Home Auto News Harga Suzuki Ignis 2017 Indonesia dan Keunggulannya

Harga Suzuki Ignis 2017 Indonesia dan Keunggulannya

Harga Suzuki Ignis, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sudah lama dikabarkan tengah menyiapkan mobil baru. Mobil tersebut digadang-gadang adalah Suzuki Ignis. Produk yang satu ini bisa dibilang menarik. Sebab mempunyai desain ala SUV namun dikemas dengan dimensi yang kompak. Alhasil banyak yang menanti kedatangan mobil Suzuki terbaru ini.

Kabar baiknya, Suzuki Ignis 2017 akhirnya resmi mengaspal di Indonesia. Mobil terbaru ini hadir dan siap menggoda pecinita roda empat. Mempunyai dimensi yang mungil, Suzuki Indonesia menyebut mobil ini sebagai SUV terkecil atau urban SUV. Sejumlah keunggulan ditawarkan pada mobil ini. Supaya jelas, berikut adalah ulasan selengkapnya seputar kelebihan dan harga mobil Suzuki ini.

Ground Clearance Tinggi

Salah satu modal Ignis menembus pasar mobil Indonesia adalah kemampuannya menerjang genangan air. Pasalnya Suzuki Ignis mempunyai ground clearance 180 mm. Lebih tinggi dari city car pada umumnya yang mempunyai jarak bebas ke tanah sekitar 150 mm sampai 165 mm.

Menariknya lagi ground clearance mobil Suzuki ini bahkan lebih tinggi dari mobil SUV Honda CR-V yang mencapai 170 mm ataupun Chevrolet Captiva yang mempunyai ketinggian 178 mm.

Tawaran kelebihan lainnya pada Suzuki Ignis Indonesia ini terletak pada air intake atau lubang udara ke mesin yang diatur lebih tinggi, yakni mencapai 700 mm. Dengan demikian risiko mesin kemasukan air saat melibas genangan banjir setinggi 70 cm akan lebih kecil.

Setiawan Surya, 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan bahwa mobil terbarunya ini mengandalkan velg berukuran 15 inci dan mempunyai ground clearance 180 mm. Alhasil mobil tidak hanya dapat melintasi berbagai kondisi jalan namun juga membuatnya terlihat bergaya dan gagah.

Disebutkan bahwa Suzuki Ignis 2017 dirancang dengan platform baru HEARTECT berupa struktur baru high-rigid underbody. Sementara material yang dipakai adalah high-tensile steel sehingga membuat Ignis tetap bisa dipakai di jalanan offroad ringan.

Mesin Irit Bensin

Mobil bergaya SUV ini dipersenjatai dengan dapur pacu tipe K12 dengan konfigurasi 4-silinder segaris, Dual Over Head Camshaft (DOHC), Variable Valve Timing (VVT) yang memiliki kapasitas sebesar 1.197 cc. Mesin ini terbuat dari bahan material aluminium yang ringan. Tenaga yang dihasilkan mesin bensin ini mencapai 83 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum mencapai 113 Nm. Tenaganya lebih rendah 4 PS dari Toyota Agya.

Ada dua pilihan transmisi yang disediakan, yakni manual 5-percepatan dan AMT 5-percepatan yang sama dengan milik Karimun Wagon R AGS. Untuk mana yang irit bahan bakar sudah pasti varian transmisi manual jawabannya. Akan tetapi jika ingin lebih praktis transmisi AMT bisa jadi pilihannya.

Transmisi tersebut akan memberikan kenyamanan kepada pengemudi karena kaki kirinya tidak perlu menginjak pedal kopling. Lebih menariknya lagi transmisi AMT juga dapat memindahkan posisi ggii secara otomatis. Pengguna juga bisa mengubahnya ke mode manual, persis seperti transmisi triptronic.

Bagaimana konsumsi bahan bakarnya?

Menurut data, mobil baru Suzuki ini diklaim bisa menembus angka konsumsi BBM 23,64 km/liter untuk versi manual. Sementara versi AMT diklaim menembus angka 23,44 km/liter. Hasil ini diambil dari pengujian bersama dengan BT2MP-BPPT.

Dengan catatan tersebut Ignis akan menjadi ancaman bagi mobil yang masuk ke kategori LCGC. Seperti yang diketahui, di sana ada beberapa pemain seperti Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya, Toyota Agya dan Datsun GO Panca. Sebagai informasi, salah satu syarat mobil bisa masuk kategori low cost green car adalah konsumsi BBM paling sedikit 20 km/liter.

Kode Mesin Mirip Splash

Fakta menarik lain dari mobil kompak terbaru Suzuki ini adalah mesin yang serupa dengan milik Suzuki Splash. Walaupun mempunyai kode yang sama, rupanya mesin Suzuki Ignis berbeda dengan sang kakak. Riecky Patrayudha, Service Head 2W, 2W & OBM SIS menjelaskan bahwa cylinder head Ignis didesain ulang. Sehingga squeeze di dalam lebih bagus, termasuk putaran turbulensi.

