Home Mobil City Car Beda Mobil LCGC Toyota Agya dan Daihatsu Ayla 2017

Beda Mobil LCGC Toyota Agya dan Daihatsu Ayla 2017

0 479

Mobil LCGC, Daihatsu dan Toyota baru saja menghadirkan LCGC andalannya, yakni New Ayla dan New Agya. Kedua mobil baru ini hadir dengan mengusung sejumlah pembaruan, baik dari sisi luar maupun dalam. Yang paling menarik tentu saja tawaran mesin 1.200 cc yang tersedia baik untuk Daihatsu Ayla maupun Toyota Agya.

Perlu diketahui, walaupun hadir dengan spesifikasi yang hampir mirip, kedua mobil LCGC ini tetap mempunyai perbedaan di beberapa bagian. Apabila Anda sedang berencana untuk membeli salah satu dari LCGC ini namun bingung akan pilih yang mana, berikut ini kami akan mengupas perbedaan keduanya. Berikut adalah komparasi Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, melansir dari laman Autonetmagz.

Eksterior

Pertama-tama mari kita bahas sisi eksterior mobil Toyota dan Daihatsu ini. Tampilan depan menjadi bagian yang cukup menarik untuk dibahas. Baik Agya maupun Ayla mengusung desain wajah depan yang berbeda. Toyota Agya dipermanis dengan desain wajah yang terkesan lebih agresif. Sementara Daihatsu Ayla lebih mengarah ke tampilan elegan dan kalem. Untuk mana yang terbaik kembali ke selera konsumen masing-masing.

Perbedaan berikutnya terlihat di bagian samping. Untuk Agya terdapat desain side skirt dan list body yang tidak dijumpai pada mobil Daihatsu. Selain perbedaan di sisi depan dan samping, tidak ada perbedaan signifikan lainnya di antara kedua mobil LCGC ini. Hanya ada perbedaan kecil seperti hadirnya emblem TRD Sportivo untuk varian tertinggi Aya serta pengaplikasian list chrome di bawah kaca belakang pada Daihatsu Ayla. Desain spoiler kedua mobil ini juga terlihat sedikit berbeda.

Sedangkan untuk sektor kaki-kaki, Ayla dan Agya mengusung desain masing-masing. Termasuk varian TRD Sportivo.

Melirik sistem pencahayaan, Toyota hanya melengkapi mobil barunya dengan LED positioning lamp. Belum tersedia LED DRL pada New Agya. Justru Daihatsu Ayla yang sudah dilengkapi dengan LED DRL, walaupun tidak terintegrasi ke dalam headlamp, lebih tepatnya diposisikan di bawah bumper depan.

Beda Antar Varian

Toyota Agya dengan desain baru terdapat pada seluruh tipe yang dipasarkan oleh Toyota Astra Motor (TAM). Berbeda dengan New Ayla dengan fascia barunya yang hanya terdapat pada varian 1.200 cc saja. Sedangkan untuk varian 1.000 cc masih mengadopsi desain dari model lama. Akan tetapi garnish lampu belakang dan desain bumper mendapat sentuhan revisi sehingga lebih segar.

Baca juga: Beda Desain Daihatsu Ayla 1.0L dan 1.2L

Selain tampilan, Ayla mempunyai dua pilihan mesin yang berbeda. Yakni mesin 1KR-DE yang sama dengan model lama dan 1KR-VE 1.2 liter yang serupa dengan milik Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Perbedaan pilihan mesin ini membuat calon konsumen bisa menentukan mana model yang sesuai dengan kebutuhannya. Sementara untuk Toyota Agya terbaru sudah mengandalkan mesin 1.2 liter untuk seluruh tipe.

Interior

Melirik bagian dalam mobil Toyota dan Daihatsu ini dibekali dengan head unit yang berbeda. Bahkan fitur yang ditawarkan juga tak sama. Untuk Agya mengusung head unit yang disebut New Advanced Entertainment. Perangkat ini sudah dilengkapi dengan dukungan koneksi Bluetooth.

Lain halnya dengan New Ayla yang hadir dengan head unit yang lebih canggih. Pasalnya selain sudah mendukung Bluetooth, peranti tersebut sudah menggunakan layar sentuh alias touchscreen dan mendukung DVD. Sementara pada Agya masih mendukung CD-MP3-WMA-AUX dan USB saja.

Fitur Penunjang Keselamatan

Perbedaan lainnya adalah headrest dan seatbelt. Khusus pada Toyota Agya headrest tersedia untuk 3 penumpang belakang. Sandaran kepala ini dapat diatur ketinggiannya. Sementara Ayla hanya mempunyai dua headrest, di sebelah kanan dan kiri. Kendati begitu headrest ini juga dapat disesuaikan ketinggiannya.

Baca juga: Detail Spesifikasi Toyota Agya 2017

Untuk sabuk keselamatan, Agya sudah dilengkapi dengan seatbelt 3 titik di seluruh tempat duduk. Lain halnya dengan Ayla yang hanya dilengkapi seatbelt 2 titik di tempat duduk baris tengah.

Tidak hanya itu saja, Ayla juga belum dilengkapi dengan kursi ISOFIX yang sebenarnya bermanfaat untuk menunjang keselamatan pada anak bayi. Lain dengan saudaranya yang sudah dilengkapi peletakan baby’s seat di kursi belakang.

Fitur keselamatan lain yang terdapat pada kedua mobil baru ini adalah Dual SRS Airbag dan Side Impact Beam. Hanya saja untuk side impact beam peletakannya dibuat berbeda. Hanya saja Daihatsu Ayla terbaru masih belum dilengkapi dengan sistem ABS. Fitur ini hanya terdapat pada New Agya varian 1.2 TRD saja.

Kesimpulan

Dari sederet perbedaan tersebut, baik Toyota Agya maupun Daihatsu Ayla sama-sama mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Cukup sulit untuk menentukan mana yang paling menarik untuk dibeli. Akan tetapi bila Anda memprioritaskan keamanan selama perjalanan, pilihannya bisa Toyota Agya. Sementara konsumen yang ingin mendapat fitur multimedia yang lebih baik dan harga yang lebih terjangkau bisa memilih Daihatsu Ayla.

Sebagai pembanding, untuk varian paling tinggi ada selisih sekitar Rp 5,4 juta. Untuk harga Toyota Agya mencapai Rp 151,9 juta dan harga Ayla Rp 146,5 juta. Dari kedua mobil LCGC ini, mana yang menarik menurut Anda?

Source: LCGC toyota agya, perbedaan mobil ayla dan agya, perbedaan mobil lcgc terbaru, wajah mobil ayla 2017, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply