Home Auto News Detail Lengkap Suzuki Ignis Indonesia 2017

Detail Lengkap Suzuki Ignis Indonesia 2017

0 256

Suzuki Ignis Indonesia, Setelah penantian yang cukup panjang, akhirnya Suzuki Indonesia resmi menghadirkan Ignis di hadapan publik. Seperti yang diketahui, mobil terbaru 2017 ini sudah cukup lama menjadi perbincangan pecinta otomotif di Tanah Air. Mobil perkotaan alias city car ini diklaim mengaspal dengan tampilan urban SUV yang menghadirkan genre baru di pasar mobil Indonesia.

Melihat spesifikasi yang dibawa, Suzuki Ignis 2017 bisa menjadi penantang Honda Brio yang berkuasa di pasar city car. Penasaran seperti apa detail spesifikasi mobil Suzuki terbaru ini? Silakan simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Eksterior

Melihat tampilan luarnya, kesan yang pertama kali muncul di pikiran adalah tampilan yang unik namun menarik. Terdapat sentuhan tampilan urban SUV yang terlihat menonjol di wajah depan. Suzuki merancangnya berbentuk kotak kecil pada bagian grille, fender garnish dan sisi kanan-kiri. Di bagian atas terdapat roof rail, sementara pada pilar C terdapat sitlike yang menggambarkan mobil bergerak cepat.

Tidak hanya itu saja, Suzuki Ignis juga dilengkapi dengan lampu depan LED Projector, lengkap dengan daytime running light (DRL) khusus untuk tipe GX yang menjadi varian tertinggi. Alhasil kesan stylish turut mencuat pada mobil berdimensi mungil ini. Di sisi samping terdapat sentuhan tiga garis kecil pada pintu baris kedua. Corak garis ini mirip dengan milik Suzuki Fronte yang sempat dipasarkan pada tahun 1970-an.

Sementara bagian buritan menyimpan keunikan yang cukup menarik untuk dibahas. Pintu bagasi Ignis yang sekaligus menjadi kaca dirancang landai dengan tekukan berdesain kotak. Pintu ini dipadukan dengan flare fender dan rear bumper garnish yang melintang horizontal berwarna hitam. Alhasil kesan SUV menjadi tampak kental.

Lalu untuk bagian kaki-kaki terdapat pelek berukuran 15 inci. Ground clearance atau jarak bebas ke tanah mencapai 180 mm. dengan ketinggian tersebut, Suzuki Ignis Indonesia tetap aman ketika melesat di medan offroad ringan. Air intake yang tinggi dan ban profil 175/65 R15 membuat mobil menjadi lebih nyaman saat dikendarai di jalanan tidak rata.

Interior

Berpindah ke bagian dalam, mobil baru Suzuki ini menawarkan tampilan yang tak kalah memikat kesan modern dan futuristik terlihat di sisi interiornya. Untuk konsep warna dibuat selaras dengan sisi eksterior. Sementara model jok didesain bucket seat.

Untuk sistem kemudi terdapat tombol kontrol untuk multi information display (MID) dan sistem audio. Selain itu juga terdapat indikator yang cukup lengkap di balik kemudi sehingga membantu pengemudi untuk mengetahui informasi seputar kendaraan. Meter cluster yang disematkan pada mobil terbaru ini siap menampilkan informasi seputar baterai aki, power steering, immobilizer, ABS, hand brake, airbag hingga safety belt.

Interior Suzuki Ignis terbaru ini juga memiliki fitur auto climate control dan heater dengan desain serupa head unit, yakni floating atau terpisah dari dasbor. Khusus Ignis tipe tertinggi, Suzuki sudah membekalinya dengan fitur start/stop button. Dengan fitur ini menghidupkan mesin menjadi lebih mudah karena hanya perlu menekan tombol saja.

Tawaran lainnya dari mobil bergaya SUV ini adalah kabin yang tergolong lapang untuk orang dewasa. Meski dimensinya kecil, untuk baris pertama pengemudi dan penumpang ditawarkan dengan ruang kaki dan kepala yang cukup lapang. Baris kedua juga memiliki ruang yang cukup lega. Akan tetapi jika jok baris pertama dimundurkan, maka ruang kaki di baris kedua menjadi berkurang.

Mesin

Berpindah ke sektor dapur pacu, Suzuki Ignis dipersenjatai dengan mesin empat silinder berkapasitas 1.197 cc DOHC. Mesin ini serupa dengan milik Splash. Berkat mesin tersebut, Ignis dapat menghasilkan tenaga sebesar 83 PS pada putaran 6.000 rpm dengan torsi puncak 113 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm. Tenaga yang dihasilkan mesin disalurkan ke sektor roda melalui sistem transmisi manual 5-percepatan atau Auto Gear Shift (AGS).

Mobil ini mengandalkan sistem penggerak roda depan dan diklaim mempunyai putaran bawah yang responsif. Selain itu Suzuki juga merancangnya dengan mengusung platform HEARTECT baru. Platform ini memiliki bobot yang lebih ringan 30 kilogram dari platform sebelumnya. Hal ini membuat Ignis mampu menembus angka konsumsi BBM sebesar 23,64 km/liter untuk varian transmisi manual dan 23,44 km/liter untuk transmisi AGS.

Fitur keselamatan

Selain mengusung tampilan menarik dan fitur yang siap memanjakan pengguna selama perjalanan, Suzuki Ignis Indonesia juga membawa fitur penunjang keselamatan yang tak kalah menggoda. Mobil baru Suzuki ini sudah dilengkapi dengan dua kantong udara di bagian depan. Juga tersedia sistem pengereman dengan anti-lock braking system (ABS), electronic brakeforce distribution (EBD) dan brake assist.

Baca juga: Harga Suzuki Ignis 2017 Indonesia

Beda dengan India

Suzuki Ignis 2017 Indonesia memang diimpor dari India. Kendati begitu terdapat perbedaan di antara keduanya. Hal ini berkaitan dengan dua faktor utama, yaitu regulasi dan strategi pemasaran. Untuk Ignis versi India, standar emisi sudah lebih tinggi dengan BS3. Lain halnya dengan Indonesia yang masih bertahan pada Euro II. Oleh karenanya spesifikasi bahan bakar dan emisi berbeda.

Selain itu untuk sisi fitur juga berbeda. Yang paling mencolok adalah head unit yang dipakai. Khusus pasar India Suzuki sudah melengkapinya dengan layar sentuh dengan desain floating sebagai standar. Lain halnya dengan Indonesia yang masih mengandalkan head unit konvensional dengan koneksi Bluetooth.

“Untuk di Indonesia, fitur touch screen kita jual terpisah, artinya jadi fitur opsional bagi konsumen. Kenapa begitu ? karena ini masuk dalam bagian strategi marketing kami,” ujar Donny Saputra, 4W Marketing Director SIS, dilansir dari laman Kompas Otomotif.

Demikian detail seputar Suzuki Ignis Indonesia 2017. Dengan harga yang terjangkau dan tawaran fitur yang tak kalah memikat, mobil ini bisa jadi pilihan menarik untuk Anda yang ingin sesuatu yang baru.

Source: detail ignis, bagasi suzuki ignis, suzuki fronte 2017, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply