Home Mobil City Car Suzuki Ignis Indonesia vs Renault Kwid, Mana yang Menggoda?

Suzuki Ignis Indonesia vs Renault Kwid, Mana yang Menggoda?

Suzuki Ignis Indonesia, Pasar mobil Indonesia baru saja kedatangan satu mobil baru dari Suzuki. Mobil tersebut adalah Suzuki Ignis yang kehadirannya sudah dinanti sejak lama. Produk baru yang disebut Suzuki dengan nama urban SUV ini diklaim tidak mempunyai pesaing di kelasnya. Lantas apakah hal tersebut benar?

Jika diteliti lebih jauh, sebenarnya Suzuki Ignis tidak sendirian. Sebab ada mobil lain yang mengusung konsep serupa, yakni Renault Kwid. Kedua mobil baru ini sama-sama diproduksi di India. Kemiripan lainnya terlihat dari desain bergaya crossover yang cukup kental. Keduanya juga dikatakan sama-sama memiliki ground clearance setinggi 180 mm.

Lalu bagaimana jika dua mobil ini diadu? Mana yang lebih menarik? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, silakan menyimak ulasan berikut ini yang kami rangkum dari Otomania.

Dimensi

Mari kita bahas dimensi Suzuki Ignis dan Renault Kwid terlebih dahulu. Kedua mobil ini sepintas mempunyai ukuran yang cukup kompak. Ignis hadir dengan dimensi panjang 3.700 mm, lebar 1.660 mm dan tinggi mencapai 1.595 mm. Lalu untuk Renault Kwid ternyata memiliki dimensi yang lebih kecil. Mobil ini lebih pendek 21 mm, lebih kecil 81 mm dan lebih rendah 117 mm dari Ignis.

Melirik sektor kaki-kaki, Suzuki Ignis tampak menggoda dengan pelek berwarna hitam di keempat rodanya. Pelek ini memiliki diameter 15 inci. Lalu untuk Kwid masih mengandalkan pelek kaleng dengan penutup ukuran 13 inci.

Mesin

Berpindah ke sektor dapur pacu, Renault Kwid Indonesia ditawarkan dalam satu varian saja. Model ini dipersenjatai dengan mesin 1.0 SCe 3-silinder. Mesin berkapasitas 999 cc itu dapat menyalurkan tenaga sebesar 68 PS dengan torsi puncak 91 Nm. Di samping itu sistem perpindahan gigi masih mengandalkan manual 5-percepatan dengan synchomesh yang dipadukan dengan sistem penggerak roda depan.

Suzuki Ignis juga memiliki penggerak roda depan. Yang membedakan mobil baru Suzuki ini mengandalkan mesin berkapasitas lebih besar, yakni 1.197 cc. Dapur pacu 4 silinder ini sanggup menghembuskan daya hingga 83 PS dan torsi 113 Nm. Menariknya mobil ini tersedia dalam dua varian transmisi, yaitu manual 5-percepatan dan Auto Gear Shift (AGS) yang sebelumnya dibenamkan pada mobil LCGC Suzuki Karimun Wagon R.

Baca juga:

Fitur

Kurang lengkap bila menyandingkan Renault Kwid dan Suzuki Ignis tanpa membandingkan urusan fitur. Untuk segi fitur Ignis mendapat bekal yang lebih banyak. Wajar, sebab tawaran harganya yang lebih terjangkau dari rival. Untuk Ignis GL M/T sudah dilengkapi dengan kantong udara untuk pengemudi dan penumpang depan. Tipe ini juga sudah dilengkapi dengan ISOFIX, Electronic Brake-force Distribution dan Anti-lock Braking System (ABS).

Seluruh fitur tersebut belum tersedia pada Kwid. Lalu untuk keselamatan, Renault Kwid dibekali dengan sabuk pengaman untuk pengemudi, immobilizer dan lampu kabut. Tawaran fitur ini tidak terdapat pada Ignis GL M/T.

Harga

Dengan sejumlah keunggulan tersebut, baik di sektor mesin maupun fitur, harga Suzuki Ignis Indonesia tentunya lebih tinggi dari Kwid. Ignis tipe GL M/T menjadi model termurah dengan harga Rp 139,5 juta. Lalu varian tertinggi, Ignis GLX M/T dibanderol Rp 159,5 juta dan GLX AGS mencapai Rp 169,5 juta. Sementara harga Renault Kwid 1.0 Sce Indonesia hanya mencapai Rp 117,7 juta.

Dari perbandingan di atas, jelas Suzuki Ignis unggul setidaknya dalam dua aspek. Yakni mesin yang lebih besar dan fitur yang lebih banyak, bahkan untuk varian paling rendah. Kendati begitu jika Anda mencari mobil murah terbaru, Renault Kwid bisa jadi pilihannya. Tawaran fitur dan spesifikasi mobil ini juga terbilang cukup mumpuni.

Source: mobil baru renault kwid, dimensi ignis dengan mobil lain, sistim pengerak roda suzuki ignis, sistem penggerak suzuki ignis indonesia, sistem penggerak roda ignis di indonesia, perbandingan suzuki ignis renault kwid, perbandingan suzuki ignis dan renault kwid, kwid vs ignis, isi silinder sebenarnya suzuk ignis, suzuki ignis penarik roda depan, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply