Saturday, April 22nd, 2017 - City Car, Honda, Komparasi, Suzuki
Selamat Datang, Di situs Indonesiautosblog yang mengulas berbagai informasi terkait dengan dunia otomotif baik dari roda empat ataupun roda dua yang mungkin Anda butuhkan. Seperti yang kami ulas secara detail pada artikel berikut di bawah ini, Spesifikasi Suzuki Ignis 2017 vs Honda Brio RS Indonesia.

Suzuki Ignis 2017, Akhirnya Suzuki Ignis resmi mengaspal di Indonesia. Kehadiran mobil bisa dikatakan sudah cukup lama dinanti pecinta otomotif. Hal ini dikarenakan sejumlah keunikan dan daya tarik yang tersemat di dalam mobil baru tersebut.

Mobil Suzuki ini hadir dengan klaim sebuah kendaraan urban SUV. Hal tersebut memang tampak pada tampilan eksteriornya yang memang kental dengan nuansa SUV. Akan tetapi bila dicermati dari segi dimensi maupun mesin, Suzuki Ignis Indonesia merupakan sebuah city car dengan balutan karakter SUV.

Keputusan menghadirkan Ignis di Tanah Air bisa jadi tepat. Sebab seperti yang diketahui saat ini masyarakat Indonesia menyukai mobil SUV. Penjualannya pun naik signifikan sehingga menjadikannya mobil yang cukup digemari selain MPV.

Walaupun digadang-gadang tidak mempunyai pesaing, sebenarnya menurut segmentasi pasar mobil ini mempunyai sejumlah rival. Diantaranya adalah Honda Brio, Kia Picanto, Mitsubishi Mirage, Nissan March dan Toyota Etios.

Dari beberapa mobil perkotaan tersebut, akan dibandingkan antara Suzuki Ignis dengan New Hona Brio RS. Perbandingan meliputi segala aspek, mulai dari desain eksterior, interior, fitur, mesin hingga banderol harga. Berikut adalah ulasan lengkap yang bisa Anda simak, yang kami rangkum dari Liputan6.

Eksterior

Pertama-tama, mari kita bahas singkat seputar Ignis. Mobil Suzuki terbaru ini dirancang dengan platform baru yang diberi nama HEARTECT. Mobil berbodi kompak ini juga mengusung struktur bodi bernama total effective control technology. Perpaduan kedua hal ini diklaim membuat Suzuki Ignis Indonesia dapat diunggulkan saat melintas di jalan beraspal maupun offroad (non-aspal).

Mobil berlogo ‘S’ ini mempunyai ukuran panjang 3.700 mm, dengan lebar 1.690 mm dan tinggi 1.690 mm. Jarak sumbu roda atau wheelbase-nya mencapai 2.435 mm, dengan ground clearance mencapai 180 mm. Dimensinya sedikit lebih besar dari Honda Brio RS terbaru yang memiliki panjang 3.640 mm, lebar 1.680 mm dan tinggi 1.485 mm.

Di bagian luar, mobil Suzuki Ignis ini dilengkapi headlamp LED proyektor dengan DRL, fog lamps, lampu belakang kombinasi dan roof rails. Sementara sektor roda mengandalkan velg trapezoid 15 inci. Lalu untuk New Brio RS dibekali projector headlamp dengan LED light guide, power retractable door mirror dengan LED turning signal, side under spoiler, rear glass garnish dan side sill garnish.

Melirik sektor roda, Honda membekali city car andalannya ini dengan velg alloy 15 inci. Untuk mempertegas statusnya mobil mungil ini dilengkapi dengan emblem RS.

Interior

Pindah ke sisi dalam, interior Suzuki Ignis menawarkan keunikan tersendiri. Kesan lapang juga terlihat di kabin mobil ini. Sebagai pemanis Suzuki memberikan kesan modern melalui penyematan panel instrumen yang futuristik. Tak hanya itu, cover jok juga didesain stylish sehingga menambah nilai plus interior Ignis.

Baca juga: Komparasi Suzuki Ignis Indonesia vs Renault Kwid

Supaya pengguna tidak jenuh selama perjalanan, Suzuki Ignis 2017 sudah mempunyai head unit dashboard. Hanya saja head unit Ignis untuk pasar Indonesia belum layar sentuh. Berbeda dengan negara di mana mobil ini diproduksi, India. Di sana Suzuki sudah membenamkan head unit touchscreen pada Ignis sebagai kelengkapan standar.

Untungnya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyediakan HU touchscreen tersebut untuk konsumen yang berminat. Tentu saja ada tambahan biaya jika ingin memakai head unit tersebut.

Sedangkan rivalnya, interior Honda Brio RS dipercantik dengan dominasi warna hitam. Bagian dashboard mengadopsi desain hatchback Honda Jazz. Juga terdapat jok semi bucket seat yang cukup menarik. Tak lupa Honda menyertakan sistem hiburan layar sentuh berukuran 6,2 inci. Sistem hiburan ini dapat memutar konten audio dalam format, CD, DVD, USB dan juga mendukung konektivitas iPod dan iPhone.

Fitur

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, Suzuki Ignis menggebrak bursa mobil Indonesia dengan sederet fitur yang cukup menggoda. Mobil ini sudah dilengkapi dengan auto climate control dan heater yang sedikit langka untuk mobil sekelasnya. Untuk menunjang keselamatan pengguna, Suzuki menyematkan dual SRS airbag, sabuk keselamatan yang sudah dilengkapi pretensioner dan force limiter. Sistem pengereman ABS dan BA juga turut hadir pada mobil ini.

New Honda Brio juga mengusung fitur yang tak kalah menggoda. Sebagai pelindung pengguna, mobil kota ini sudah dilengkapi dengan rangka G-CON + ACE yang didukung side impact beam, pedestrian protection dan dual front SRS airbag.

Mesin

Sektor performa, Suzuki Ignis dibekali dengan mesin berbahan bakar empat silinder K12M yang memiliki kapasitas sebesar 1.197 cc, SOHC, variable vale timing. Mesin ini dapat mengeluarkan daya sebesar 81,8 hp pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi puncak 113 Nm pada 4.200 rpm.

Suzuki menawarkan mobil baru ini dalam dua pilihan transmisi. Yakni manual 5-percepatan dan AGS. Khusus transmisi AGS sebelumnya sudah ditawarkan pada mobil LCGC Suzuki Karimun Wagon R.

Sementara itu New Brio RS mengandalkan dapur pacu i-VTEC dengan kapasitas 1.2 liter. Tenaga yang dapat dikeluarkan mencapai 89 hp pada putaran 6.000 rpm dengan torsi maksimum 110 Nm pada 4.800 rpm. Mesin ini ditemani dengan transmisi manual 5-percepatan dan transmisi otomatis CVT 5-percepatan.

Dari data spesifikasi tersebut Brio RS memiliki tenaga yang lebih besar dibanding Ignis. Akan tetapi untuk torsi Ignis yang lebih unggul, meski hanya selisih 3 Nm.

Harga

Masalah harga, mobil Honda dan Suzuki ini menawarkan rentang harga yang berbeda. New Honda Brio RS dengan transmisi manual dipatok Rp 163 juta. Lalu untuk harga Honda Brio RS transmisi CVT mencapai Rp 178 juta.

Sementara harga Suzuki Ignis 2017 tipe GL MT menjadi yang termurah dengan banderol Rp 139,5 juta. Ignis tipe GX MT dilepas dengan harga Rp 159,5 juta dan GX AGS mencapai Rp 169,5 juta.

Related Posts

KLIK (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

INDONESIAUTOSBLOG

×