Sementara rasio kompresi juga dinaikkan. Bila milik Splash mencapai 10:1, pada Ignis menapai 11:1. Sementara piston dapur pacu Suzuki Ignis juga dibuat frictionless. Berikutnya, bore x stroke Urban SUV ini mencapai 73 mm x 71,5 mm. walaupun tenaganya tidak sebesar Splash yang mencapai 86 dk, Suzuki mengantisipasinya dengan penggunaan platform HEARTECT baru yang mengandalkan tiga bagian high strength steel.

Hal tersebut membuat bobot mobil Suzuki Ignis berkisar 800 kg. Dengan demikian nilai power-to-weight ratio (PWR) lebih tinggi dibandingkan city car lain yang dijual di Tanah Air.

Masih Euro2

Mesin Suzuki Ignis Indonesia ini rupanya masih berstandar emisi Euro2. Padahal seperti yang diketahui bersama Indonesia saat ini sedang masa transisi regulasi Euro2 dan Euro4. Pihak SIS mengatakan bahwa mobil baru buatannya itu masih mengikuti peraturan Euro2 yang saat ini masih berlaku di Tanah Air.

Akan tetapi Suzuki mengaku tidak masalah bila peraturan Euro4 berlaku. Sebab Ignis dapat menyesuaikan dengan regulasi tersebut.

Lebih lanjut disebutkan bahwa Suzuki sudah siap dengan apapun aturan yang akan diberlakukan oleh pemerintah. Di sisi lain Ignis yang menjadi senjata baru Suzuki sebelumnya sudah hadir di negara lain seperti di Eropa yang sudah menerapkan aturan Euro4.

Harga dan Varian

Jika Anda menjadi salah satu orang yang tertarik membeli mobil ini, harganya berkisar mulai Rp 139,5 juta untuk tipe GL MT. Lalu tipe GX MT dibanderol lebih tinggi, yakni Rp 159,5 juta. Suzuki Indonesia juga menawarkan pilihan transmisi Automated Manual Transmission (AMT), yaitu Ignis GX AMT dengan harga Rp 169,5 juta.

Ada 6 pilihan warna untuk Suzuki Ignis GL yang bisa dipilih oleh pembeli. Antara lain Silky Silver, Arctic White Pearl, Midnight Black Pearl, Uptown Red Pearl, Tinsel Blue Pearl Metallic dan Glistering Grey Metallic. Sementara Ignis tipe GX dijual dalam 7 varian warna. Yakni dual tone yaitu Silky Silver, Midnight Black Pearl, Arctic White Pearl, Glistering Grey Metallic, Dual Tone Uptown Red Pearl & Midnight Black Pearl, Dual Tone Tinsel Blue Pearl & Midnight Black Pearl dan Dual Tone Tinsel Blue Pearl & Arctic White Pearl.

Untuk menarik hati konsumen, SIS juga memberikan hadiah menarik berupa uang elektronik sebesar Rp 1 juta. Penawaran hadiah langsung ini berlaku selama periode bulan April sampai Juni 2017. Di samping itu pembeli Suzuki Ignis Indonesia juga bisa memilih paket kredit dengan bunga 3,25 % dan cicilan mulai dari Rp 1,5 juta dengan tenor hingga 7 tahun.

Suzuki Ignis Indonesia 2017 ini sebelumnya digadang-gadang akan menjadi pesaing bagi mobil LCGC. Akan tetapi pihak Suzuki Indonesia mengatakan bahwa mobil ini tidak masuk ke segmen LCGC, melainkan masuk ke segmen urban SUV. Di samping itu mobil Suzuki terbaru ini juga tidak masuk kategori city car kelas A yang diisi Daihatsu Sirion, Mitsubishi Mirage, Nissan March dan Toyota Etios Valco.

Disebutkan bahwa mobil ini lebih premium dari LCGC. Dony Saputra, 4W Marketing Director SIS optimis nasib Ignis ke depannya tidak akan seperti mobil perkotaan yang penjualannya semakin menurun. Terlebih hadirnya mobil LCGC di pasaran membuat segmen city car terus tergusur.

“Market city car jelek, tidak begitu bagus performanya. Dari tahun 2011 sampai sekarang terus menerus turun (penjualannya). Apalagi dengan adanya program LCGC tahun 2013, city car makin tergerus. Tapi Ignis ini bukan city car,” ungkapnya, dikutip dari laman Okezone.

“Jadi menurut kami sampai dengan saat ini Ignis belum ada lawannya karena ini urban SUV. Jadi bukan city car juga bukan LCGC walaupun harganya juga kompetitif. Dengan fitur yang ditawarkan saya rasa Ignis mampu menarik konsumen,” tambahnya.

Tidak menutup kemungkinan mobil ini menjadi incaran banyak orang. Selain tampilannya yang cukup menarik dan modern, bodinya yang kompak membuat mobil mudah untuk melesat di jalanan padat. Selain itu sederet kelebihan siap memanjakan pengguna selama perjalanan. Terlebih lagi harga Suzuki Ignis 2017 yang terjangkau sehingga cocok untuk Anda yang ingin membeli mobil baru murah. Apabila Anda tertarik membeli mobil ini, silakan langsung mengunjungi dealer resmi Suzuki terdekat.

Source: bahan bakar toyota agya premium, mobil suzuki yang mempunyai ground clearance tinggi, suzuki gx amt indonesia, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply