang ditata layaknya tombol di pesawat.

Lalu jok depan juga menawarkan kenyamanan yang baik. Bahannya terasa empuk seperti yang ada pada Suzuki Celerio. Khusus untuk pengemudi terdapat pengatur ketinggian jok sehingga bisa diatur sesuai kebutuhan.

Headroom dan legroom Suzuki Ignis 2017 juga cukup memuaskan. Hanya saj untuk jok tengah tidak terdapat headrest adjustable seperti yang ada di jok kiri dan kanan. Selain itu tidak terdapat seat belt 3-titik untuk bagian tengahnya.

Tidak cukup sampai di situ, mobil terbaru 2017 ini juga belum dilengkapi dengan bahan fabric di door trim. Setir kemudi juga belum dilapisi bahan kulit dan head unit masih belum layar sentuh.

Beberapa kekurangan tersebut nantinya bisa diatasi dengan memakai part aftermarket. Di samping itu juga ada bocoran Suzuki akan menyediakan head unit dengan layar sentuh sebagai aksesoris 1st party.

Mesin

Bagian terakhir, untuk sektor mesin Suzuki Ignis membawa dapur pacu K12M berkapasitas 1.197 cc dengan teknologi VVT. Berbekal mesin tersebut, mobil yang didatangkan utuh dari India ini dapat menyajikan tenaga sebesra 82 dk dengan torsi puncak 113 Nm. Mesin ini sebelumnya dipakai pada Splash.

Performanya bisa dibilang tidak terlalu buruk. Akan tetapi masih belum sebaik mesin 1.200 cc yang dipakai rivalnya. Lantas bagaimana dengan transmisi atau sistem perpindahan giginya?

Menurut informasi Suzuki Ignis Indonesia akan mengusung transmisi AMT (Automated Manual Transmission). Mirip dengan AGS atau Auto Gear Shift yang disematkan pada mobil LCGC Suzuki Karimun Wagon R.

Hanya saja ada beberapa poin yang menjadi titik kelemahan transmisi ini. Sistem perindahan gigi tersebut memiliki perpindahan gigi yang lambat. Akselerasinya pun tidak responsif dan menghadirkan efek lag yang tidak terlalu nyaman di dalam.

Kabar baiknya, menurut seorang sumber internal Suzuki, transmisi AMT yang akan dipakai Ignis sudah memasuki generasi terbaru produksi ZF. Mengenai performanya yang lebih baik atau tidak akan diketahui nanti setelah resmi dirilis di Indonesia.

Tidak hanya ditawarkan dalam pilihan transmisi AMT, mobil Suzuki terbaru ini juga mempunyai varian transmisi manual 5-percepatan yang tentunya lebih irit bahan bakar. Cocok untuk pengguna yang memang terlanjur suka sekali dengan transmisi manual.

Bocoran lain yang tak kalah menarik untuk dibahas adalah konsumsi bahan bakar mobil kota ini. Menurut brosur yang beredar di dunia maya, konsumsi BBM Suzuki Ignis terbagi menjadi dua versi, yakni versi transmisi manual dan AGS. Pengujian dilakukan BT2MP (Balai Teknologi Termodinamika, Motor dan Propulsi) dan BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) paad Januari kemarin.

Diketahui Suzuki Ignis 2017 transmisi manual mempunyai konsumsi BBM 23,64 km/liter. Lalu untuk varian AGS mencapai 23,44 km/liter.

Tertarik dengan tawaran yang diberikan mobil ini? Silakan tunggu kedatangan city car Suzuki terbaru ini. Menurut kabar Suzuki Ignis 2017 Indonesia akan resmi mengaspal pada 17 April mendatang. Peluncuran dilakukan di salah satu hotel di kawasan Jakarta Selatan.

Source: bagian part pintu mobil, honeycomb plastik surabaya, spesifikasi suzuki ignis, suzuki ignis 2017 belakang, suzuki ignis 2017 lampu depan, warna mobil suzuki ignis, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply